Kamis, 30 Mei 2013

Udah Putusin Aja!


Judul : Udah Putusin Aja!
Penulis : Felix Y. Siauw
Halaman : 180
Tahun : 2013
Penerbit : Mizania


Engkau ucap cinta padahal itu dusta
Lisankan sayang padahal itu bohong
Sebelum akad terucap, tak ada jaminan kata!

Kalau ngefollow twitter @Felixsiauw pasti pernah atau malah sering membaca twit-an beliau dengan hastag #UdahPutusinAja. Sebelum jadi buku, #UdahPutusinAja dibikin kultwit oleh beliau dan banyak sekali diretweet (ketahuan deh keponya). Berarti banyak dong yang nggak setuju sama konsep pacaran? Hemm.. ternyata kultwitan tersebut akhirnya dijadikan sebuah buku dengan judul yang sama. Isinya kurang lebih sama dengan yang biasa beliau sampaikan di twitter.

Buku yang didominasi warna pink-biru ini sepertinya menyasar kaum perempuan, yang mutusin kan biasanya cewek. Taglinenya juga “Jaga Kehormatanmu, Raih Kemuliaanmu”, pastinya ini ditujukkan buat cewek kan? Atau cowok juga yah? Tapi.. kalau buat cowok juga, jangan warna pink dong sampulnya. Kali aja ada cowok yang karena warna sampulnya jadi malu-malu harus membeli buku ini.

Buku ini sebenarnya lumayan tipis hanya 180 halaman, tetapi karena kertas yang digunakan tebal jadinya ikut terlihat tebal. Selain itu, terlalu banyak gambar terkadang bikin bingung, “ini yang dibaca duluan yang mana ya?”. Harapanku sih dibanyakin tulisan aja dan gambarnya nggak usah terlalu banyak dan gede.









Ketika membaca buku ini mungkin badan akan panas dingin, terutama yang punya pacar karena sindirannya nyess banget. Aduh, putusin nggak yah? Berhubung saat membaca buku ini aku lagi jomblo jadinya nyantai aja, hahaha. Pas membaca, kadang aku ngikik, kadang jadi merenung dan pengen nangis. Ternyata pacaran itu seperti ini toh, padahal sudah tahu dari dulu sih, cuman baru sekarang sadarnya. Inti dari buku ini? Jangan Pacaran. Mau tau kenapa? Baca aja bukunya.

Wanita, jangan engkau terburu-buru, nafsu merusak akal dan jiwa
Bila masih tersisa kehormatanmu, lelaki saleh mengantre memuliakannya

Kritikan untuk buku ini, pada beberapa hadits ada yang dikasih tanda baca tetapi pada hadits yang lain tidak ada. Ini kenapa ya, apakah disengaja? Kan kalau nggak ngerti arab gundul (seperti aku) nggak bisa membacanya. Sebaiknya disamakan saja. Kalau satu hadits dikasih tanda baca, kasih aja buat semuanya, biar tidak bingung.

Terimakasih buat Ifah yang sudah mau meminjamkan bukunya ya ^_^

Selasa, 21 Mei 2013

For One More Day


Judul : For One More Day – Satu Hari Bersamamu
Penulis : Mitch Albom
Penerjemah : Olivia Gerungan
Tahun : 2012
Halaman : 248
Penerbit : Gramedia

Karena ada keterlibatan hantu disni. kau bisa menyebut ini cerita hantu. Tapi keluarga mana yang bukan sebuah cerita hantu? Berbagi kisah tentang mereka yang telah pergi adalah cara kita menjaga supaya tidak benar-benar kehilangan mereka

Dari semua permasalahan yang dirasakan Chick, kematian ibunya lah yang paling berat. Ia tidak ada disisi ibunya saat serangan jantung merenggut nyawanya. Ia membohongi ibunya justru dihari terakhir mereka bersama. Bayang-bayang rasa bersalah terus menghantui Chick sepanjang 8 tahun. Inilah titik yang mengubah hidupnya. Chick kini melarikan dirinya pada minuman keras

Bunuh diri adalah jalan pintas yang dipikirkan oleh Chick Benetto saat itu. Bagaimana tidak, setelah kematian ibunya, pernikahannya dengan Catherine hancur berantakan gara-gara kebiasaannya mabuk-mabukkan. Ia bukan lagi seorang pemuda yang memiliki mimpi untuk menjadi pemain bisbol terkenal seperti keinginan ayahnya. Harga diri Chick hancur ketika putrinya menikah namun tidak mengundangnya. Maria hanya mengirimkan dua buah foto pernikahannya. Sama sekali tidak mengharapkan kehadiran Chick.

Anak mama atau anak papa, Chick? Apa pilihanmu?

Chick memilih ayahnya.

