Rabu, 23 Januari 2013

Cintavaganza


Judul : Cintavaganza
Penulis : Antonius Andrie
Penerbit : Gramedia
Tahun : 2011
Halaman : 224


Andra menganggap dirinya adalah jomblo terhormat, bukannya menjomblo karena tidak laku. Tampang Andra lumayan cakep, orangtuanya juga dari kalangan berada. Tiap hari lalu-lalang bawa mobil Honda Civic Hitam. Masalah popularitas, Andra cukup terkenal di sekolahnya walaupun pernah tinggal kelas selama satu tahun.

Setiap hari, Andra pergi sekolah bersama dua sahabatnya Vino dan Ladya nebeng mobil Andra. Vino anak orang kaya, tapi paling malas bawa mobil sendiri. Sedangkan Ladya, orangtuanya bercerai sehingga ibunya lah yang harus menghidupi Ladya dengan membuka usaha catering. Mereka bertiga ini sama-sama jomblo, tapi Andra lah yang paling parah. Ia suka mengolok-olok orang yang jatuh cinta. Pokoknya jangan pernah mengatakan cinta dihadapan Andra!

Andra memang dikenal sangat anti dengan yang namanya jatuh cinta, pacaran, sedikit saja ia mendengar ada temannya yang jatuh cinta, pasti akan berdebat dengan Andra. Nah, anehnya si Andra ini sangat jago memberi tips untuk menggaet gebetan. Kadang-kadang ia bisa begitu bijaksana memberikan masukan kepada teman-temannya. Teman-temannya heran kenapa Andra bisa sejenius itu dalam masalah cinta tapi tidak diterapkan untuk dirinya sendiri.

“Prioritas utama gue Tuhan, kedua impian, ketiga baru cinta. Kalo hidup gue udah berkenan di hadapan Tuhan, Dia pasti akan memberkati hidup gue dan mengabulkan permintaan gue, yang berarti impian gue udah menjadi kenyataan. Terus kalo impian gue udah menjadi kenyataan, gue udah sukses, cewek cantik itu bakal kayak bayangan, selalu ngikutin gue kemanapun, dimana pun, kapan pun. Mirip laler. Tinggal gue pilih aja satu cewek beruntung yang bakalan dapetin gue.” – Hal. 59

Selain jago memberikan nasehat percintaan Andra juga jago ngeles. Setiap disinggung masalah kejombloannya, ia pasti bisa berdalih mampu mendapatkan cewek mana saja yang dia suka hanya dengan mengirimkan satu sms atau dengan missed call cewek itu! Sumpah Andra ini tingkat kepedeannya parah banget, sebelas-duabelas sama Vino.

Banyak yang sudah menjadi korban celaan Andra di sekolah. Misalnya Ciping yang mengejar-ngejar Citra; Haris yang selalu ditolak oleh Maya; Dicky yang patah hati sama Sinta; Tino sama Tasya; Hingga Vino sama Tesa. Andra memang suka ceplas-ceplos. Ladya, satu-satunya cewek dalam geng mereka juga sering sakit hati kalau Andra sudah ngomong.

Jomblo Autis- Gelar yang disandang Andra selama 2 tahun, aku sendiri nggak setuju dengan penggunaan kata autis dalam novel ini. Oke, autis bukan bahan candaan yaa.. apalagi buat mengolok-olok teman. Usul buat penulis/editor/penerbit, untuk cetakan selanjutnya, bagaimana kalau kata autisnya dihilangkan saja?

Buku ini kocak banget. Melihat kelakuan Andra bareng Vino bikin ketawa nggak berhenti. Mungkin karena penulisnya cowok, jadi percakapannya khas cowok banget. Jarang aku membaca teenlit yang penulisnya cowok. Kalaupun ada, biasanya kok kayak tulisan cewek.

Kekurangan buku ini adalah ending yang gampang banget ditebak. Klimaks cerita ditemukan pas dua bab terakhir. Jadi endingnya itu singkat banget, terkesan kayak penulisnya maksain agar ceritanya cepat selesai. Sedikit kecewa padahal aku sudah suka banget sama ceritanya dari awal. Tapi masa lalu Andra yang ketahuan gara-gara Erni, kakaknya Andra cerita sama Vino dan Ladya lumayan bikin penasaran sejak baca sinopsisnya. Kira-kira kenapa ya Andra jadi anti sama orang jatuh cinta? Rating buat buku ini aku kasih 3 dari 5 bintang. 3 itu buat ceritanya yang bisa bikin ngakak :D

Bagi pencinta teenlit dan komedi, kayaknya wajib punya buku ini deh!

Happy Reading!


Coming Home


Judul : Coming Home
Penulis : Sefryana Khairil
Tahun : 2011
Penerbit : Gagas Media
Halaman : x + 318


Tak ada yang lebih sulit daripada jatuh cinta kepada orang yang pernah membuatmu bersumpah tak akan pernah mencintai siapa pun lagi. Orang yang tak ingin kau temui seumur hidup. Orang yang dulu pernah menduakan cintamu.
Orang yang bersamamu pernah bersumpah di hadapan Tuhan akan mencintai selamanya….

Nggak sanggup rasanya membayangkan kalau dikhianati seperti yang dilakukan Rayhan kepada Amira. Mereka berdua bertemu saat ingin berebut ingin masuk ke dalam sebuah taksi yang sama. Disitulah pertemuan awal antara keduanya. Amira yang lembut dan keibuan meluluhkan hati Rayhan, membuatnya bertekad untuk menaklukan hati perempuan itu.

Kamu sederhana, tapi kamu istimewa Mira..

