Rabu, 16 Januari 2013

Berjuta Rasanya


Judul : Berjuta Rasanya
Penulis : Tere Liye
Tahun : 2012
Penerbit : Gramedia
Halaman : vi + 205


Kelak saat kau dewasa, kau akan melihat banyak sekali orang-orang yang begitu saja jatuh cinta. Bagi mereka, cinta seperti memungut bebatuan di pinggir sungai. Banyak bertebaran. Bosan bisa dilemparkan jauh-jauh. Kurang, tinggal masukkan batu yang lain ke dalam kantong lainnya. Apakah perangai seperti itu disebut cinta? Tentu saja bagi mereka juga cinta. Tapi ingatlah selalu Zalaiva ku, cinta sejati tak sesederhana bebatuan.

Berjuta rasanya merupakan sebuah kumpulan cerpen yang ditulis oleh Tere Liye. Awalnya aku pikir buku ini adalah novel seperti buku-bukunya yang lain. Sebelumnya aku sudah punya buku Tere Liye yang berjudul Sepotong hati yang baru, tapi karena di buku tersebut bertuliskan serial dari berjuta rasanya ya aku pikir bukunya bersambung gitu. Jadi aku membaca Berjuta Rasanya terlebih dahulu. Ternyata kedua buku ini bisa saja dibaca secara terpisah, terserah mana yang lebih dulu mau dibaca.

Buku ini terdiri dari 15 buah cerpen yang bercerita tentang cinta. Ada yang indah, aneh, nggak masuk akal, pahit, sampai mengerikan. Beberapa cerpen ada yang membuatku merinding karena ceritanya yang lumayan horror. Banyak quote keren yang ada di kumcer ini. Tere Liye memang jago nya bikin quote menurutku. Eh kalo diperhatikan, Tere Liye ini kok suka banget memasukkan kata janji kehidupan di setiap buku yang ia tulis ya? Ada yang memerhatikan juga nggak?

Ke-15 cerpen yang ada dibuku ini yaitu :
1.      Bila Semua Wanita Cantik
Ceritanya tentang ketidakpuasan Vin yang merasa dirinya jelek, gendut, tidak dicintai. Suatu hari ia berdoa agar semua orang didunia menjadi jelek, atau dirinya menjadi cantik. Rupanya Tuhan berkehendak lain. Semua wanita dijadikan cantik kecuali Vin dan sahabatnya, Jo. Anehnya, saat itu secara mendadak standar kecantikan di dunia berubah!

Urusan ini sebenarnya amat sederhana, seseorang yang mencintaimu karena fisik, maka suatu hari ia juga akan pergi karena alasan fisik tersebut. Seseorang yang menyukaimu karena materi, maka suatu hari ia juga akan pergi karena materi. Tetapi seseorang yang mencintaimu karena hai, maka ia tidak akan pernah pergi! Karena hati tidak pernah mengajarkan tentang ukuran relatif lebih baik atau lebih buruk – Hal. 26

2.      Hiks, Kupikir Kau Naksir Aku
Semua orang pasti pernah menyangka orang yang dia cintai juga mencintai dirinya. Padahal, mungkin itu cuma pikiran kita aja yang terlalu mengada-ada.
Orang-orang yang jauh cinta terkadang terbelenggu oleh ilusi yang diciptakan oleh hatinya sendiri. Ia tak kuasa lagi membedakan mana yang benar-benar nyata, mana yang hasil kreasi hatinya yang sedang memendam rindu – Hal. 28
3.      Cinta Zooplankton
Dimanfaatkan oleh orang yang kita cintai tentunya hal yang sangat menyakitkan. Bayangkan saja, Topan hanya menganggap Ayu sebagai pacar transisi disaat cewek itu mencintainya sepenuh hati. Dian sudah memperingatkan Ayu bahwa Topan tidak pantas untuknya. Ayu terlalu baik untuk Topan. Tapi bukankah manusia bisa berubah?

“Lu tuh hanya zooplankton, Ayu! Lihat ini, zooplankton dimakan oleh ikan kecil, ikan kecil dimakan ikan sedang, ikan sedang dimakan ikan besar, dan ikan besar akhirnya dimakan oleh hiu! Lu persis berada di strata terbawah piramida makanan!”-Hal. 49

4.      Cintanometer
Disebuah kota yang sangat maju, urusan cinta menjadi sedemikian rumit. Pertumbuhan penduduk mencapai angka yang mengkhawatirkan sehingga tetua kota mengadakan rapat untuk membuat sebuah alat yang dapat mendeteksi cinta.

