Sabtu, 31 Maret 2012

BBI 1st Giveaway Hop! (Sign up)

Bulan April ini Blogger Buku Indonesia (BBI) akan merayakan ulang tahun yang pertama, lho! Maka untuk memeriahkan ulang tahun BBI, aku, Oky (Kumpulan Sinopsis dari Okeyzz) dan mbak Fanda (Fanda's historical fiction)  akan mengadakan giveaway (sebagai host). 

Apa itu Giveaway Hop?

Giveaway hop adalah beberapa blogger yang mengadakan giveaway dengan tema yang sama secara serentak, masing-masing memposting di blognya sendiri. Dalam giveaway hop biasanya ada host (penyelenggara).



Dan inilah giveaway hop yang kami adakan KHUSUS untuk para blogger yang sudah tergabung dalam BBI (daftarnya dapat dilihat di sini , atau bagi yang memiliki blog khusus buku namun belum tercantum, dapat mendaftarkan diri di tempat komentar link yang sama). 




Waktu dan Tema:



Waktu posting: 13 April 2012 (kalau bisa sebelum pk. 12:00 siang)
Waktu giveaway: 13 April s/d 26 April 2012
Hadiah: buku (jumlah terserah) karangan PENULIS LOKAL

Posting giveaway hop:

Judul (harus seragam): BBI 1st Giveaway Hop.
Mencantumkan blog Fanda's Historical Fiction, Kumpulan Sinopsis dari Okeyzz dan Dear Readers sebagai host.
Mencantumkan button BBI 1st Giveaway Hop
Teknis pelaksanaan giveaway terserah pemilik blog masing-masing, tapi saran kami kalau memberi pertanyaan/tugas jangan terlalu sulit (misal bikin cerpen), karena waktu peserta pasti terbatas karena banyak blog yang bikin giveaway juga.
Bagi yang ingin memakai form dengan Google Docs atau Rafflecopter (tool khusus untuk giveway), kami menyediakan tutorial-nya. Untuk Google Docs klik disini, sedang untuk Rafflecopter klik disini.

Dan serunya giveaway hop ini adalah...

Begitu kita masuk salah satu blog yang mengadakan giveaway, maka kita akan langsung menemukan juga link blog-blog SEMUA anggota BBI yang ikutan giveaway hop ini (kami akan menyediakan linky tools untuk diletakkan pada posting kalian -- menyusul).

PENDAFTARAN GIVEAWAY

Agar bisa mendata jumlah peserta, kalian (anggota BBI) yang berminat ikut serta di giveaway hop ini, harap mendaftarkan link blognya di linky tool di bawah ini (posting atau hadiah boleh ditentukan kemudian). Linky tool ini akan ditutup tgl. 12 April 2012 pk. 24:00

Rabu, 28 Maret 2012

Sonata Musim Kelima

Judul : Sonata Musim Kelima
Penulis : Lan Fang
Penerbit : Gramedia
Tahun : 2012
Halaman : 151




Nama Lan Fang mungkin bukan sosok yang asing bagi dunia sastra di Indonesia. Penulis wanita berdarah tionghoa ini telah wafat pada 25 Desember tahun lalu akibat kanker hati yang dideritanya. Sebelum meninggal, ia sempat meluncurkan tiga buah buku. Diantara ketiga buku tersebut salah satunya adalah kumpulan cerpen Sonata Musim Kelima yang diterbitkan oleh Gramedia. 

Kumpulan cerpen setebal 151 halaman ini terdiri dari 15 buah cerita pendek yang semuanya mempunyai satu benang merah, yaitu cinta. Lan Fang mampu menggambarkan cerita cinta dengan sangat puitis. 15 cerpen tersebut berjudul : Bai She Jing, Dear Gani, Dermaga, Festival Topeng, Gandrung, Hujan di atas Ciuman, Laila, Musim Kelima, Qiu Shui Yi, Sonata, Sri Kresna, Surat Untuk Sakai, Tentang Musim, Tukang Dongeng dan Tukang Mimpi, dan terakhir adalah Yang Paling Penting.

Hampir disemua cerpen, perpisahan dan cinta yang tak kesampaian rupanya menjadi tema favoritnya. Bukan cinta ala remaja, tetapi Lan Fang bahkan menuliskan cinta ala tokoh pewayangan,  ada juga yang berasal dari legenda rakyat Cina. Kutipan puisi dari Sapardi Djoko Damono pun kerap kali menjadikan cerpennya semakin puitis.

Bai She Jing merupakan cerpen yang ia dedikasikan untuk Sanie B. Kuncoro.