Siapa yang nggak akan terpesona coba, Rayhan itu tampan, karirnya bagus, pandai merayu. Ia berhasil meyakinkan Amira agar mau menikah dengannya. Pernikahan itu sepi, Rayhan selalu menunda untuk memiliki anak. Lama-kelamaan pernikahan mereka mulai terasa hambar. Rayhan menganggap Amira tidak pernah bisa mengerti dirinya.

Mungkin dititik ini lah pasangan yang menikah mulai bertanya-tanya ‘apakah ia seseorang yang tepat untukku?’ ‘apakah ia memang jodohku?’. Suatu kali mamaku pernah mengatakan bahwa tahun-tahun awal pernikahan adalah yang paling sulit. Kebosanan terhadap Amira tampaknya dirasakan oleh Rayhan. Ia menemukan cinta yang lain, sebuah cinta terlarang kepada perempuan bernama Elsa.

Hubungan terlarang antara Rayhan dengan Elsa bukan sekadar perselingkuhan “biasa”, tapi mengakibatkan Elsa datang kepadanya dengan sebuah alat tes yang menunjukkan ia positif hamil. Seketika dunia Amira jungkir balik. Mantan supir Rayhan mengatakan bahwa affair suaminya dengan Elsa memang sudah lama terjadi.

Setelah mengetahui apa yang dilakukan suaminya, Amira dan Rayhan terus bertengkar. Rayhan menyalahkan Amira yang tidak mau mengerti dirinya. Padahal Amira begitu setia kepada Rayhan. Perpisahan Amira dan Rayhan tidak bisa dipungkiri lagi. Rayhan lebih memilih untuk hidup bersama Elsa dan anak mereka, Kirana. Ugh, dasar cowok! Punya istri cantik dan pintar kayak Amira kok disia-siakan. Ntar nyesal lho!

Mengenai takdir, Tuhan yang atur, kan? Amira dan Rayhan bertemu lagi lima tahun kemudian saat Rayhan kembali ke Jogja. Tentu saja Rayhan tidak sendiri, ia membawa Kirana bersamanya. Rayhan sekarang adalah seorang duda, Elsa sudah meninggal saat melahirkan Kirana. Amira yang kini menjadi guru TK sangat terkejut ketika ia melihat Rayhan terlebih saat ia tahu Kirana atau Nana akan menjadi muridnya.

Amira harus mengajar anak mantan suaminya, anak haram suaminya dengan Elsa. Tapi Amira tahu, anak itu tidak bersalah. Kirana tidak tahu apa-apa mengenai hubungan ayahnya dengan ibu Guru barunya. Pesona kanak-kanak Kirana tidak bisa dihindarkan oleh Amira. Naluri keibuannya sangat menyayangi muridnya itu. Walaupun terkadang bayangan masa lalu tercermin dalam sosok Kirana.

Pertemuan ini mungkin jalan bagi Amira dan Rayhan untuk rujuk kembali. Rayhan menunjukkan sikap yang berbeda dari sikapnya beberapa tahun lalu. Rayhan terlihat lebih sabar, kebapakkan dan seperti tidak terurus. Amira tidak tahu bahwa mantan suaminya itu sudah kehilangan pekerjaan. Rayhan bukan lagi pria yang sibuk dengan urusan meerting, ia pengangguran sekarang.

Sayangnya disaat Rayhan ingin membangun kembali rumah tangga bersama Amira, Amira tidak kunjung memaafkan laki-laki itu. Dalam hatinya Amira memang masih sangat mencintai Rayhan. Terlebih lagi Kirana perlahan-lahan mampu membuat Amira memimpikan lagi sebuah keluarga bersama Rayhan.

Selama beberapa saat Amira sempat luluh dengan Rayhan. Ia mulai mencoba untuk memaafkan masa lalunya. Mungkin saja, kan Rayhan memang sudah berubah. Kelihatannya Rayhan menyesali semua perbuatannya. Tidak ada salah lagi mereka mencoba sebuah hubungan yang baru.

Novel ini benar-benar menguras air mataku-atau aku nya aja yang cengeng ya? Pokoknya selama membaca aku menangis sebanyak lima kali. Terutama dibagian pertengahan sampai di bagian terakhir. Sedihnya itu karena membayangkan pengkhianatan yang dilakukan Rayhan. Benciiii banget sama Rayhan ini >.<

Rayhan berasalan dia sebenarnya sangat mencintai Amira, hanya saja dia tidak menyadarinya sampai perceraian mereka. Menurutku ini alasan yang sangat bodoh :/ Bukankah mereka sudah memutuskan untuk menikah? Masa harus selingkuh-punya anak-cerai baru sadar kalau istrinya adalah perempuan satu-satunya yang dicintai?

Rayhan terpaku. Merasa dunia berputar dengan sendirinya. Tidak ada yang lebih terkutuk dari seseorang yang pernah mengkianati pasangannya, meninggalkannya untuk orang lain, dan sekarang berdiri menatap mantan pasangannya itu dengan keinginan bisa mengulang waktu antara mereka dan tidak pernah melepaskannya lagi-­ Hal. 159

Selamat, buku ini sudah bikin perasaanku campur aduk. Aduh pokoknya kalo temanya tentang perselingkuhan gitu aku pasti emosi. Sefryana Khairil sudah mengemas cerita buku ini dengan sangat baik. Tetapi sangat disayangkan banyak typo didalamnya. Kemudian, pada paragraf awal banyak yang spasinya 2 tab, padahal diparagraf lain hanya 1 tab dan ini cukup menggangguku.

