Sabtu, 09 Februari 2013

(CLOSED) Giveaway : Your Confessions

Haiii.. sudah lama aku tidak mengadakan giveaway :) kali ini hadiahnya adalah satu buah buku berjudul "Confessions of A Call Center Gal". Untuk mengikuti giveaway ini, kamu harus berdomisili di Indonesia dan berusia di atas 17 tahun. Silakan isi Rafflecopter di bawah (kalau tidak muncul, silahkan di refresh halaman ini)


confessions-of-a-call-center-gal.jpg (180×294)




a Rafflecopter giveaway

Minggu, 03 Februari 2013

The Summoning (Darkest Power #1)

Judul : The Summoning (Darkest Power #1)
Penulis : Kelley Armstrong
Penerbit : Harper Collins
Tahun : 2009
Halaman : 390


Chloe Saunders mempunyai kemampuan untuk berbicara dan melihat hantu. Woaaa.. amit-amit deh kalau punya kemampuan seperti itu *pendapat pribadi. Kemampuan Chloe ini sudah ia miliki sejak kecil, saat ibunya masih hidup. Sepertinya bakat ini berasal turun temurun dari ibunya. Chloe kecil dulunya tinggal disebuah rumah yang memiliki basement, tempat ia sering diajak berkomunikasi oleh para hantu. Sejak saat itu ia mempunyai sedikit trauma jika harus berada di basement. Pada saat ia beranjak remaja Chloe sudah lupa bahwa ia pernah dihantui.

Chloe lebih suka untuk menjadi seorang remaja yang biasa, punya kehidupan normal. Tidak seperti kebanyakan remaja yang minta diperhatikan. Maka ketika ia tahu mempunyai suatu kekuatan, Chloe malah ketakutan.

I’d spent too much of my life being special. The rich girl who lost her mother. The new kid in class. The drama major who didn’t want to be an actor. For me, special meant different, and not in a good way. I’d wanted to be normal, and I guess the irony is that, the whole time I was dreaming of a normal life, I already had one… or a whole lot closer to it than I’d ever have again- page. 328

Ketika ibunya meninggal, ayah Chloe semakin sibuk dengan pekerjaannya sehingga lebih banyak menghabiskan waktu di luar negeri. Chloe hanya mempunyai Bibi Lauren, adik ibunya sebagai tempatnya untuk curhat. Bibi Lauren adalah seorang dokter, Chloe pernah suatu kali mengeluhkan kepada bibinya ketika ia tak kunjung mendapat haid padahal usianya sudah 15 tahun. Hal yang menurutnya lumayan memalukan.

Suatu pagi saat Chloe berangkat ke sekolah diantar supirnya, Chloe melihat seorang anak laki-laki yang menabrakkan diri ke mobil mereka. Chloe berteriak-teriak sehingga supirnya tersebut kaget. Saat mereka berhenti Chloe baru menyadari bahwa itu hanya halusinasinya. Atau anak laki-laki itu sebenarnya adalah hantu!

Saat Chloe pergi ke kamar mandi, ia merasakan mendapat haid pertamanya. Chloe berusaha untuk tetap tenang. Ia lega hari ini datang juga. Setelah kejadian itu, hantu-hantu seolah datang kepadanya-yang membuat Chloe histeris. Hantu itu adalah seorang penjaga sekolah dengan tubuh terbakar.

Chloe yang syok karena melihat hantu berteriak-teriak di sekolah. Ia mengamuk dihadapan para gurunya. Karena dianggap aneh, Chloe dimasukkan ke Lyle House oleh Bibi Lauren atas rekomendasi seorang temannya. Lyle House adalah sebuah asrama sekaligus sekolah untuk menangani anak-anak bermasalah. Disana ada Derek, Simon, Peter, Liz, Rae, dan Tori. Pelan-pelan Chloe mulai beradaptasi dengan lingkungan baru dan teman-temannya. Ketika mereka mulai dekat, Chloe tahu bahwa mereka sebenarnya bukanlah anak-anak bermasalah seperti yang dicap oleh konselor di Lyle House. Melainkan mereka mempunyai kemampuan spiritual yang berusaha secara paksa untuk dihilangkan atau disembuhkan oleh para konselor.