"Sanie, tidak peduli kunang-kunang itu bersayap lengkap atau hanya sebelah. Yang terpenting adalah tetap semangat menjadi cahaya!"- hal. 19

Sampul buku ini menunjukkan sebuah Dermaga, tempat dimana tokoh perempuan jatuh cinta kepada laki-laki berkebangsaan Australia namun laki-laki itu mempunyai sesuatu hal yang disembunyikan.

Sebetulnya sebuah dermaga tidak perlu terlalu diingat-ingat. Tepatnya, aku tidak perlu mengingat-ingat dia lagi. Bukankah kami sudah berpisah? Dan tidak ada yang perlu diingat dari perpisahan - hal. 29-30.

Salah satu cerpen yang mengandung unsur budaya tionghoa adalah Hujan di atas ciuman. Lan Fang memasukkan sebuah lagu berjudul Yue Liang Dai Biao Wo De Xin (Sinar Bulan Mewakili Isi Hatiku) 

Kau menanyakan seberapa dalamkah cintaku padamu?
dan seberapa besarkah aku mencintaimu?
maka perasaanku yang sesungguhnya...
maka cintaku yang sesungguhnya...
bagaikan sinar bulan yang mewkili seluruh isi hatiku

Kau menanyakan seberapa dalamkah cintaku padamu?
dan seberapa besarkah aku mencintaimu?
maka perasaanku tak akan pernah bergeser
maka cintaku tak akan pernah berubah
biarkanlah sinar bulan yang mewakili seluruh perasaan hatiku

Kau menanyakan seberapa dalamkah cintaku padamu?
dan seberapa besarkah aku mencintaimu
maka renungkanlah sekali lagi
maka pandanglah sekali lagi
sinar bulan akan mewakili seluruh isi hatiku

sebuah ciuman yang lembut...
telah menyentuh hatiku
sebuah perasaan kasih yang dalam..
membuatku merindukanmu sampai saat ini

Dari semua cerpen, yang menjadi favoritku adalah Sonata. Tentang seorang penulis tuli yang saling mencintai dengan seorang pianis buta. Si penulis tidak bisa mendengarkan keindahan permainan piano si pianis. Sedangkan si pianis sangat ingin membaca tulisan-tulisan si penulis. Didalam cerpen yang satu ini, arti cinta sejati bergitu terasa.

Bukankah di dalam cinta, kebungkaman lebih berarti daripada percakapan?- hal. 104

Semangat hidup Lan Fang memang patut untuk ditiru.. ditengah perjuangannya melawan kanker hati, ia tetap menolong orang lain. Meski beragama Buddha, ia tetap mau memberikan pelajaran sastra kepada santri di beberapa pondok pesantren di Jawa Timur.

Hidup bukan perjuangan menghadapi badai. Tetapi bagaimana agar tetap bisa menari di tengah hujan.- hal. 69

Selamat jalan Lan Fang, selamat kembali ke dermaga mu...

"aku suka sekali dengan dermaga. Karena memberi rasa yang meneduhkan. Sesederhana apapun dermaga tetap sebuah dermaga. Di dermaga, semua yang pergi pasti rindu untuk kembali..." - hal. 124


Jumat, 16 Maret 2012

Summer in Seoul

Judul : Summer in Seoul
Penulis : Ilana Tan
Halaman : 276
Tahun : 2006
Penerbit : Gramedia



Seorang penyanyi Korea yang bernama Jung Tae Woo muncul kembali setelah empat tahun menghilang. Kemunculannya diikuti pemberitaan bahwa dirinya adalah seorang gay. Untuk membantah berita tersebut, Jung Tae Woo dan manajernya mencari seorang gadis untuk menjadi pacar bohongan Jung Tae Woo.

Usaha mereka membuahkan hasil ketika Han Soon Hee alias Sandy bersedia untuk berfoto bersama Jung Tae Woo. Isu dirinya gay memang berhasil teralihkan, namun Jung Tae Woo dan Sandy semakin dikejar-kejar wartawan. Terlebih ketika ibu Jung Tae Woo tanpa sengaja membocorkan nama Han Soon Hee kedepan publik.

Hubungan Sandy dan Jung Tae Woo semakin dekat ketika Sandy tinggal di rumah Jung Tae Woo. Sandy mulai merasakan bahwa ia mulai menyukai Jung Tae Woo, begitupun sebaliknya. Sandy ragu-ragu, apakah ia harus berterus terang kepada Jung Tae Woo tentang kejadian empat tahun lalu itu...

Buku ini merupakan novel pertama Ilana Tan yang diterbitkan. Ia menulisnya jauh sebelum novel-novel yang bersetting Korea booming seperti sekarang. Ada beberapa kesamaan antara buku ini dengan novel Ilana Tan yang baru, yaitu Sunshine Becomes You, yaitu tokoh cowoknya sama-sama suka main piano. Aku sendiri lebih suka Sunshine Becomes You karena ceritanya lebih terasa nyata.