Sefryana Khairil sepertinya suka mengangkat tema tentang rumah tangga, sebelumnya aku pernah membaca Sweet Nothings (belum di review :p) yang isinya tentang rumah tangga juga. Oh iya, ini novel dewasa yang ada adegan (hampir panas) jadi mungkin nggak cocok sama ABG, hehehe. Rating yang aku kasih buat buku ini 4 dari 5 bintang.

Happy Reading!

Wonder


Judul : Wonder
Penulis : R.J Palacio
Penerbit : Atria
Tahun : 2012
Halaman : 428


Mandibulofacial Dysostosis. Pernah mendengar mengenai kelainan ini? Jika belum, mari kita ikuti kisah hidup seorang anak laki-laki berumur 10 tahun bernama August Pullman. August bukanlah anak berkebutuhan khusus, dia tidak idiot. Malah sangat pintar dalam bidang sains. Satu-satunya kekurangan August adalah wajahnya sangat tidak biasa bahkan bisa dibilang aneh ; telinga lebih besar sebelah, seperti menempel begitu saja ditelinganya. Mata August tampak mengantuk, bergantung di wajahnya, pipinya turun. Ia makan seperti kura-kura. August sudah berulang kali melakukan operasi, tapi wajahnya tetap tidak bisa menjadi biasa.

Setiap orang yang bertemu dengan August, sebagian besar akan ketakutan, berteriak, atau bahkan lari. Ia dianggap seperti alien. August sudah biasa menghadapi hal ini. Ia pura-pura tidak terjadi apa-apa. August sangat menginginkan wajah yang normal agar ia tidak menjadi pusat perhatian. Hari kesukaan August adalah Halloween karena ia bisa memakai topeng untuk menutupi wajahnya.

Bagiku, Halloween adalah hari raya terhebat di seluruh dunia. Bahkan mengalahkan Natal. Aku bisa memakai kostum. Aku bisa memakai topeng. Aku bisa berjalan-jalan seperti anak-anak lain yang memakai topeng dan tidak ada seorang pun yang menganggapku aneh. Tidak ada yang berpaling lagi dan menatapku untuk kedua kalinya. Tidak ada yang menyadari penampilanku. Tidak ada yang mengenalku. – Hal. 104

August sangat beruntung karena ia memiliki keluarga yang sangat mencintainya. Mom dan Dad mau melakukan apa saja untuk August. Via, kakaknya sangat perhatian kepada adiknya itu. Bahkan teman Via, Miranda juga menyayangi August. Kalau saja keluarganya August jahat, pasti August sudah ditelantarkan atau bahkan dibuang sejak bayi >.<

Pada usianya yang ke sepuluh tahun, Mom mempunyai ide untuk memasukkan August ke sekolah umum. Selama ini August hanya sekolah di rumah dengan Mom sebagai gurunya. Alasan August tidak masuk sekolah umum bisa ditebak, ia malu dengan wajahnya. August takut teman-temannya akan menjerit ketakutan saat bertemu dengannya. Untungnya Mom dan Dad berhasil meyakinkan August untuk masuk ke Beecher Perp, salah satu sekolah bagus deka rumahnya. Saat August masuk sekolah untuk pertama kalinya, Via juga menjadi murid baru di Sekolah Menengah Atas.

Sebelum benar-benar masuk sekolah, August mengikuti semacam tur yang disarankan oleh kepala Sekolah Mr. Tushman. August diajak berkeliling sekolah oleh Charlotte yang baik, Jack Will, dan Julian. Diantara ketiga teman barunya, Julian jelas-jelas menunjukkan sikap permusuhan dengan August. Nah, dengan Julian ini lah nantinya akan muncul bermacam-macam masalah pada diri August. Julian ini anak yang jahat, begitu pula dengan orangtuanya. August bisa dibilang punya sedikit sekali teman dekat, diantaranya Summer dan Jack Will.

Kisah August di sekolah sangat menarik untuk diikuti. Sebagai anak normal saja, sekolah bisa jadi adalah hal yang sulit; masalah bullying hingga masalah akademis. Apalagi bagi August, ia bahkan sempat terpikir ingin berhenti sekolah saat ia mendengar bahwa Jack Will hanya pura-pura baik dengannya. Bagi Via, punya adik seperti August adalah tantangan tersendiri. Walaupun Via sangat menyayangi August, ia tidak mau teman-temannya tahu bahwa ia memiliki adik seperti August. SMA semakin berat saat Via dijauhi oleh temannya, Miranda.

Buku ini diceritakan dari sudut pandang yang berbeda-beda, yaitu dari August, Via, Miranda, Jack Will, Summer, dan Justin (pacar Via). Dilihat secara keseluruhan, mereka semua sangat menyayangi August. August memang tidak pernah ingin dikasihani orang lain. Ia sangat tabah dan juga pintar. August merasa bahwa semua orang itu istimewa, begitu pula dirinya. Oh iya bagi yang membaca di bagian Justin, nanti akan ditemukan kalau Justin itu nulis pakai huruf kecil semua (nggak ada kapitalnya sama sekali). Nah, itu bukan typo karena Justin memang menulis seperti itu baik di buku aslinya maupun diterjemahan.

Pedoman August Pullman
Seharusnya semua orang di dunia ini mendapatkan sorak sorai penghormatan setidaknya satu kali dalam hidupnya, karena kita semua berhasil menghadapi dunia.