Predikat Schizofrenia yang didapat Chloe sangat mengganggunya. Bagaimana mungkin ia mendapat predikat itu padahal ia masih bisa berpikiran secara normal? Satu-satunya hal yang diinginkan Chloe adalah keluar dari Lyle House secepat mungkin. Oleh karena itu ia berpura-pura menerima label yang diberikan konselor dan berusaha untuk bersikap semanis mungkin.

Chloe dibantu dengan teman-temannya (kecuali Tori yang jahat) mencari tahu apa sebenarnya Lyle House. Mereka mencoba memanggil para hantu itu agar bisa menguak misteri asrama tersebut. Apa hubungan para hantu dengan Lyle, si pendiri asrama itu?

Kalau mengharapkan adegan-adegan romantis dibuku ini, sepertinya kalian bakal kecewa. Tidak seperti young adult lainnya. Adegan romantis disini bisa dibilang tidak ada :D Kalau naksir-naksiran sih masih ada antara Chloe dan Simon.

Biarpun buku ini adalah trilogi sebaiknya jangan terlalu menggantung gitu dong ceritanya >.< Pas selesai baca buku ini malah dibikin penasaran dengan endingnya. Berarti harus beli buku keduanya dong? Iya :p Semoga buku keduanya tidak berakhir dengan ending seperti ini. Soalnya terlalu banyak teka-teki yang belum terpecahkan. Seolah-olah buku pertama ini ‘cuma’ buat pengenalan tokohnya. Mungkin sebagian besar misteri dalam buku ini disimpan kedalam buku selanjutnya.

Yang aku suka dari buku ini adalah tokoh utama yang tidak bertindak sebagai jagoan atau super hero. Ditengah banyaknya novel luar yang mengambil genre fantasi-paranormal (apapun sebutannya) pastinya lumayan sulit untuk bersaing mendapat perhatian para pembaca untuk memilih buku ini. Tapi sepertinya The Summoning berhasil untuk mencuri perhatian pembaca buku karena ceritanya yang unik. The Summoning sedikit banyaknya memperkenalkan dengan istilah gangguan dalam Psikologi seperti Schizofrenia, Paramania, Antisosial. Juga berisi pesan kepada orangtua/pengajar/konselor agar jangan cepat-cepat memberi label kepada seorang siswa.

Buku ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Ufuk sampai seri ketiganya. Siapa yang mau belikan seri ke 2 dan ke 3 nya? Hihi ^^

Happy Reading!

Sepotong Hati yang Baru

Judul : Sepotong Hati yang Baru
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Mahaka
Tahun : 2012
Halaman : vi + 206




Seperti yang sudah pernah aku tulis di review Berjuta Rasanya, Sepotong Hati yang Baru merupakan serial dari Berjuta Rasanya. Tetapi keduanya bisa dibaca secara terpisah. Buku ini merupakan kumpulan cerpen yang terdiri dari 8 buah cerpen (lebih sedikit dari berjuta rasanya yang terdiri dari 15 cerpen).
Cerpen di buku ini ada yang merupakan kelanjutan dari cerpen di Berjuta Rasanya, diantaranya Hiks, Kupikir Itu Sungguhan; Kalau Semua Wanita Jelek; dan Percayakah Kau Padaku?. Di dalam buku ini tema ceritanya masih tentang cinta. Beberapa diantaranya mengangkat kisah cinta dari berbagai masa dan diselipkan dengan mitos.

1.      Hiks, Kupikir Itu Sungguhan
Cerita ini adalah sekuel dari Kupikir Kau Naksir Aku di Berjuta Rasanya. Masih mengisahkan tentang Putri dan Nana yang kegeeran sama Rio. Lumayan kocak, Rio memang cowok yang baik sehingga ia ramah dengan banyak cewek. Sayangnya kebaikan Rio itu membuat Putri dan Nana menyangka Rio mencintai mereka. Tapi kok Rio mengajak Nana menemui orangtuanya ya? Nana mau dilamar?

