Minggu, 20 Oktober 2013

Seru-Seruan Bareng di Workshop Tulis Nusantara

Salah satu wishlist ku untuk tahun ini adalah ikut kelas menulis, dan tercapai! Senang banget pas baca twitternya @nulisbuku kalau tanggal 10 Oktober kemarin ada workshop “Tulis Nusantara” yang disponsori oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Plot Point, dan Nulis buku.



Tahun ini workshop tersebut diadakan di 12 kota di Indonesia. Setiap tahunnya kota-kota lain secara bergantian akan dikunjungi untuk diadakan workshop, biar adil. Jadi sayang banget kalau sampai nggak ikut. Tulis Nusantara itu sendiri apa sih? Silakan cek disini yaa https://www.facebook.com/TulisNusantara


Workshop di kota Banjarmasin diadakan di Arwana Café & Resto. Dimanakah ituu?? Pas dapat email konfirmasi dari panitia yang ngasih tahu tempatnya, aku bengong. Itu dimanaa sihh?? Segera cari info sama teman yang rumahnya didaerah situ. Pagi sebelum workshop, aku sama abah sempat nyari biar nggak nyasar. Ngomong-ngomong nyasar, aku tuh paling jelek peta kognitinya jadi jarang ingat sama jalan, :p

Teman-teman kampusku juga ikutan workshop ini, yaitu Ifah, Iis dan Rima. Kami berempat eksis duduk di paling depan, hehehe.. syukurlah aku duduk di depan karena lupa bawa kacamata.

Jam sebelas kurang aku sampai di Arwana Café & Resto. Kesan pertama adalah panitianya bersahabat. Baru datang langsung disambut hangat oleh Mas Ega dari Nulisbuku.com. Setelah ngambi goodie bag dan dikasih sesajen berupa camilan dan teh es, kami bertiga (karena Rima belum datang) foto-foto dulu. Dan yang memfoto kami adalah penulis yang jadi bintang tamu di workshop ini! Mbak Feby Indirani. Hohoho…

Embedded image permalink

Satu hari sebelumnya aku sempat mention Mbak Feby di twitter, PDKT gitu deh :p nah pas ketemu langsung aku segera mengeluarkan novel Clara’s Medal biar dikasih tanda tangan sama si penulis. Berbunga-bunga banget lah karena bisa ketemu penulis sebaik dan seramah Mbak Feby. Beliau nggak pelit ngasih ilmu dan selalu tersenyum sama semua peserta.


Acara pertama di buka oleh Mbak Feby sebagai pembawa acara, dilanjutkan pembukaan oleh staff dari kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif. Setelah itu Mbak Feby ngobrol bareng seputar pengalamannya menulis. Sebelum terjun menjadi penulis, Mbak Feby adalah jurnalis di Tempo. Wow, pikirku Mbak Feby ini pasti sudah berpengalaman sekali menjadi penulis tapi tetap humble.

Kemudian di buka sesi tanya jawab dan berbagi pengalaman para peserta. Awalnya nggak ada yang mau, tapi pas diiming-imingi hadiah buku dan pin barulah peserta rame angkat tangan, termasuk aku. Tapi yang dipilih Mbak Feby adalah Ifah yang mendapat buku I can(not) hear your voice tulisan Mbak Feby.


Giliran selanjutnya untuk menyampaikan pelatihan adalah Mas Arief dari Plot Point. Mas Arief ini memakai baju kuning bertuliskan Plot Point. Selama kurang lebih dua jam ditambah coffee break Mas Arief ngasih tips, solusi, dan ide-ide kreatif berhubungan dengan dunia kepenulisan. Mas Arief yang juga editor di Plot Point ini ngasih tahu visi misi Plot Point, naskah apa yang diterima, jadi banyak peserta yang curcol sama dia.


Aku ikutan bertanya sama Mas Arief “Bagaimana sih agar tulisan kita nggak ikut terpengaruh buku yang kita baca, dan nggak berakhir klise?” Gugup banget loh cuma buat nanya ini aja. Huehehe..
Nah, di sesi melanjutkan cerita, aku bertekad aku harus menang dan mendapatkan buku (biar ada oleh-oleh dari workshop ini :p) Alhamdulillah rencanaku tercapai. Aku dapat buku Cerita Cinta Kota yang salah satu penulisnya adalah temanku yang ikut workshop itu : Iis :’) Nanti minta tanda tangan Iis aahh..


Cowok terakhir yang ikut mengisi acara adalah Mas Ega dari Nulisbuku.com. Disini Mas Ega promosi mengenai cara menerbitkan buku di Nulisbuku yang merupakan self publisher pertama di Indonesia dan gratis!! Wooo.. silakan meluncur ke web-nya buat info lebih lanjut. Mas Ega juga yang mengajak kami untuk membentuk komunitas Nulisbuku Banjarmasin (@NBC_Banjarmasin).

Senang deh ikut workshop ini walaupun masih belum tahu ikut lomba tulis nusantaranya atau nggak. Selain dapat buku gratis, goodie bag, kenalan baru, ketemu orang-orang hebat yang inspiratif, pastinya juga ilmu kepenulisan. Asyik!! Nanti diadakan lagi dooong J

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar