Kamis, 23 Februari 2012

The Sisterhood of The Traveling Pants

Judul : The Sisterhood of The Traveling Pants (Celana Persaudaraan)
Penulis : Ann Brashares
Halaman : 320
Tahun : 2004
Penerbit : Gramedia


Pernah pergi ke toko barang bekas dan menemukan sesuatu yang menarik? Ketika itu Carmen pergi ke toko pakaian bekas di pinggiran kota Georgetown untuk menemani Lena dan Effie untuk membeli baju prom. Disana Carmen menemukan sebuah celana jins yang sama sekali tidak menarik, bahkan ia sendiri tidak tahu apakah akan memakainya atau tidak. Tapi daripada tidak membeli apa-apa maka Carmen membawa pulang si celana jins tersebut.

Kenapa celana ini begitu berarti bagi keempat sahabat ini? Celana yang tidak sengaja ditemukan Carmen ditumpukan toko pakaian bekas ini ternyata muat dipakai oleh mereka berempat! Padahal ukuran tubuh mereka berbeda jauh. Misalnya Tibby memiliki badan yang kurus, sedangkan Carmen berbadan agak berisi.

Persahabatan Carmen, Bridget, Lena dan Tibby merupakan 'warisan' dari ibu-ibu mereka. Sayangnya, ibu-ibu mereka sekarang sudah tidak terlalu lengket lagi dan menganggap persahabatan hanya membuang-buang waktu. 

Saat musim panas, keempat sahabat ini mengadakan semacam ritual tahunan saat musim panas disebuah tempat yang dulunya merupakan tempat ibu mereka melakukan gym semasa hamil. Musim panas kali ini mereka akan berpisah. Lena pergi ke Yunani mengunjungi kakek dan neneknya, Carmen pergi ke rumah ayahnya, Bridget mengikuti sebuah camp untuk sepakbola. Hanya Tibby yang tidak kemana-mana, ia akan bekerja disebuah supermarket untuk menghabiskan musim panasnya.

Saat liburan nanti, mereka berjanji akan memakai celana persaudaraan secara bergantian. Setiap orang akan mendapat jatah waktu selama seminggu untuk memakainya kemudian mengirimkannya kepada teman yang lain dan menunggu keajaiban yang diciptakan oleh si celana. Terdengar sangat menarik, kan?

Pengalaman yang mereka dapat ditengah-tengah liburan musim panas kali ini berbeda-beda dan sangat berkesan bahkan ada yang mengharukan. 5 bintang aku kasih ke celana ajaib ini :) Btw, buku ini sudah diangkat menjadi sebuah film lo, filmnya pun sama bagusnya dengan bukunya.


Selasa, 21 Februari 2012

Wishlist Wednesday (1)





Wishlist Wednesday is a book blog hop where we will post about one book per week that has been on our wishlist for some time, or just added (it's entirely up to you), that we can't wait to get off the wishlist and onto our wonderful shelves.

So what do you need to do to join in?
  • Follow Pen to Paper as host of the meme.
  • Please consider adding the blog hop button to your blog somewhere, so others can find it easily and join in too! Help spread the word! The code will be at the bottom of the post under the linky.
  • Pick a book from your wishlist that you are dying to get to put on your shelves.
  • Do a post telling your readers about the book and why it's on your wishlist.
  • Add your blog to the linky at the bottom of this post.
  • Put a link back to pen to paper (http://pentopaper.blogspot.com) somewhere in your post.
  • Visit the other blogs and enjoy!
Remember When by Winna Effendi


Sinopsis Goodreads :

Apa pun yang kau katakan, bagaimanapun kau menolaknya, cinta akan tetap berada di sana, menunggumu mengakui keberadaannya. 
Bagi kita, senja selalu sempurna; bukankah sia-sia jika menggenapkan warnanya? Seperti kisahmu, kau dan dia, juga kisahku, aku dan lelakiku. Tak ada bagian yang perlu kita ubah. Tak ada sela yang harus kita isi. Bukankah takdir kita sudah jelas? 
Lalu, saat kau berkata, "Aku mencintaimu", aku merasa senja tak lagi membawa cerita bahagia. Mungkinkah kata-katamu itu ambigu? Atau, aku saja yang menganggapnya terlalu saru? 
"Aku mencintaimu," katamu. Mengertikah kau apa artinya? Mengertikah kau kalau kita tak pernah bisa berada dalam cerita yang sama, dengan senja yang sewarna? 
Takdir kita sudah jelas. Kau, aku, tahu itu