Pilihan Chick salah. Ayahnya meninggalkan keluarga mereka. Penyebab orangtuanya berpisah tidak pernah diketahui Chick. Bagian ini menjadi rahasia sampai pada bab-bab terakhir. Chick yang sepanjang hidupnya memilih untuk jadi anak ayah, melakukan segalanya untuk mendapat perhatian ayahnya. Seringkali ia mengabaikan ibunya demi si ayah. Sampai ia tua pun Chick berharap akan menjadi pemain bisbol profesional yang bermain di liga terkenal. Keinginan ini tidak pernah tercapai, ia hanya sebentar bermain, itu pun tidak dikenal orang. Ini sangat menjengkelkanku ketika membacanya. Kasihan banget ibunya Chick, diduakan oleh bisbol demi perhatian ayah yang meninggalkannya.

Pada saat itu menjadi seorang janda adalah sesuatu yang dianggap tabu oleh orang Amerika. Dilingkungan tempat tinggalnya, Chick tidak mengenal wanita lain yang menjada selain ibunya. Ia satu-satunya anak yang orangtuanya berpisah. Chick menganggap itu sangat memalukan. Tetangga-tetangganya yang perempuan merasa terancam oleh Posey, ibu Chick yang cantik dan masih muda. Mereka takut suami mereka tergoda oleh Posey.

Chick bunuh diri beberapa kali namun gagal. Akhirnya ia mengalami kecelakaan dan menabrak sebuah van serta papan reklame. Chick merasa dirinya tidak apa-apa, ia melarikan diri sebelum disuruh bertanggung jawab atas kecelakaan itu. Saat pulang ke bekas rumahnya di Pepperville Beach, ia mendapati ibunya. Ibunya yang telah lama meninggal kini hidup kembali seolah tidak ada apapun yang pernah terjadi. Ibunya yang beruur 79 tahun hadir menyambut Chick dirumahnya.

“Bu?” bisikku.
Sudah lama aku tidak mengucapkannya. Ketika kematian mengambil ibumu, dia mengambil kata itu selamanya.

Chick membuat sebuah daftar Saat Ketika Ibu Membelaku dan Saat Aku Tidak Membela Ibu. Daftar yang ia tulis itu ternyata tidak seimbang. Lebih banyak saat ibu membelanya. Membuat Chick sadar bahwa ibunya selalu menyayanginya, berapapun umur Chick.

Selama satu hari setelah kecelakaan itu, Chick menghabiskan sepanjang hari bersama ibunya yang telah meninggal. Chick merasa sangat janggal bahwa ia bisa berkomunikasi dengan ibunya, bahkan memeluknya. Apakah hantu itu nyata?

Dia meletakkan satu tangan di atas tanganku.”Kalau seseorang ada di dalam hatimu, mereka tidak pernah benar-benar pergi. Mereka bisa kembali padamu, bahkan pada waktu-waktu yang tak terduga.”

Satu hari yang dilalui Chick bersama Posey dibagi dalam bab ini menjadi empat bagian. Yaitu Tengah Malam, Pagi Hari, Sore Hari, dan Malam Hari. Dalam waktu-waktu itu mereka mengunjungi tiga orang. Orang pertama adalah Rose, nenek yang sering ditata rambutnya oleh Posey. Setelah dipecat sebagai perawat, Posey bekerja di sebuah salon dan mempunyai banyak pelanggan. Tidak berapa lama setelah Posey mendandaninya, Rose meninggal dunia.

Orang kedua yang mereka temui adalah Miss Thelma, mantan pembantu mereka. Sama seperti Rose, Miss Thelma juga minta didandani. Miss Thelma ingin terlihat cantik sebelum ia meninggal. Ini semakin aneh bagi Chick. Mengapa ibunya bisa tahu bahwa perempuan-perempuan ini sudah mendekati ajalnya?

Orang terakhir yang mereka kunjungi adalah seorang wanita juga. Silakan baca bukunya untuk mencari tahu siapakah dia. Hohoho..

Buku ini adalah buku kedua karya Mitch Albom yang aku baca. Waktu itu hari ulangtahunku, aku pergi jalan-jalan ke Gramedia buat nyari-nyari buku bagus. Eh buku ini memanggil-manggil buat di beli. Berhubung buku pertamanya yang aku baca sangat bagus, aku langsung memutuskan untuk membeli buku ini. Ternyata buku ini tidak kalah bagusnya, pokoknya aku banjir air mata saat membacanya, hehehe.

Cerita utama yang diangkat adalah tentang seorang ibu. Kita kadang tidak sadar ketika kita bertambah dewasa, ibu kita justru bertambah tua. Banyak alasan yang kita gunakan untuk menjauhkan diri dari mereka; sibuk, tidak sempat berkunjung, malas mengangkat telepon, malu dicium didepan umum, dan lainnya. Padahal bisa saja pertemuan kita saat itu adalah kesempatan terakhir untuk berbicara dengan mereka.

Beruntunglah Chick yang mendapat satu hari lagi kesempatan itu. Ia belum terlambat untuk mengubah kehidupannya. Ibunya yang telah meninggal mau berbagi satu hari lagi untuk Chick, anak yang ia sayangi.

