Senin, 26 Agustus 2013

Goodreads, situs apaan sih?


Pertama kali aku join di Goodreads adalah sekitar tahun 2010. Saat itu aku belum tahu apa-apa mengenai Goodreads. Seingatku waktu itu aku sedang nyari situs untuk membaca secara online, kemudian google menggiringku ke Goodreads. Aku pikir kalau join di GR maka bisa membaca buku secara gratis. Sebuah pikiran yang memang tidak sepenuhnya salah. Di GR, kita bisa mengakses ebook dan ikut giveaway berhadiah buku.

Beberapa kali aku pernah ditanya sama teman-temanku baik secara langsung maupun lewat twitter. “Bagaimana cara membaca buku di GR?” Aku tersenyum. Pertanyaan itu sangat mewakili pemikiranku dulu. Maka aku jawab bahwa GR bukanlah situs untuk membaca buku secara gratisan. Kalau ingin membaca ebook ada situs seperti Netgalley, Guttenberg, atau cari ebook gratisan diberbagai situs lainnya,

Goodreads itu adalah situs untuk memasukkan daftar buku yang sedang dibaca, akan dibaca, buku yang menjadi wishlist, ikut diskusi dengan sesama goodreader, sharing quotes dari buku favorit, ikut challenge, meresensi buku yang sudah dibaca, dan ikutan voting buku favorit tiap akhir tahun.

Aku online di GR bisa dibilang tiap hari untuk update halaman berapa buku yang sedang aku baca, menambahkan buku yang baru aku beli, atau ngecek rating yang diberikan goodreader sebelum aku membeli buku. Untuk yang terakhir ini, berguna banget buat aku karena aku jadi tahu bagaimana penilaian orang lain atas buku itu dan jadi lebih penasaran untuk membaca buku tersebut.

Untuk online di GR kamu tidak hanya bisa mengakses websitenya, tapi juga bisa mengunduh aplikasinya di App Store ataupun Play Store. Aku lebih suka tampilan GR yang aku unduh melalui App Store dibanding Play Store soalnya di App Store pilihan menunya lebih banyak.


Jadi kalau kamu berharap GR adalah situs untuk membaca gratis, kamu siap-siap kecewa. Daripada penasaran, mending kamu juga join di Goodreads. Nanti kamu bakal ngerasain manfaatnya dan bisa ketemu sesama pecinta genre tertentu atau fans dari penulis yang kamu suka. Jangan lupa add Goodreads ku ya : Maya Floria.

14 komentar:

  1. Hihi..saya juga sering ditanyain soal membaca buku gratis di GR.

    BalasHapus
  2. Aku juga. Dulu pas awal-awal sering banget ditanyain, gimana cara baca buku gratis di GoodReads. :)

    BalasHapus
  3. Memang ada kok beberapa buku yang bisa dibaca langsung di goodreads. Tapi ya, goodreads itu ibarat facebook buat kutubuku kalo menurut saya :)

    BalasHapus
  4. Aku juga kemaren sempet nanya gimana cara baca buku di GR,
    awalnya soalnya temenku bilang dia kalo baca novel online di GR dan semuanya bisa dibaca makanya aku juga ikutan daftar jadi member hehe
    Tapi ternyata ini bukan buat baca novel online

    BalasHapus
  5. kalau mau baca novel online tuh bagaimana ya?

    BalasHapus
  6. jiaaahhh rada ribet yaa tyt baca buku di GR

    BalasHapus
  7. Sedih.. kirain buat read full :((

    BalasHapus
  8. hahaha. padahal uda semangat ngedonwload. ternyata begitu yaaa.:)

    BalasHapus
  9. terimakasih akhirnya tau juga goodreads itu untuk apa :D

    BalasHapus
  10. sama akupun kirain buat read online huhu sedih ternyata bukann

    BalasHapus
  11. yaaah kirainn gr buat baca online gratiss gituu...
    huhuhu sedih ternyata bukann padahal aku udah daftar
    #keliatan muke gratisan haha
    makasih infonyaa

    BalasHapus
  12. Makasih infonya mbak, sebelumnya udah capek klik ini dan itu tapi kok tak muncul muncul. Rupanya gak bisa dibaca. Haha

    BalasHapus
  13. Sebelum nya saya sudah klik sana dan sini tapi kok tak muncul muncul ebook nya. Eh ternyata.
    thank infonya mbak

    BalasHapus