Penemuan yang menebas tata aturan kehidupan. Cinta adalah urusan langit dan tidak sepantasnya mereka mencoba mengakalinya- Hal. 67

5.      Harga sebuah pertemuan
Cerita ini sudah pernah aku dengar sebelumnya dari guruku sewaktu ikut bimbingan belajar. Mungkin cerita ini adalah saduran yang sudah diremake oleh Tere Liye. Diantara cerita lainnya, ini yang paling bikin merinding.

Aku tiba-tiba lunglai dalam putaran perasaan yang tidak aku mengerti. Pria gagah itu, siapa pun ia, telah membunuh jantungku seketika. Sayang sekali, setelah acara pemakaman ayah, ia raib begitu saja ditelan bumi.” – hal. 81

6.      Kotak-kotak Kehidupan Andrei
Ketika kita dilarang untuk melakukan sesuatu, disaat itulah kita sangat ingin melakukannya. Rasa penasaran dapat membuat manusia melanggar janjinya sendiri. Andrei kecil dilarang ibunya untuk menyentuh sebuah kotak cantik yang ada di rumah mereka. Kotak Pandora itu sangat membuatnya penasaran. Sampai bertahun-tahun kemudian, saat ia sudah mempunyai istri dan anak.

“Dengarkan, Nak, kehidupan ini tak selalu memberikan kita pilihan terbaik. Terkadang yang tersisa hanya pilihan-pilihan berikutnya. Orang yang bahagia selalu berpegangan pada pilihan kedua yang terbaik… Melupakan pilihan pertama yang tak pernah bisa kau capai…” Hal – 88

7.      Mimpi-mimpi Laila Majnun
Laila Majnun (majnun artinya gila), kisah cinta yang mungkin hampir semua orang tahu atau paling tidak pernah mendengar nama pasangan kekasih ini. Laila adalah anak orang kaya sedangkan Qais hanyalah seorang laki-laki miskin, karena beda kasta jadinya mereka tidak direstui oleh orangtua Laila. Mirip kayak kisah Romeo Juliet ya… Tapi yang ini versi Padang Pasir.. hehehe

Kesombongan dan harga diri yang telah mencabut kewarasan sepasang pencinta. Kekuasaan dan kebanggaan atas akal sehat yang telah membinasakan sepasang kekasih. -Hal. 103

8.      Kutukan Kecantikan Miss X
Seorang perempuan yang biasa duduk di bangku deretan nomor enam dari depan dan selalu duduk di dekat jendela sebuah bis telah membuat Bagus jatuh cinta. Bagus selalu menceritakan tentang kecantikan perempuan ini kepada Erik, sahabatnya. Sayangnya, Bagus hanya mampu untuk menatap diam-diam si Miss X tanpa berani untuk menegurnya. Semua pria yang pernah mengenalnya dan memiliki perasaan suka dengannya juga mengalami keadian seperti gue. Begitu Bagus selalu membela dirinya. Ah, bilang aja nggak berani :p

9.      Love Ver. 07& Married Ver. 09
Rada ribet ya judulnya? Cerpen ini kelanjutan dari Cintanometer. Alat yang baru ditemukan ini membuat orang-orang kota yang sibuk karena pekerjaannya bisa pacaran dan menikah bahkan punya anak secara virtual. Tertarik mencobanya? :D

Sungguh, aku lebih baik patah hati seribu kali, tersakiti berjuta-juta kali, merana bermiliar-miliar kali karena keabadian jombloku daripada harus menjalani kehidupan cinta seperti mereka. Rasa sakit hati iu indah. Setidaknya patah hati memberikan sensasi bahwa kita memang masih hidup.- Hal. 132

10.  Kupu-Kupu Monarch
Setiap tahun, akan ada ribuan kupu-kupu kuning yang memenuhi pemakaman, sudut kota, pohon cemara yang disebut kupu-kupu Monarch. Kupu-kupu itu dianggap sebagai jiwa-jiwa yang kembali. Perwujudan orang yang sudah meninggal untuk mendatangi orang yang ia cintai, khusus pada hari itu. Dalam cerpen ini juga dimuat sebuah dongeng tentang cinta sejati seorang istri kepada suaminya yang bisa membuat hati kita trenyuh.