Buku ini cukup lama mendekam di rak "wishlist" ku di GR. Sempat juga beberapa kali megang buku ini di toko buku tapi entah kenapa gak pernah sampai aku bawa ke meja kasir :p *nunggu ada yang ngasih mungkin Lol. Winna Effendi merupakan salah satu penulis muda Indonesia yang karya-karyanya cukup disukai. Novel terbaru yang ia tulis berjudul Unforgettable (kalo nggak salah). Pokoknya pengen banget baca novel yang satu ini untuk mengingatkan pada kisah cinta masa SMA :p

My Book Boyfriend (Kostos Dounas)





Welcome to My Book Boyfriend. A new weekly meme, hosted by The Unread Reader, in which we swoon over boys in books!


Kostos Dounas adalah tokoh dari novel Sisterhood of the traveling pants yang sedang aku baca. Dia adalah cowok Yunani (terdengar eksotis? :p) yang diam-diam jatuh cinta pada Lena. Orangnya pendiam dan bekerja sebagai pandai besi. Gambar yang aku pakai diatas adalah sosok Kostos versi filmnya :)
Siapa yang nolak kalo kencan sama cowok Yunani? :P

Senin, 20 Februari 2012

Teaser Tuesday (1)



Teaser Tuesdays is a weekly bookish meme, hosted by MizB of Should Be Reading. Anyone can play along! Just do the following:

• Grab your current read
• Open to a random page
• Share two (2) “teaser” sentences from somewhere on that page
• BE CAREFUL NOT TO INCLUDE SPOILERS! (make sure that what you share doesn’t give too much away! You don’t want to ruin the book for others!)
• Share the title & author, too, so that other TT participants can add the book to their TBR Lists if they like your teasers!




My Teaser

"Sekarang dia punya kesempatan untuk mewujudkan impiannya dan aku benar-benar ingin dia menikmatinya"
 p. 140 The Sisterhood of the traveling pants by Ann Brashares 


Minggu, 19 Februari 2012

dan hujan pun berhenti...

Judul : dan hujan pun berhenti...
Penulis : Farida Susanty
Tahun : 2011
Penerbit : Grasindo
Halaman : 320



Dari sampulnya yang berwarna hitam bisa ditebak bahwa isinya pun akan 'kelam'. Sebenarnya aku ingin sekali menyukai buku ini. Tetapi ceritanya entah kenapa kurang cocok dihati :p. Bermula ketika seorang cowok bernama Leo yang hidupnya lumayan tragis. Leo ini bisa dibilang anak yang terbuang dari keluarganya. Ayahnya merupakan pengusaha sukses yang suka main perempuan. Ibunya sering melampiaskan perasaan kesepiannya pada laki-laki lain. Tidak jarang Leo dipukuli dan dimaki-maki oleh ayahnya.

Perlakuan semena-mena dari orangtuanya membuat Leo pindah dari rumah. Ia tinggal disebuah apartemen sederhana dengan biaya dari kakaknya. Hidup Leo sangat pas-pasan, untungnya ia masih mempunyai sebuah mobil yang kadang bensinnya pun habis. Seperti anak SMA pada umumnya, Leo mempunyai 'teman'  yang sebenarnya tidak pernah dianggap Leo sebagai temannya. Kebandelan khas SMA sering ia lakukan dengan keempat temannya yang selalu membelanya itu.

Luka yang disimpan Leo tidak hanya mengenai keluarganya yang berantakan. Kematian Iris, orang yang disayanginya membuat Leo sangat kehilangan. Bagaimana tidak, Irislah astu-satunya orang yang mau menerima Leo.

Kehadiran Spiza dalam hidup Leo memberikan semangat baru bagi Leo. Rasa penasaran Leo terhadap Spiza yang mirip dengan Iris tidak mampu ia kendalikan. Leo menganggap Spiza merupakan reinkarnasi Iris setelah ia meninggal.

Aku cuma ngasih 2 bintang buat buku ini. Kurang suka sama tokohnya yang kayaknya gelaaap banget. Memang sih, jalan ceritanya sengaja dibuat seperti itu karena yang diangkat memang kenakalan remaja karena kurangnya kasih sayang orangtua. Banyaknya kata-kata yang dicapslock membuat emosi kadang ikut turun naik, namun lumayan mengganggu juga karena bikin mata jadi capek.