Urusan GR ini memang kadang gila, Put. Kita benar tidak bisa lagi berpikir waras dan rasional, tertutup oleh ilusi dan mimpi. Menerjemahkan semua kejadian berdasarkan yang mau kita dengar atau lihat saja. Padahal nyatanya? Tidak sama sekali.- Hal. 20

2.      Kisah Sie-Sie
Di daerah Singkawang tinggallah gadis cantik bernama Sie Sie. Orangtuanya tidak mampu, semenjak ibunya sakit parah dan ayahnya masuk penjara, Sie Sie lah yang harus mengurus enam orang adiknya. Saat keuangan keluarganya sudah sangat menipis Sie Sie menawarkan dirinya untuk dibeli menjadi istri seorang pengusaha asal Taiwan. Setelah menikah, Sie Sie ikut suaminya pergi ke Taiwan. Pemuda itu menikahi Sie Sie hanya demi sebuah buku nikah agar mendapat warisan dari orangtuanya. Perangainya juga sangat buruk. Sie Sie diperlakukan seperti pembantu oleh suaminya sendiri. Sejahat-jahatnya suaminya, Sie Sie sudah berjanji kepada ibunya akan selalu mencintai laki-laki itu.

“…Sie janji, Ma. Pernikahan ini akan bahagia. Sie akan mencintai dia apa adanya. Sie janji Ma, dia juga akan mencintai Sie apa adanya”. Hal. 29.

3.      Sepotong Hati yang Baru
Ceritanya sangat singkat, hanya 8 halaman. Tentang seorang laki-laki yang berusaha melupakan mantan calon istrinya, perempuan yang meninggalkannya demi laki-laki lain.

“Kau tidak harus minta maaf. Meskipun seharusnya kau tahu, sehari setelah kau memutuskan pergi, aku lelah membujuk hatiku agar tegar. Tetapi percuma. Menyakitkan. Semua itu membuatmu sesak. Kalimat itu mungkin benar, ada seseorang dalam hidupmu yang ketika ia pergi, maka ia juga membawa sepotong hatimu. Alysa, kau pergi. Dan kau bahkan membawa lebih dari separuh hatiku.”- Hal. 44

Kemudian bergema lah lagu nya Noah, Separuh Aku.. wkwkw

4.      Mimpi-Mimpi Sampek-Engtay
Engtay menyamar menjadi seorang laki-laki agar ia bisa belajar di Biara Shaolin. Penyamarannya ini tidak diketahui siapapun, bahkan oleh Sampek teman sekamarnya. Mereka seharusnya tidur satu ranjang tetapi Engtay mengarang cerita bahwa ia memiliki penyakit kulit sehingga Sampek memilih tidur di lantai. Suatu hari penyamaran Engtay ketahuan oleh Sampek. Saat itu lah mereka jatuh cinta. Sampek tidak tahu bahwa Engtay sudah dijodohkan dengan Putra Mahkota dari Dinasti Tang. Kisah cinta mereka tidak mudah, saat itu rakyat sedang melakukan pemberontakan terhadap pihak kerajaan. Sampek harus rela melihat Engtay menikah dengan Putra Mahkota. Patah hati yang dirasakan Sampek ternyata memuncukan suatu kekuatan tak terduga dalam dirinya!

5.      Itje Noerbaja & Kang Djalil
Membaca cerpen yang satu ini lumayan bikin mumet. Soalnya ejaan yang digunakan adalah ejaan lama. Seperti “jang, baroe, madjoe, dll”. Bisa ditebak kan, ini cerita pada zaman apa? Yup, zaman kompeni alias Belanda. Itje adalah seorang pembantu di rumah seorang bangsawan Belanda, sedangkan Djalil adalah tjenteng Meneer Van Houten.