Apakah cinta sejati itu?
Istriku pergi hanya karena ia lelah dengan kehidupan kecil kota kami. Menemukan pemuda yang menjanjikan masa depan lebih baik. Pasangan-pasangan lain hari ini juga berpisah karena alasan-alasan sepele. Bosan. Merasa terkekang. Merasa pasangannya sudah berubah. Atau bahkan hanya karena alasan-alasan yang dicari. Apakah itu cinta kalau kau setiap saat bisa jatuh cinta lagi dengan gadis lain? Dengan pemuda lain?- Hal. 148

11.  Joni dan Doni
Joni dan Doni sama-sama mencintai Puput, sama-sama sedang menjalani ujian skripsi, sama-sama memanjatkan doa yang sama. Salah satu dari mereka ada yang dijawab doanya. Tapi tetap saja mereka tidak ada teman untuk berbagi.

Percayalah, hal yang paling menyakitkan di dunia bukan saat kita lagi sedih banget tapi nggak ada satu pun teman untuk berbagi. Hal yang paling menyakitkan adalah saat kita lagi happy banget tapi justru nggak ada satu pun teman untuk membagi kebahagiaan tersebut. Hal. 156

12.  Kutukan Kecantikan Miss X – 2
Ternyata masih ada bagian kedua, kecantikan Miss X lagi-lagi menjadikan kutukan dalam hidup seseorang, tidak hanya Bagus. Laki-laki itu bahkan rela bolak-bolik naik bis yang nggak searah sama kantornya hanya agar bisa memandangi kecantikan Miss X. Cinta memang bisa bikin orang jadi aneh xD

13.  Lily dan Tiga Pria Itu
Aku nggak terlalu ngerti sama cerita yang satu ini. Rada aneh, pesannya nggak sampai ke kepalaku -__- Intinya tentang tiga orang yang mencintai satu wanita yang sama, tapi nasib mereka bertiga sehubungan dengan wanita ini beda-beda. Sampai dua puluh tahun kemudian mereka bertiga bertemu lagi.

Adakah yang pernah mengatakan pada kalian, waktu adalah lingkaran nasib yang berputar tanpa henti? Siang-malam, pagi-petang, sepanjang tahun tak pernah rehat. Dalam setiap kesempatan putaran nasibnya selalu terjadi tiga kemungkinan. Paralel, bergerak serentak. – Hal. 167

14.  Pandangan Pertama Zalaiva
Cinta tetap menjadi pertanyaan bagi semua orang. Tidak terkecuali bagi gadis cilik bernama Zalaiva. Ia hidup bersama kakeknya, hanya berdua. Disitulah ia belajar tentang cinta, dari cerita-cerita yang disampaikan kakeknya. Zalaiva sangat memercayai kakeknya. Sampai ia sendiri mengalami cinta pada pandangan pertama.

Cinta sejati selalu datang pada pandangan pertama. Cinta sejati selalu datang pada saat yang tepat, waktu yang tepat, dan tempat yang tepat. Ia tidak pernah tersesat. Cinta sejati selalu datang pada orang-orang yang berharap berjumpa padanya dan tak pernah berputus asa. Hal- 184

Cerpen ini yang menjadi favoritku diantara ke-14 cerpen lainnya.

15.  Antara Kau dan Aku
Kisahnya tentang dua orang yang saling mencintai tapi sama-sama malu untuk mengungkapkannya. Mereka saling menebak perasaan masing-masing. Menganggap orang yang dicintai tidak membalas cintanya. Padahal mereka berdua merasakan hal yang sama. Susah juga kalo kayak gini, mungkin mereka harus pakai cintanometer, hehe…

Cinta memang rumit ya, kalau ada yang nanya jatuh cinta itu rasanya seperti apa, bilang aja : Berjuta Rasany. Setelah membaca buku ini pandangan kita tentang cinta mungkin akan berbeda. Semua cerita yang ada di kumcer ini pasti ada salah satunya yang pernah kita alami, seperti jatuh cinta pada orang yang salah, mencintai diam-diam, dan ke GR an menyangka orang yang kita cintai juga mencintai kita. Cinta memang seperti hantu. Semua orang membicarakannya, tetapi sedikit sekali yang benar-benar pernah melihatnya.

Siap untuk nge #jleb bareng buku ini?

Happy Reading!

2 komentar:

  1. review yang menarik,,dan membuat rasa penasaran muncul serasa ingin segera membaca bukunya :)

    BalasHapus