Ondel-Ondel Nekat Keliling Dunia

Judul : Ondel-Ondel Nekat Keliling Dunia
Penulis : Luigi Pralangga
Halaman : 332
Tahun : 2011
Penerbit : Qanita



Jangan bayangkan bahwa akan ada ondel-ondel beneran yang jalan-jalan keliling dunia, karena ondel-ondel disini merupakan sebutan Luigi kepada dirinya sendiri. Ia sering menyebut dirinya ondel-ondel kampret yang nekat untuk keliling dunia. Ondel-ondel dipilihnya karena ia sendiri adalah mantan abnon yang sekarang terjun menjadi seorang peacekepper alias penjaga perdamaian.

Berawal dari mimpinya untuk pergi ke Kanada, Luigi menerima tawaran pekerjaan di New York dengan alasan jaraknya untuk mencapai Kanada semakin dekat. Disana, Luigi yang supel cepat sekali mengenal orang-orang disekelilingnya. Alhasil ia pun mengetahui bahwa di PBB ada lowongan pekerjaan. Iseng-iseng ikut, Luigi diterima dan ditempatkan di Liberia. Liberia saat itu dalam kondisi pasca perang saudara. Jadi keadaannya masih rawan dan penuh konflik. Berbekal restu kedua orangtua, Luigi meminggalkan anak serta istrinya yang tidak diperbolehkan ikut.

Pengalaman Luigi disana lebih menyorot masalah kemanusiaan dibadingkan travel alias jalan-jalan. Beberapa diantaranya sangat mengharukan. Seperti bagian 'Anak-anak melahirkan anak-anak'.
Pemandangan yang tak kalah uniknya adalah beberapa diantara kerumunan anak-anak itu, ada anak-anak pantaran 14-16 tahun terlihat reppot sedang menggendong bayi kecil berumur kira-kira 6-9 bulan, yang rabutnya dikuncir 10 ikatan ditiap jumputan rambut ikalnya.
 Cerita punya cerita, ternyata itu bukan adiknya, melainkan bayi mereka sendiri yang bapaknya nggak tahu kemana... halaman 137
Selesai bertugas selama kurang lebih enam tahun di Liberia, Luigi masih belum kapok. Ia mendaftarkan diri lagi untuk menjadi peacekepper di Irak. Tahu sendiri dong, keadaan Irak zaman Saddam Husein dulu gimana. Kadang-kadang ada sedikit cerita Luigi ketika ia kangen dengan istri dan anak-anaknya. Dimana ia bisa bertemu anaknya cuma beberapa kali dalam setahun.

Cerita Luigi sungguh membuat kita bersyukur tinggal di Indonesia, dimana kita bisa hidup dengan damai. Kita punya akta kelahiran, sedang di Liberia? Mungkin mereka malah tidak tahu sama sekali akta kelahiran itu apa.

Ada satu yang kurang aku suka dari buku ini. Testimoni dari teman-teman Luigi terlalu banyak (Bab ondel-ondel dan teman-teman sepermainan). Padahal aku lebih suka membaca pengalaman Luigi ketimbang pendapat teman-temannya tentang dia.

Selasa, 13 Maret 2012

Teaser Tuesday (2)



Teaser Tuesdays is a weekly bookish meme, hosted by MizB of Should Be Reading. Anyone can play along! Just do the following:

• Grab your current read
• Open to a random page
• Share two (2) “teaser” sentences from somewhere on that page
• BE CAREFUL NOT TO INCLUDE SPOILERS! (make sure that what you share doesn’t give too much away! You don’t want to ruin the book for others!)
• Share the title & author, too, so that other TT participants can add the book to their TBR Lists if they like your teasers!

My Teaser :

"Aku akan memberitahu kalian sesuatu tentang cinta sejati. Tidak ada hal ilmiah didalamnya. Cinta sejati sealamiah angkasa."
p. 139 Wither by Lauren DeStefano.

Rabu, 07 Maret 2012

Sunshine Becomes You

Judul : Sunshine Becomes You
Penulis : Ilana Tan
Tahun : 2012
Halaman : 432
Penerbit : Gramedia


Mia terjatuh menimpa Alex Hirano sehingga pianis itu mengalami cedera pada tangan kirinya. Dengan tekad untuk meminta maaf, Mia rela menjadi pesuruh Alex sampai tangannya sembuh. Ray Hirano, adik Alex yang menyukai Mia keberatan jika perempuan itu harus menjadi pesuruh di apartemen kakaknya.

Kopi buatan Mia membuat Alex merasakan sesuatu yang lain, ia telah jatuh cinta pada Mia namun tidak mau mengakuinya. Kedekatan mereka semakin terjalin saat Alex menemukan obat milik Mia di apartemennya dan mencurigai Mia mengidap suatu penyakit...