Novel ini lumayan banyak yang suka dan melejitkan nama Farida Susanty sebagai penulis. Pesan yang ingin disampaikan Farida dibuku ini juga lumayan mengena. Apalagi novel ini ia tulis sewaktu masih SMA. Salut deh :)

Rabu, 15 Februari 2012

Khokkiri

Judul : Khokkiri
Penulis : Lia Indra Andriana
Halaman : 308
Penerbit : Haru
Tahun : 2011



Becca, gadis pendiam yang menjalani kehidupannya senormal mungkin. Ia bekerja disebuah perusahaan advertising. Di perusahaan itu Becca bertemu Adriel Jo, cowok Korea yang mempunyai dua kewarganegaraan. Hubungan mereka bermula ketika Adriel suka mengomentari jurnal yang Becca tulis diblognya.

Della, hidupnya termasuk mapan. Ia tinggal di apartemen mewah dan bekerja sebagai penerjemah bahasa Korea. Kemampuannya memahami istilah-istilah medis membuatnya sering diundang untuk membantu menjadi penerjemah saat seminar-seminar internasional. Saat itulah ia bertemu dengan Richard, seorang dokter gigi muda.

Lucie, menyukai kehidupan bebas. Keinginannya adalah menjalani kehidupan malam dan bertemu dengan pria yang mau menghabiskan malam dengannya. Lucie menyimpan rasa benci kepada ayahnya, penyebab dendam Lucie kepada ayahnya baru diketahui setelah novel ini hampir berakhir.

Mereka bertiga memiliki kehidupan yang berbeda, namun bagaimana bila ketiga orang itu ditemukan dalam satu tubuh? Bagaimana jika ternyata mereka tidak hanya bertiga? Alter mana sebenarnya yang menguasai tubuh perempuan itu? Siapa yang akhirnya akan dipilih, Adriel atau Richard?

Khokkiri merupakan arti dari kata 'gajah' dalam bahasa Korea. Novel ini merupakan perpaduan dari abnormalitas dalam psikologi dan drama Korea. Maka tidak heran jika banyak lokasi maupun istilah dalam bahasa Korea yang ditemukan. Lalu, kenapa diberi judul 'gajah'? Karena menurut penulis, gajah merupakan hewan yang ingatannya paling kuat. Gajah selalu ingat. Masih belum paham apa hubungannya? Baca saja bukunya :p

Berhubung aku kuliah psikologi, jadi menurut aku novel ini sangat menarik. Walaupun Lia lebih menghubungkan profesi psikiater daripada psikolog. Kelainan yang dialami tokoh dinovel ini memang bisa kita temukan didunia nyata walaupun sangat langka dan banyak orang yang meragukan kebenarannya.

Selasa, 14 Februari 2012

Mockingjay

Judul : Mockingjay
Penulis : Suzanne Collins
Penerbit : Gramedia
Tahun : 2012
Halaman : 423



*Warning Spoiler buat yang belum baca Hunger Games dan Catching Fire*

Distrik 13 ternyata benar-benar masih ada. Disanalah muncul gerakan pemberontakan yang berusaha melawan Capitol. Distrik 13 memang sudah lenyap dipermukaan, namun mereka diam-diam membangun kota bawah tanah. Setelah Quarter Quell selesai, Katniss dibawa ke distrik 13 untuk dijadikan Mockingjay simbol pemberontakan.

Ketidakhadiran Peeta didistrik 13 membuat Katniss merasakan kehilangan. Peeta ditahan di Capitol dan tidak diketahui bagaimana nasibnya. Ketika Peeta tampil didalam sebuah wawancara yang disiarkan televisi, Peeta memperingatkan Katniss bahwa besok pagi, Katniss akan tewas.

Ketika Peeta berhasil diselamatkan dan dibawa ke distrik 13, otaknya sudah dicuci oleh Capitol. Ia tidak lagi mengingat Katniss, pertemuan pertama mereka didistrik 13 hampir membuat Katniss tewas. Kita tidak akan menemukan kisah cinta yang indah antara Katniss dan Peeta disini. Katniss dan Peeta hampir seperti orang yang saling membenci satu sama lain.