Pas membaca buku ini, rasanya aku juga jadi sayaaang banget sama August. Seumur hidup, aku belum pernah melihat atau mendengar mengenai kelainan yang dialaminya. Sepertinya kasus seperti August ini cukup langka. Di dalam buku ini ada sedikit dijelaskan mengenai mengapa August bisa mengalami kelainan ini. Penyebabnya berhubungan dengan gen kedua orangtua August. 

Wonder sudah lumayan lama menjadi buk incaranku. Awalnya aku pikir ini buku tentang paranormal atau sesuatu yang berhubungan dengan penyihir, seperti kebanyakan buku remaja saat ini. Eh ternyata bukan sama sekali. Syukurlah Atria menerbitkan buku ini dalam versi bahasa Indonesianya. Banyak yang bilang buku ini sedih, aku nggak sampai nangis sih bacanya. Buku ini aku rekomendasikan buat semua orang yang suka anak-anak, atau tertarik dengan dunia dunia remaja. Nah, jangan dulu menilai seseorang dari penampilan luarnya ya :D don’t judge a boy by his face.

Happy Reading!

Rabu, 16 Januari 2013

Berjuta Rasanya


Judul : Berjuta Rasanya
Penulis : Tere Liye
Tahun : 2012
Penerbit : Gramedia
Halaman : vi + 205


Kelak saat kau dewasa, kau akan melihat banyak sekali orang-orang yang begitu saja jatuh cinta. Bagi mereka, cinta seperti memungut bebatuan di pinggir sungai. Banyak bertebaran. Bosan bisa dilemparkan jauh-jauh. Kurang, tinggal masukkan batu yang lain ke dalam kantong lainnya. Apakah perangai seperti itu disebut cinta? Tentu saja bagi mereka juga cinta. Tapi ingatlah selalu Zalaiva ku, cinta sejati tak sesederhana bebatuan.

Berjuta rasanya merupakan sebuah kumpulan cerpen yang ditulis oleh Tere Liye. Awalnya aku pikir buku ini adalah novel seperti buku-bukunya yang lain. Sebelumnya aku sudah punya buku Tere Liye yang berjudul Sepotong hati yang baru, tapi karena di buku tersebut bertuliskan serial dari berjuta rasanya ya aku pikir bukunya bersambung gitu. Jadi aku membaca Berjuta Rasanya terlebih dahulu. Ternyata kedua buku ini bisa saja dibaca secara terpisah, terserah mana yang lebih dulu mau dibaca.

Buku ini terdiri dari 15 buah cerpen yang bercerita tentang cinta. Ada yang indah, aneh, nggak masuk akal, pahit, sampai mengerikan. Beberapa cerpen ada yang membuatku merinding karena ceritanya yang lumayan horror. Banyak quote keren yang ada di kumcer ini. Tere Liye memang jago nya bikin quote menurutku. Eh kalo diperhatikan, Tere Liye ini kok suka banget memasukkan kata janji kehidupan di setiap buku yang ia tulis ya? Ada yang memerhatikan juga nggak?

Ke-15 cerpen yang ada dibuku ini yaitu :
1.      Bila Semua Wanita Cantik
Ceritanya tentang ketidakpuasan Vin yang merasa dirinya jelek, gendut, tidak dicintai. Suatu hari ia berdoa agar semua orang didunia menjadi jelek, atau dirinya menjadi cantik. Rupanya Tuhan berkehendak lain. Semua wanita dijadikan cantik kecuali Vin dan sahabatnya, Jo. Anehnya, saat itu secara mendadak standar kecantikan di dunia berubah!

Urusan ini sebenarnya amat sederhana, seseorang yang mencintaimu karena fisik, maka suatu hari ia juga akan pergi karena alasan fisik tersebut. Seseorang yang menyukaimu karena materi, maka suatu hari ia juga akan pergi karena materi. Tetapi seseorang yang mencintaimu karena hai, maka ia tidak akan pernah pergi! Karena hati tidak pernah mengajarkan tentang ukuran relatif lebih baik atau lebih buruk – Hal. 26

2.      Hiks, Kupikir Kau Naksir Aku
Semua orang pasti pernah menyangka orang yang dia cintai juga mencintai dirinya. Padahal, mungkin itu cuma pikiran kita aja yang terlalu mengada-ada.
Orang-orang yang jauh cinta terkadang terbelenggu oleh ilusi yang diciptakan oleh hatinya sendiri. Ia tak kuasa lagi membedakan mana yang benar-benar nyata, mana yang hasil kreasi hatinya yang sedang memendam rindu – Hal. 28
3.      Cinta Zooplankton
Dimanfaatkan oleh orang yang kita cintai tentunya hal yang sangat menyakitkan. Bayangkan saja, Topan hanya menganggap Ayu sebagai pacar transisi disaat cewek itu mencintainya sepenuh hati. Dian sudah memperingatkan Ayu bahwa Topan tidak pantas untuknya. Ayu terlalu baik untuk Topan. Tapi bukankah manusia bisa berubah?

“Lu tuh hanya zooplankton, Ayu! Lihat ini, zooplankton dimakan oleh ikan kecil, ikan kecil dimakan ikan sedang, ikan sedang dimakan ikan besar, dan ikan besar akhirnya dimakan oleh hiu! Lu persis berada di strata terbawah piramida makanan!”-Hal. 49

4.      Cintanometer
Disebuah kota yang sangat maju, urusan cinta menjadi sedemikian rumit. Pertumbuhan penduduk mencapai angka yang mengkhawatirkan sehingga tetua kota mengadakan rapat untuk membuat sebuah alat yang dapat mendeteksi cinta.