Pernah baca novel karya Ilana Tan sebelumnya? Aku belum pernah dan novel satu ini langsung membuat aku jatuh cinta sama Ilana Tan! Banyak rekomendasi dari teman-teman kampus maupun sesama blogger yang mengatakan bahwa buku ini bagus. Walaupun tidak sampai membuatku menangis, setidaknya Ilana Tan berhasil menguras emosi pembacanya.

Apa yang istimewa dari novel ini? Sejujurnya, menurutku ide ceritanya biasa saja. Namun Ilana berhasil meramu cerita yang tadinya 'biasa' itu menjadi sesuatu yang menarik. Inti cerita dari novel ini adalah dua kakak beradik yang mencintai satu orang perempuan yang mengidap suatu penyakit. Kalau dipikir-pikir, sudah banyak cerita seperti ini. Kekuatan utama dari novel ini adalah mampu mengajak pembacanya 'jatuh cinta', merasakan 'sakit' dan 'kehilangan' yang dialami oleh tokoh-tokohnya.

Good job buat Ilana Tan! Semakin penasaran untuk membaca novel-novelnya yang lain.

My Book Boyfriend (Alex Hirano)


Welcome to My Book Boyfriend. A new weekly meme, hosted by The Unread Reader, in which we swoon over boys in books!




Sempat kesulitan juga nyari sosok yang tepat untuk dijadikan Alex Hirano, ya udah, berhubung dia keturunan Jepang maka kemungkinan besar matanya sipit. Jadilah Lee Min Ho menjelma menjadi sosok Alex :p
Alex Hirano merupakan tokoh di novel Sunshine Becomes You-Ilana Tan. Dia pianis terkenal yang jatuh cinta setengah mati sama cewek bernama Mia. Iri banget deh sama Mia, dicintai oleh cowok sebaik Alex.

Jumat, 02 Maret 2012

Books in a month (February)

1. Ghostgirl : Rest in Popularity by Tonya Hurley
3 bintang
nb : swap sama @ndari

2. The Phantom of The Opera by Gaston Leroux
2 bintang
nb : swap sama mbak @Fanda_A

3. Mockingjay by Suzanne Collins
4 bintang
nb : dikasih @Anuggrah

4. Khokkiri by Lia Indra A.
3 bintang

5. dan hujan pun berhenti by Farida Susanty
2 bintang
nb : dikasih @Anuggrah

6. The Sisterhood of the Tarveling Pants
5 bintang
nb : Pinjam perpustakaan kota Banjarbaru

7. Gaun-Gaun Kesunyian by Mayoko Aiko
3 bintang
nb : menang kuis

ada beberapa komik Detektif Conan juga, tapi lupa yang mana aja, hehe

Desires Of The Dead (The Body Finder #2)

Judul : Desires of The Dead
Penulis : Kimberly Derting
Halaman : 358
Penerbit : HarperCollins
Tahun : 2011



Kemampuan yang dimiliki Violet membuatnya terjebak dalam masalah lagi. Ketika ia dan Chelsea jalan-jalan, sebuah echo memanggil Violet. Ada keinginan yang kuat dari mayat yang disembunyikan itu untuk ditemukan. Diliputi oleh rasa penasaran, Violet menelpon 911 untuk memberitahukan bahwa ada mayat. Violet melakukan kesalahan dengan menelpon 911, sebab beberapa hari kemudian ia ditemui FBI disekolahnya.

Selain FBI, Violet diteror oleh seseorang yang meletakkan kucing mati didekat mobilnya. Orang itu terus menerus menelponnya dan mengiriminya surat bernada mengancam. Kepindahan dua orang kakak beradik yaitu Mike dan Mega ke sekolahnya membuat Violet curiga. Pasalnya Megan terlihat menyukai Jay. Apakah Megan yang selama ini menerornya?

Desires of the dead merupakan buku kedua dari the body finder. Menceritakan Violet sebagai siswi SMA yang mempunyai kemampuan untuk menemukan mayat dan juga pembunuhnya. Kemampuan Violet hanya diketahui oleh orangtua, paman, dan pacarnya Jay. Dibuku kedua ini Violet dihadapkan pada pilihan antara memberitahukan kemampuannya pada FBI atau menyimpannya rapat-rapat.

Bintang yang aku kasih untuk novel ini cuma 3 karena ceritanya kurang menantang dan agak mudah ditebak. Tapi covernya yang bagus memberi nilai plus. Keromantisan antara Jay dan Violet bikin aku pengen ngelanjutin baca buku ketiganya yaitu Last Echo. Semoga aja bisa nemu bukunya dengan harga murah. Pst, buku ini aku beli cuma 29ribu lo..