“Akoe akan baik-baik sadja, Itje. Kita akan baik-baik sadja. Kalaoepoen hal boeroek itoe terdjadi, maka itoelah harga seboeah perdjoeangan. Tjinta soetji kita haroes toendoek pada itoe tjinja jang lebih besar. Demi kemerdekaan bangsa ini. Demi tanah air kita. Akoe, Kamoe orang, kita semoea haroes bersedia mengorbankan djiwa raga oentoek itoe. Demi anak tjoetjoe kita. Demi hidouep masa depan jang lebih baik. Tjinja seotji kita tidak ada apa-apanja dibanding itoe semoea. Kamoe paham, Itje? – Ha 112.

Bayangkan betapa (mungkin) susahnya Tere Liye mengetik satu bab buku pakai ejaan itu, aku nulis kutipan ini aja ngos-ngosan. Hehe. Pengorbanan cinta Itje dan Kang Djalil demi negara ini bikin terharu banget!

6.      Kalau Semua Wanita Jelek
Kebalikan dari judul cerpen pada Berjuta Rasanya yang berjudul Kalau Semua Wanita Cantik. Bagaimana ya kira-kira kalau kita-kita kaum cewek ini harus membeli kecantikan? Semua wanita terlahir jelek, hanya yang bekerja keras lah yang akan menjadi cantik. Istilahnya cantik raya (plesetan kaya raya). Setiap kali kamu bekerja maka bayarannya adalah kecantikan fisik. Hidung bertambah mancung, kulit lebih putih, dan sederet definisi kecantikan lainnya. Kalau kamu mau membeli sesuatu, maka kecantikanmu akan berkurang. Di dunia cewek tidak ada lagi mata uang melainkan kecantikan. Sayangnya kecantikan ini tidak bisa ditransfer, dihibahkan atau diwariskan. Kalau kamu bangkrut dan menjadi sangat jelek, maka kamu akan menghilang dari muka bumi ini! Seram!

7.      Percayakah Kau Padaku?
Pernah membaca kisah Ramayana? Sebelum membaca cerpen ini, aku pikir kisah Rama Shinta itu berakhir bahagia. Ternyata salah! Endingnya itu sediiiih banget *kemana aja sih May? Pas selesai membaca aku langsung menghela nafas panjang. Sama sekali nggak nyangka kalau kisah Rama Shinta berakhir tragis. Oh iya, cerpen ini juga sekuel dari cerpen Kupu-Kupu Monarch di buku Berjuta Rasanya. Kisah Ramayana diceritakan kembali oleh seorang ayah kepada almarhumah putrinya, Cindanita.

Maafkan ayah, Cindanita. Seusiamu sekarang, enam belas, kau pasti belum paham, bahwa fondasi terbesar perasaan cinta selain komitmen adalah kepercayaan. Tanpa sebuah kepercayaan yang utuh, maka cinta hanya ibarat malam tanpa lampu, tersuruk tanpa arah. Ibarat kapal tanpa kompas, tersesat semakin dalam di lautan perasaan. Atau jangan-jangan kau sudah paham, Nak? – Hal. 151

8.      Buat Apa Disesali
Lagi-lagi kisah yang berakhir sad ending. Tentang anak seorang petinggi negara pada zaman orde lama-orde baru yang jatuh cinta dengan anak pembantunya. Hesty dan Tigor adalah teman masa kecil. Klasik, orangtua si gadis tidak setuju jika anaknya harus menikah dengan Tigor. Status sosial mereka berbeda jauh walaupun Tigor berhasil menamatkan kuliahnya di London. Sampai Hesty berusia 52 tahun, ia tetap menunggu Tigor dengan setia. Apa yang sebenarnya terjadi pada Tigor?

Kalau ditanya yang mana cerpen favoritku sepertinya cukup sulit memilihnya. Semuanya bagus-bagus dan menarik dengan caranya masing-masing. 4 bintang buat kumcer ini. Menurutku pemilihan kata-kata yang ia gunakan dalam buku ini (dan semua bukunya) sangat bagus. Cerita yang biasa-biasa saja bisa dibuat terharu. Seperti kumcer yang ia tulis ini. Ceritanya umum, cinta sudah menjadi topik klise tapi Tere Liye bisa mengolahnya menjadi sesuatu yang baru dan membuat pembacanya penasaran.