Penemuan yang menebas tata aturan kehidupan. Cinta adalah urusan langit dan tidak sepantasnya mereka mencoba mengakalinya- Hal. 67

5.      Harga sebuah pertemuan
Cerita ini sudah pernah aku dengar sebelumnya dari guruku sewaktu ikut bimbingan belajar. Mungkin cerita ini adalah saduran yang sudah diremake oleh Tere Liye. Diantara cerita lainnya, ini yang paling bikin merinding.

Aku tiba-tiba lunglai dalam putaran perasaan yang tidak aku mengerti. Pria gagah itu, siapa pun ia, telah membunuh jantungku seketika. Sayang sekali, setelah acara pemakaman ayah, ia raib begitu saja ditelan bumi.” – hal. 81

6.      Kotak-kotak Kehidupan Andrei
Ketika kita dilarang untuk melakukan sesuatu, disaat itulah kita sangat ingin melakukannya. Rasa penasaran dapat membuat manusia melanggar janjinya sendiri. Andrei kecil dilarang ibunya untuk menyentuh sebuah kotak cantik yang ada di rumah mereka. Kotak Pandora itu sangat membuatnya penasaran. Sampai bertahun-tahun kemudian, saat ia sudah mempunyai istri dan anak.

“Dengarkan, Nak, kehidupan ini tak selalu memberikan kita pilihan terbaik. Terkadang yang tersisa hanya pilihan-pilihan berikutnya. Orang yang bahagia selalu berpegangan pada pilihan kedua yang terbaik… Melupakan pilihan pertama yang tak pernah bisa kau capai…” Hal – 88

7.      Mimpi-mimpi Laila Majnun
Laila Majnun (majnun artinya gila), kisah cinta yang mungkin hampir semua orang tahu atau paling tidak pernah mendengar nama pasangan kekasih ini. Laila adalah anak orang kaya sedangkan Qais hanyalah seorang laki-laki miskin, karena beda kasta jadinya mereka tidak direstui oleh orangtua Laila. Mirip kayak kisah Romeo Juliet ya… Tapi yang ini versi Padang Pasir.. hehehe

Kesombongan dan harga diri yang telah mencabut kewarasan sepasang pencinta. Kekuasaan dan kebanggaan atas akal sehat yang telah membinasakan sepasang kekasih. -Hal. 103

8.      Kutukan Kecantikan Miss X
Seorang perempuan yang biasa duduk di bangku deretan nomor enam dari depan dan selalu duduk di dekat jendela sebuah bis telah membuat Bagus jatuh cinta. Bagus selalu menceritakan tentang kecantikan perempuan ini kepada Erik, sahabatnya. Sayangnya, Bagus hanya mampu untuk menatap diam-diam si Miss X tanpa berani untuk menegurnya. Semua pria yang pernah mengenalnya dan memiliki perasaan suka dengannya juga mengalami keadian seperti gue. Begitu Bagus selalu membela dirinya. Ah, bilang aja nggak berani :p

9.      Love Ver. 07& Married Ver. 09
Rada ribet ya judulnya? Cerpen ini kelanjutan dari Cintanometer. Alat yang baru ditemukan ini membuat orang-orang kota yang sibuk karena pekerjaannya bisa pacaran dan menikah bahkan punya anak secara virtual. Tertarik mencobanya? :D

Sungguh, aku lebih baik patah hati seribu kali, tersakiti berjuta-juta kali, merana bermiliar-miliar kali karena keabadian jombloku daripada harus menjalani kehidupan cinta seperti mereka. Rasa sakit hati iu indah. Setidaknya patah hati memberikan sensasi bahwa kita memang masih hidup.- Hal. 132

10.  Kupu-Kupu Monarch
Setiap tahun, akan ada ribuan kupu-kupu kuning yang memenuhi pemakaman, sudut kota, pohon cemara yang disebut kupu-kupu Monarch. Kupu-kupu itu dianggap sebagai jiwa-jiwa yang kembali. Perwujudan orang yang sudah meninggal untuk mendatangi orang yang ia cintai, khusus pada hari itu. Dalam cerpen ini juga dimuat sebuah dongeng tentang cinta sejati seorang istri kepada suaminya yang bisa membuat hati kita trenyuh.

Apakah cinta sejati itu?
Istriku pergi hanya karena ia lelah dengan kehidupan kecil kota kami. Menemukan pemuda yang menjanjikan masa depan lebih baik. Pasangan-pasangan lain hari ini juga berpisah karena alasan-alasan sepele. Bosan. Merasa terkekang. Merasa pasangannya sudah berubah. Atau bahkan hanya karena alasan-alasan yang dicari. Apakah itu cinta kalau kau setiap saat bisa jatuh cinta lagi dengan gadis lain? Dengan pemuda lain?- Hal. 148

11.  Joni dan Doni
Joni dan Doni sama-sama mencintai Puput, sama-sama sedang menjalani ujian skripsi, sama-sama memanjatkan doa yang sama. Salah satu dari mereka ada yang dijawab doanya. Tapi tetap saja mereka tidak ada teman untuk berbagi.

Percayalah, hal yang paling menyakitkan di dunia bukan saat kita lagi sedih banget tapi nggak ada satu pun teman untuk berbagi. Hal yang paling menyakitkan adalah saat kita lagi happy banget tapi justru nggak ada satu pun teman untuk membagi kebahagiaan tersebut. Hal. 156

12.  Kutukan Kecantikan Miss X – 2
Ternyata masih ada bagian kedua, kecantikan Miss X lagi-lagi menjadikan kutukan dalam hidup seseorang, tidak hanya Bagus. Laki-laki itu bahkan rela bolak-bolik naik bis yang nggak searah sama kantornya hanya agar bisa memandangi kecantikan Miss X. Cinta memang bisa bikin orang jadi aneh xD

13.  Lily dan Tiga Pria Itu
Aku nggak terlalu ngerti sama cerita yang satu ini. Rada aneh, pesannya nggak sampai ke kepalaku -__- Intinya tentang tiga orang yang mencintai satu wanita yang sama, tapi nasib mereka bertiga sehubungan dengan wanita ini beda-beda. Sampai dua puluh tahun kemudian mereka bertiga bertemu lagi.

