Senin, 08 Juli 2013

Buku-Buku Masa Kecil

Postingan kali ini isinya adalah curhatan mengenai buku-buku yang menemani masa kecilku *cielah. Waktu kecil yang aku maksud adalah rentang dari TK sampai SD. Saat itu buku-buku yang aku punya hanya sedikit. Orangtuaku jarang membelikan buku, jadi kebanyakan adalah buku-buku warisan dari kakakku. Dulu aku sempat menyewakan buku-bukuku loh.. dan dapat uang lumayan.. hihi. Jadi kalau sekarang aku membuka-buka lagi buku-buku itu akan ada tulisan “500”, “300”, atau “400”, harga sewa untuk buku itu.

Majalah yang aku baca dari kecil adalah Majalah Bobo, nggak berlangganan sih tapi koleksi majalah Boboku lumayan banyak. Cerpen dan dongeng dari Bobo juga aku kliping, sayangnya sudah dibuang sama Babe *syok*. Majalah Boboku sekarang sudah nggak ada lagi karena aku kasih sama sepupu. Kamarku sempit sih, jadinya agak susah kalau menimbun majalah ^^

Buku-buku yang masih aku simpan adalah buku kumpulan cerpen Bobo berjudul Dia belum terlambat, kan? Dan Khayalan Sebelum Tidur. Dua-duanya dikasih oleh kakakku (atau dia jual ke aku ya? -_-). Khayalan Sebelum Tidur sudah nggak ada covernya lagi. Dulu aku punya kebiasaan membaca sambil makan. Setiap makan harus ada yang aku baca, jadi bukunya suka robek dan kena makanan. Buku-bukuku yang nggak terlalu banyak ini sudah aku baca puluhan kali, sampai hapal sama isinya. Berbeda dengan sekarang, buku-buku yang aku punya paling hanya dibaca satu kali.


Kemudian ada juga buku yang aku pilih sendiri di toko buku yaitu Piglet Terbang, Bebek Yang Beruntung, Heidi (lupa naruh), Pocahontas : Kisah Si Rakun dan satu buah buku tentang Domba yang ada bonusnya (benda yang kalau dipencet akan bersuara mbeeek)




Ada lagi buku yang dikasih kakak sepupuku. Ini bukunya dia sewaktu kecil. Aku ingat, waktu itu aku pulang dari TK Alquran sama sepupuku. Kami masing-masing dikasih satu buku. Aku senang sekali sambil berharap kalau aku dikasih dua-duanya! Haha..


Kalau komik, lagi-lagi milik kakakku yaitu Ninja Hattori dan Aladdin. Selain itu ada juga komik yang kayaknya wajib dibaca oleh semua anak yaitu Doraemon. Terakhir, ada Kumpulan Dongeng Bobo berjudul Topeng Ajaib dan Pesan Sandi Si Bulbul.




Itulah buku-buku yang isinya masih aku ingat sampai sekarang saking seringnya dibaca. Bukunya pun sudah kumal dan covernya nggak karuan lagi. Suka iri sama teman-teman yang bacaan waktu kecilnya keren-keren macam Lima Sekawan, Tintin, Mallory Towers, Roald Dahl, dan lain-lain ^^ Selain buku-buku diatas, aku juga sering meminjam buku di perpustakaan SD.


Buku yang kita baca sewaktu kecil pasti mempunyai kesan tersendiri. Kalau bisa, simpan buku itu baik-baik buat kenang-kenangan saat dewasa nanti!

4 komentar:

  1. Tini di Tepi Laut itu covernya vintage banget ya.. so cute!

    BalasHapus
  2. aku dulu waktu kecil bacanya Malor Towers sama yang staunya itu lhooo... yang di asrama St. Claire :D. Trus..trus...serial Tini itu bacaankuw aktu TK :"). aduh, ya ampun jadi nostalgia giniiii

    BalasHapus
  3. "Buku-bukuku yang nggak terlalu banyak ini sudah aku baca puluhan kali, sampai hapal sama isinya." Kalimat ini bikin aq inget sama diri'q sendiri mba, membaca ulang buku yang sama berkali-kali, krn dulu koleksi'q gak banyak *emang skrg banyak? :hammer. Tapi klo dipikir-pikir, justru masa-masa 'keterbatasan' itu bikin aq makin haus dan haus akan buku, tiap nambah koleksi baru pasti sekejap langsung abis dibaca, beda sama sekarang yang lebih sering ditimbun dulu XD

    BalasHapus
  4. Baca postingan ini bikin nostalgia bangeet :')
    Aku juga punya yang "Dia Belum Terlambat, Kan?" sama Doraemon yg di depan sekali (itu komik doraemon pertama yg aku punya dan covernya udah sobek :') hahaha)
    Emang ya aku juga pas masih kecil semuanya dibaca berulang kali, gak bosen2 XD

    BalasHapus