Mockingjay tetap menegangkan seperti dua buku sebelumnya. Buku terakhir ini menurutku menyajikan lebih banyak ketegangan dan korban pemberontakan juga semakin banyak. Ada orang-orang terdekat Katniss yang mati (sempat nggak rela waktu 'cowok itu' ikutan mati pas diserang oleh mutt-mutt Capitol). Sebenarnya pengen ngasih 5 bintang, tapi typo dibuku ini lumayan banyak dan agak mengganggu. Jadi, aku turunkan 1 bintang :)

Minggu, 05 Februari 2012

The Phantom of The Opera

Judul : The Phantom of The Opera
Penulis : Gaston Leroux
Halaman : 376
Penerbit : Gramedia
Tahun : 2011


The Phantom of the opera merupakan salah satu novel klasik paling terkenal dan pernah diangkat kebeberapa layar lebar serta pementasan opera. Beberapa hari yang lalu aku juga sempat melihat dikoran bahwa pementasan opera ini akan diadakan di Jakarta. Sewaktu aku mencari film the phantom of the opera di youtube, ternyata disana ada filmnya yang berdurasi sekitar dua jam dan dibuat pada tahun 1920an. Pengen nonton, tapi rada takut juga sih soalnya film jadul biasanya lebih kerasa horornya :p

Walaupun aku cuma memberi dua bintang untuk novel ini, namun aku sangat menikmati kemisteriusan si hantu. Novel klasik yang berbalut kisah percintaan ini menceritakan Erik si hantu yang mencintai Christine Daae, seorang penyanyi di Opera. Cinta segitiga terjalin antara Erik, Christine, dan Roul. Sebenarnya Christine dan Roul saling mencintai, tetapi perbedaan strata sosial menghalangi keduanya. Christine yang malang harus memilih antara Erik si hantu ataukah Roul.

Novel ini diceritakan dari sudut pandang Gaston Leroux sendiri sebagai tokoh 'Aku'. Dikata pengantarnya sebagai penulis, Leroux memaparkan keinginannya yang sangat besar untuk mencari tahu tentang Erik. Bukti berupa surat-surat dan mayat Erik yang ditemukan semakin menguatkan Leroux untuk menulis the phantom. 

Apa yang membuat aku hanya memberikan dua bintang? Aku sendiri membutuhkan waktu yang lama, sekitar lima hari untuk menyelesaikan buku ini. Itu pun sempat menyerah karena gaya bahasa yang digunakan membuat mengantuk. Tetapi kalau sudah membaca satu buku dan tidak menyelesaikannya, rasanya ada sedikit rasa bersalah. Makanya aku sedikit 'memaksakan' diri untuk melihat akhir kisah cinta Erik dan Christine :)

Cover edisi tahun 1920

Kamis, 02 Februari 2012

Ghostgirl : Rest in popularity

Judul : Ghostgirl: Rest In Popularity
Penulis : Tonya Hurley
Halaman : 402
Penerbit : Atria
Tahun : 2009



Siapapun yang takut atau tidak suka dengan kisah-kisah hantu (seperti aku) tidak perlu khawatir saat membaca Ghostgirl. Karena Charlotte Usher sama sekali bukan hantu yang mengerikan. Ia hanyalah seorang siswi SMA yang meninggal karena tersedak permen berbentuk beruang. Satu-satunya keinginan Charlotte dihidupnya dan juga kematiannya adalah bisa berkencan dengan Damen Dylan. Cowok populer, tampan, tapi tidak terlalu pintar.

Dengan misi menjadi cewek populer, Charlotte ingin tetap melanjutkan kehidupannya walaupun ia sudah mati. Maka ketika Scarlet, adik Petula, bisa melihat Charlotte yang sudah mati, Charlotte senang bukan main! Ia mengajak Scarlet bertukar tempat dengannya agar ia bisa mendekati Damen.

Tentu saja semua rencana Charrlotte tidak berjalan mulus. Halangan ia dapat dari seorang hantu bernama Prue yang menentang keinginan Charlotte. Petula juga tidak tinggal diam melihat Scarlet tiba-tiba menjadi terkenal dan merebut Damen darinya.

Ghostgirl merupakan kisah hantu disekolah yang dikemas dengan cara yang unik. Bukannya menakut-nakuti,  hantu Charlotte malah terlihat lucu dan konyol. Kegigihan Charlotte untuk memenuhi mimpi-mimpinya tidak hanya bertahan sampai akhir kehidupannya, namun juga setelah dia meninggal. Sampai suatu saat, Charlotte menyadari bahwa waktunya memang sudah habis...

Menurutku, Charlotte terlalu sibuk dengan usahanya menjadi populer. Padahal ia sendiri bisa menjadi terkenal hanya dengan cara menjadi dirinya sendiri. Kita tidak perlu meninggal dulu kan untuk menyadari bahwa kita memang istimewa? :)