Adakah yang pernah mengatakan pada kalian, waktu adalah lingkaran nasib yang berputar tanpa henti? Siang-malam, pagi-petang, sepanjang tahun tak pernah rehat. Dalam setiap kesempatan putaran nasibnya selalu terjadi tiga kemungkinan. Paralel, bergerak serentak. – Hal. 167

14.  Pandangan Pertama Zalaiva
Cinta tetap menjadi pertanyaan bagi semua orang. Tidak terkecuali bagi gadis cilik bernama Zalaiva. Ia hidup bersama kakeknya, hanya berdua. Disitulah ia belajar tentang cinta, dari cerita-cerita yang disampaikan kakeknya. Zalaiva sangat memercayai kakeknya. Sampai ia sendiri mengalami cinta pada pandangan pertama.

Cinta sejati selalu datang pada pandangan pertama. Cinta sejati selalu datang pada saat yang tepat, waktu yang tepat, dan tempat yang tepat. Ia tidak pernah tersesat. Cinta sejati selalu datang pada orang-orang yang berharap berjumpa padanya dan tak pernah berputus asa. Hal- 184

Cerpen ini yang menjadi favoritku diantara ke-14 cerpen lainnya.

15.  Antara Kau dan Aku
Kisahnya tentang dua orang yang saling mencintai tapi sama-sama malu untuk mengungkapkannya. Mereka saling menebak perasaan masing-masing. Menganggap orang yang dicintai tidak membalas cintanya. Padahal mereka berdua merasakan hal yang sama. Susah juga kalo kayak gini, mungkin mereka harus pakai cintanometer, hehe…

Cinta memang rumit ya, kalau ada yang nanya jatuh cinta itu rasanya seperti apa, bilang aja : Berjuta Rasany. Setelah membaca buku ini pandangan kita tentang cinta mungkin akan berbeda. Semua cerita yang ada di kumcer ini pasti ada salah satunya yang pernah kita alami, seperti jatuh cinta pada orang yang salah, mencintai diam-diam, dan ke GR an menyangka orang yang kita cintai juga mencintai kita. Cinta memang seperti hantu. Semua orang membicarakannya, tetapi sedikit sekali yang benar-benar pernah melihatnya.

Siap untuk nge #jleb bareng buku ini?

Happy Reading!

Senin, 14 Januari 2013

Book Kaleidoscope 2012 - Top Five Book Covers

Ini dia postingan kedua, masih dalam Book Kaleidoscope yang diadakan oleh Mbak Fanda. Kali ini aku akan memilih 5 buku yang sampulnya paling aku suka. Ah, ini adalah hal yang sulit menurutku. Soalnya aku tipe orang yang suka beli buku berdasarkan sampulnya, hahhaa... setelah menimbang-nimbang, buku-buku yang terpilih adalah...


5. Menuju(h)


Rata-rata buku Gagasmedia (yang diterbitkan sejak tahun 2011) punya sampul yang unik-unik. Itu juga yang membuatku suka membeli buku dari gagas. Untuk Menuju(h), sampulnya bisa dibuka, menjadikan gambar matahari dan bulannya bisa terpisah.  Di dalam sampul yang dibuka itu nantinya akan muncul tulisan Hari punya sistem pergantian yang teratur sehingga ia tidak pernah merasa sesak karena ditinggalkan.

4. Desires Of The Dead

Desires of the Dead (The Body Finder, #2)


Tahun lalu. The Body Finder, buku pertama dari trilogi ini juga masuk daftar sampul buku favoritku tahun 2011. Desainnya simpel, sekuntum bunga dengan latar belakang berwarna hitam. Kesederhanaan desainnya itulah yang membuat aku suka sama sampul buku ini!

3. Flavor of Love

Flavor of Love

Sampul buku ini menampilkan gambar cupcakes sehingga menambah kesan manis. Serasi sama judul bukunya.

2. Negeri Para Bedebah

Negeri Para Bedebah

Bagus banget! Sampul buku ini menggambarkan isi bukunya ; tentang kepura-puraaan, kelicikan, dan tentang korupsi yang saat ini sedang "booming" di Indonesia :D
1. Wither
Wither - Layu (Chemical Garden, #1)

Sebenarnya aku lebih suka sampul dari buku aslinya daripada yang terjemahan. Tapi tetap saja, sampul buku ini memberi kesan kuat dalam hatiku *halah* tentang seorang perempuan yang terpenjara dan kehilangan kebebasan. Selamat, Wither! Kamu jadi juara Top Five Book Covers Versi Dear Readers.