Nggak sabar menunggu buku Tere Liye selanjutnya!

Happy Reading!

Honey Money


Judul : Honey Money
Penulis : Debbie
Tahun : 2011
Penerbit : Gramedia
Halaman : 248


Punya cowok cakep yang tajir adalah impian Dee alias Diana. Sebelumnya dia sudah pernah pacaran dengan cowok baik-baik idaman semua mertua bernama Elbert. Menurut Dee, gaya berpacaran Elbert jadul banget. Nggak ada tantangannya. Selain itu Elbert nggak kaya! Dalam bayangan Dee pacaran tuh harus romantis macam diantar jemput naik mobil, nonton, makan di kafe.

Dee sebenarnya nggak kere-kere banget. Buktinya dia masih bisa makan di kafe, beli sepatu bermerk, produk kecantikan, dan benda-benda yang labelnya terkenal. Dee mendapatkan keinginannya dengan uang sendiri alias harus mengajar les. Kalau kebutuhan, papanya yang akan memenuhi. Begitulah prinsip yang diajarkan oleh orangtuanya. Dee nggak tahu kalau sebenarnya papa mamanya mempunyai sebuah rahasia besar. Sewaktu membaca mengenai rahasia keluarga ini, aku langsung mikir : Jangan-jangan dia bukan anak kandung? Eh ternyata tidak se-klise itu *syukurlah.

Demi memenuhi hasratnya untuk mendapat pacar yang kaya, Dee melakukan perombakan terhadap penampilannya dibantu oleh Sandra dan Liana. Mereka pun pergi ke mall untuk membeli segala kebutuhan biar Dee dapat menggaet pangeran impiannya. Target pertama Dee adalah anak IPS bernama Tommy yang sudah lama ia taksir. Pas ada Permata Cup disekolahnya, Tommy mulai mendekati Dee. Sayangnya Dee cuma sebentar suka sama Tommy. Ihh dasar -__-

Penyebab Dee nggak suka lagi sama Tommy adalah kehadiran cowok keren bernama Rendy. Mereka ketemu di ulang tahun teman sekolahnya Dee. Kriteria cowok impian Dee sudah ada di Rendy, sayangnya Dee nggak tahu kalau Rendy yang kaya dan kelihatan loyal itu matre !! Hingga suatu hari Rendy meninggalkan Dee begitu saja.

Kamu terlalu baik untuk aku sakiti… Huh, kata-kata apa itu? Kalau aku memang terlalu baik untuk disakii, ya jangan menyakitiku! Sederhana sekali, bukan? Tapi kenyataannya kamu sudah melakukannya!-Hal. 143

Ada lagi satu cowok yang suka sama Dee yaitu tetangganya, Stefan. Orangtua Stefan sangat getol menjodohkan anaknya dengan Dee. Stefan ini teman Dee sejak kecil. Bisa dibilang cinta Stefan sama Dee ini sudah ada sejak dulu. Anaknya juga baik banget. Sepertinya ada sesuatu yang membuat orangtua Stefan begitu terobsesi agar Stefan bisa jadian bahkan sampai menikah dengan Dee.

Aku nggak nyangka kalau aku bakal suka buku ini! Honey Money berhasil bikin aku nyaman dengan jalan ceritanya maupun dengan keseharian si tokoh yang ada di buku ini. Ceritanya sendiri tampaknya sedikit banyak berasal dari kisah nyata si penulisnya yang kuliah di Psikologi (hei, kita sama :p)

Kisah di dalam buku ini terasa alami dan sangat mungkin terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Saat kita naksir cowok, punya kriteria cowok idaman, patah hati, berusaha move on, disertai dengan persahabatan khas anak SMA. Buku ini berakhir happy ending loh! Ayo tebak, kira-kira Dee bakal sama siapa??

4 bintang buat Dee yang nggak matre-matre amat kok :p
Happy Reading!