Pernahkah kau kehilangan seseorang yang kau sayangi dan kau ingin bisa bercakap-cakap dengannya sekali lagi, mendapatkan satu lagi kesempatan untuk menggantikan waktu-waktu ketika kau menganggap mereka akan ada selamanya? Jika pernah, maka kau pasti tahu bahwa seberapa banyak pun kau mengumpulkan hari-hari sepanjang hidupmu, semuanya takkan cukup untuk menggantikan satu hari itu, satu hari yang ingin sekali bisa kau miliki lagi.

Aku kasih 5 dari 5 bintang untuk buku ini. Pokoknya setelah membacanya, pasti pengen meluk ibu (bagi yang dekat) atau menelpon ibu (bagi yang jauh). Ayo bilang sayang sama ibu selagi beliau masih ada ^^

Selasa, 14 Mei 2013

Rapid Fire Questions


Beberapa hari yang lalu, dapat tag dari Ratri Anugrah kemudian lupa buat bikin postingannya. Hari ini ditembak lagi oleh Mbak Melody, jadi postingannya aku gabung aja yaa.. hehehe..

Large

Pertanyaan Wajib :
      1.       Nambah atau ngurangin timbunan?
Ngurangin
2.       Pinjam atau beli buku?
Kalau rating bukunya di Goodreads bagus, biasanya aku lebih memilih untuk beli J
3.       Baca buku atau nonton film?
Baca buku dong
4.       Beli buku online atau offline?
Offline
5.       Buku bajakan atau ori?
Ori
6.       Gratisan atau diskonan?
Hidup gratisan!
7.       Beli preorder atau menanti dengan sabar?
Orang sabar disayang Tuhan :p
8.       Buku asing (terjemahan) atau lokal?
Terjemahan
9.       Pembatas buku penting atau biasa aja?
Penting
10.   Bookmark atau bungkus chiki?
Emang bisa pakai bungkus chiki? :/

Pertanyaan dari Mbak Melody :
11.   Romance atau fantasi?
Romance
12.   Cerita remaja atau dewasa?
Dewasa
13.   Kira-kira berapa buku yang udah kamu review?
Berapa ya? Mungkin 100an (lupa)
14.   Bagaimana kamu menata buku-bukumu?
Sesuai genre dan penulis
15.   Siapa tokoh fiksi favoritmu?
Thomas (Negeri Para Bedebah & Negeri di Ujung Tanduk –Tere Liye)

Pertanyaan dari Ratri :
11.   Sejak kapan suka baca buku?
Sejak TK (masih belum bisa baca, tapi suka ngebolak-balik halaman majalah Bobo)
12.   Sejauh ini apa yang paling disuka dari bergabung dengan BBI?
Banyak dapat rekomendasi buku-buku bagus
13.   Kalau beli buku, mana yang dilihat?
Pengarang
14.   Lebih suka numpuk buku dirumah atau disumbangkan ke perpustakaan terdekat?
Sejauh ini belum pernah menyumbangkan ke perpustakaan J
25.   Harry Potter atau Katniss Everdeen?
Katnis Everdeen

Pertanyaan dari aku :
      1.       Tokoh fiksi cewek yang dibenci?
2.       Pernah baca novel erotis? Judulnya?
      3.    Apa makna nama blog kamu?
4.       Situs buku yang sering dikunjungi? (misal : Bookmania, Bookriot)
5.       Selain BBI, komunitas buku apa yang kamu ikuti?

Anggota BBI yang aku tag adalah : Mbak Inge, Ndari, Mbak Anna, Mbak Sulis, dan Okky! Selamat menjawab yaa


Kamis, 02 Mei 2013

Selamat Ulang Tahun BBI!! + Giveaway {WINNER}


Selamat Ulang Tahun yang ke-2 Dear BBI, semoga anggotanya tambah banyak dan makin kompak. Nanti pengen deh kopdar sama anggota BBI :D Terimakasih buat Bebi yang sudah setia menemani pembaca Indonesia selama 2 tahun ini dan ditahun-tahun mendatang.
Nih bakpao buat Bebi!!



Dalam rangka memeriahkan ulang tahun BBI yang jatuh pada hari ini, maka Dear Reader akan mengadakan Giveaway berhadiah satu buah buku The 13Th Reality : The Hunt For Dark Infinity. Kenapa buku ini? Soalnya ada angka '13' nya.. sama kayak tanggal lahir BBI yaitu 13 April :)


Cara mengikuti Giveaway ini gampang kok, tuliskan apa harapan kamu buat dunia perbukuan di Indonesia dan apa harapan kamu buat BBI di kolom komentar. Giveaway ini berakhir pada tanggal 30 April, berlaku untuk seluruh Indonesia.

Good Luck!



SELAMAT UNTUK "BLOG SAYA", kirim email berisi alamat dan no hp ke mayafloriay at yahoo dot com
ditunggu sampai tanggal 4 mei, lewat dari tanggal itu akan dipilih pemenang lain ^^

edit : 10 Maret 2014
Pemenang adalah mis-fil.blogspot.com (pemenang diganti karena "blog saya" tidak membalas email dan giveaway ini sudah hampir setahun belum ada pemenang baru)