Books Kaleidoscope 2012 - Top 5 Book Boyfriends

Book Kaleidoskop sebenarnya sudah lama diadakan oleh Mbak Fanda tapi yaa karena akhir desember sampai awal januari itu ada UAS jadinya baru sekarang baru ikutan. Hari ini hari terakhir malam buat ikutan ngepost. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, kan? hehe.. So, sambil mikir-mikir dulu nih soalnya lupa siapa aja cowok-cowok dari buku yang pengen aku jadikan pacar...Dan... aku putuskan untuk memilih cowok-cowok ini (urutan 5 yang paling pengen dijadikan pacar)



1. Jay (Desires Of The Dead)

Jay ini sahabat sejak kecil sekaligus temannya Violet. Cuma Jay yang tahu tentang kelebihan yang dimiliki pacarnya itu (selain keluarga Violet). Semacam cowok yang suka melindungi pacarnya walaupun pacarnya tersebut "aneh" :p


2. Borno (Kau, Aku, dan Sepucuk Angpao Merah)

Borno ini cowok polos yang mencintai seorang gadis keturunan. Tapi biar polos, dia setia dan baik hati xD


3. Keenan (Perahu Kertas)

Siapa yang nggak jatuh cinta sama cowok ini? pintar di akademis dan pintar melukis. Dia juga gigih banget buat mengerjar mimpinya. Cowok yang mencintai seseorang dengan diam-diam entah kenapa terlihat keren dimataku :O


4. Vinter (Kastil Es dan Air Mancur Yang Berdansa)

Cowok dingin yang cool. Orangnya baik hati dan suka menolong *apa sih*


5. Alex Hirano (Sunshine Becomes You)

Sempat kesulitan juga nyari sosok yang tepat untuk dijadikan Alex Hirano, ya udah, berhubung dia keturunan Jepang maka kemungkinan besar matanya sipit. Jadilah Lee Min Ho menjelma menjadi sosok Alex



Alex Hirano merupakan tokoh di novel Sunshine Becomes You-Ilana Tan. Dia pianis terkenal yang jatuh cinta setengah mati sama cewek bernama Mia. Iri banget deh sama Mia, dicintai oleh cowok sebaik Alex.

The Time Keeper


Judul : The Time Keeper
Penulis : Mitch Albom
Tahun : 2012
Penerbit : Gramedia
Halaman : 312


Ada sebabnya Tuhan membatasi hari-hari kita….

Pernahkah kamu mengeluh bahwa hidup ini terlalu panjang atau terlalu singkat, sehingga rasanya kamu ingin mempunyai kuasa untuk mengatur waktu sesuka hati? Kalau pernah, berarti kamu harus membaca buku yang satu ini.

Ribuan tahun yang lalu, manusia tidak tahu apa itu waktu. Segalanya berjalan begitu saja sesuai pergantian antara siang dan malam. Kehidupan manusia pada masa itu tidak mengenal tanggal, hari, jam, memikirkannya saja pun tidak. Sampai takdir menjadikan seorang manusia sebagai tumbal untuk menguak misteri waktu tersebut.

Dor
Sebut saja namanya Dor, tinggal di Yunani berabad silam. Sejak kecil ia suka sekali menghitung. Ia mengamati matahari, bulan, air, kemudian menghitungnya. Dor adalah anak yang cerdas. Ia membuat perhitungan sederhana mengenai waktu,sebuah  istilah yang kita kenal pada masa kini. Dor mempunyai dua orang sahabat : Alli dan Nim.

Dor mencintai Alli sejak masih kanak-kanak. Ketika dewasa ia memberanikan diri untuk melamar Alli. Mereka menikah dan dikaruniai tiga orang anak. Di lain pihak, Nim tumbuh menjadi seorang laki-laki yang sukses. Ia kaya dan mempunyai obsesi untuk menguasai dunia. Nim membangun menara yang sangat tinggi, ia ingin bertemu dengan para dewa. Nim mengajak Dor untuk bergabung bersamanya. Namun Dor menolak ajakan Nim. Nim marah dan mengusir Dor dari kota tersebut. Sekarang, Dor hanya tinggal berdua dengan Alli. Anak-anak mereka dititipkan pada kakek-neneknya.

Hidup berdua saja membuat Alli dan Dor merasa kesepian. Mereka rindu dengan kampung halaman dan suara anak-anak. Suatu hari Alli terkena penyakit menular. Tampaknya hidup Alli tidak lama lagi. Dor sangat sedih, ia takut akan ditinggal oleh istri yang sangat dicintainya. Maka Dor berjanji untuk mencarikan pengobatan untuk Alli. Ia pergi menuju menara Nim agar bisa bertemu para dewa. Sayangnya, Dor malah bertemu dengan lelaki tua yang mengurungnya di dalam sebuah gua.

Dor ditakdirkan untuk menjadi penjaga waktu, the time keeper, karena ia telah lancang untuk mengukur-ukur waktu. Dor mendapat hukuman dari para dewa. Sehingga ia dibiarkan hidup di gua tersebut tanpa pernah bertambah tua, sendirian. Ia tidak sempat bertemu Alli untuk sekadar mengucapkan salam perpisahan. Sekarang ia harus mendengarkan suara-suara yang mengeluhkan tentang waktu. Suara-suara yang berasal dari masa depan.

Tidak seperti para pendahulunya, Dor dibiarkan hidup tanpa bertambah usia, tanpa menggunakan satu pun napas hidup yang telah dijatahkan kepadanya. Tetapi hatinya hancur. Tak bertambah usia tidaklah sama dengan hidup, dan tanpa interaksi dengan manusia lain, jiwanya menjadi kering.- Hal. 101

Tugas Dor sebagai penjaga waktu adalah menemukan dua orang manusia. Manusia yang pertama akan mengatakan Satu Masa Kehidupan Lagi, sedangkan manusia kedua akan mengatakan Hentikanlah!


Sarah Lemon
Ia tidak cantik, badannya gemuk dan terlalu cerdas. Sebagai remaja SMA, Sarah masuk dalam kategori “Anak Tidak Populer”. Sarah tidak punya teman, ia menganggap hidupnya datar sampai ia bertemu Ethan. Sedikit perhatian yang ditunjukkan Ethan membuat Sarah mabuk kepayang. Menurutku sih, Ethan ini sebenarnya tidak ingin mempermainkan Sarah. Sarah nya aja yang ke GR-an. Pertemanan mereka ditanggapi serius oleh Sarah. Ia bahkan menganggap Ethan adalah pacarnya. Hanya karena Ethan menciumnya saat mereka mabuk.

Sarah tumbuh dalam keluarga broken home. Ayahnya tidak menginginkannya. Lorraine, ibunya, sebenarnya sangat ingin menjalin kedekatan antara ibu dan anak dengan Sarah. Tetapi seperti remaja kebanyakan, jiwa Sarah suka memberontak. Sebagai anak yang cerdas, Sarah terlihat sangat bodoh saat jatuh cinta. Ia mengambil uang tabungannya sebanyak 200 dollar hanya untuk membelikan Ethan jam tangan bergravir Time Flies.

Kadang-kadang, kalau kau tidak mendapatkan cinta yang kau inginkan, dengan memberi kau pikir kau akan mendapatkannya- Hal. 162

Cinta Sarah sudah dapat ditebak bahwa akan bertepuk sebelah tangan. Saat malam natal dimana Sarah berniat untuk memberikan jam tangan itu Ethan jelas-jelas menunjukkan ketidakpedulian pada Sarah. Sarah panik, ia tidak ingin Ethan membencinya. Segera saja Sarah mengarang-ngarang alasan bahwa ia tidak sungguh-sungguh menyukai Ethan. Rupanya Ethan sudah terlanjur membenci Sarah. Buktinya Ethan membuat postingan di Facebook yang berisi pernyataan menyudutkan Sarah. Status Ethan di FB mendapat banyak respon teman-temannya. Mereka semua menyatakan simpati kepada Ethan.

Sarah Lemon coba-coba PDKT padaku

Kita mungkin tidak sadar bahwa kata-kata kita bisa menyakiti seseorang begitu dalam, ya. Beberapa hari setelah postingan status Ethan, Sarah memutuskan ingin mengakhiri hidupnya…Sarah tidak tahan lagi dengan cibiran teman-temannya. Sarah ingin waktu berhenti. Maka ia berdoa Hentikanlah…

Victor Delamonte
Pengusaha kaya raya berumur 80 tahun. Victor adalah seorang imigran asal Perancis yang sukses membesarkan bisnisnya di Amerika Serikat. Sekarang Victor menjadi orang terkaya ke-14 di dunia. Vonis dokter yang menyatakan Victor terkena gagal ginjal menjadikan Victor takut dengan kematian. Satu Masa Kehidupan Lagi, pintanya.

Victor mencari informasi mengenai imortalitas, ia tidak rela untuk meninggalkan dunia ini. Tentu saja semua dilakukannya secara sembunyi-sembunyi. Ia tidak ingin istrinya, Grace tahu kemudian menentang rencananya untuk hidup selama-lamanya.

Ketakutan Victor sirna setelah ia mendapat informasi bahwa ia bisa dibekukan di dalam sebuah tabung setelah kematiannya. Kemudian mayatnya akan diawetkan di tabung tersebut sampai beberapa ratus tahun ke depan. Saat ilmu pengetahuan di masa depan sudah lebih canggih, Victor akan disembuhkan dan menjalani hidupnya kembali.

Pendapatku

Manusia memang tidak pernah puas dengan apa yang ia miliki sekarang. Suatu saat kita ingin kembali ke masa lalu dan memutar balik keadaan. Kadang kita tidak sabar dengan masa depan agar ia cepat datang. Ini lah inti dari cerita buku ini. Bahwa kita harus mensyukuri setiap detik yang diberikan Tuhan kepada kita, tidak usah meminta waktu untuk dimajukan atau dimundurkan. Nikmati saja.

Sebenarnya ada satu quote dari buku ini yang sangat ingin aku share buat kalian, tapi entah kenapa rasanya akan lebih baik kalau kalian temukan sendiri quote tersebut saat membaca bukunya. Karena kalimat tersebut merupakan jawaban dari pertanyaan kenapa Tuhan membatasi hari-hari kita? Takutnya jadi spoiler soalnya jawaban tersebut ada di halaman-halaman akhir *bikin penasaran*, *sengaja*.

The Time Keeper adalah buku Mitch Albom pertama yang aku baca. Saat itu tertarik membeli buku ini karena sampul dan sinopsisnya yang sangat menarik. Tema yang diangkat tidak pasaran. Masih bercerita tentang cinta tapi dalam bentuk yang lebih tersirat. Dari keseluruhan novel ini ada satu typo yang menurutku lumaya lucu, yaitu di halaman 284. Pada halaman itu, nama Dor ditulis menjadi Dora. Hihi, sempat ngikik waktu membaca halaman tersebut soalnya jadi ingat Dora Explorer. Tetapi satu typo itu tidak mengurangi keasyikan saat membaca buku ini.

Rating yang aku kasih buat buku ini 5 dari 5 bintang! Menurutku untuk sebuah buku terjemahan, kata-kata yang ditulis tidak membuat bingung. Kadang kan ada beberapa buku yang setelah diterjemahkan malah membuat buku itu jadi membosankan.

Nah, bagi yang ingin lebih memahami tentang waktu, cinta, dan eksistensi manusia, tidak ada salahnya untuk membaca buku ini!

Happy Reading!