Senin, 30 Januari 2012

Books in a MONTH (January)



Roald Dahl - Charlie and the great glass elevator
3/5 stars
nb : name in a book challenge #1

Moemoe Rizal - JUMP
2/5 stars
nb : buntelan dari remaja.suaramerdeka.com

Lauren Oliver - Before I Fall
4/5 stars
nb : Buku bahasa Inggris #1

Jackson Pearce - Sweetly
4/5 stars
nb : Hadiah dari secret santa

Primadonna Angela - Quarter Life Dilemma
3/5 stars
nb : buntelan, ada ttd penulis

Gayle Forman - If I Stay
4/5 stars

Gayle Forman - Where She Went
4/5 stars

Yoshici Shimada - Saga no gabai bachan
3/5 stars

Aoyama Gosho - Detektif Conan bol 65
3/5 stars

Lindsay Eland - Scones and Sensibility
2.5/5 stars
nb : hasil swap sama mbak @f3r1n4

Adhitya Mulya, dkk - Travelers' Tale
3/5 stars
nb : hasil swap sama mbak @destinugrainy

Sweetly (Hadiah dari Secret Santa)

Judul : Sweetly
Penulis : Jackson Pearce
Halaman : 401
Penerbit : Atria
Tahun : 2011



Pertama, aku mau ngucapin terimakasih dulu buat secret santa ku @melody_violine yang sudah ngasih buku ini. Oh ya, Melody merupakan penerjemah dari buku ini loo :)

Di halaman pembuka, aku disambut oleh suasana hutan dan penyihir. Saat itu Gretchen, saudari kembarnya, dan juga Ansel masih anak-anak. Mereka berpetualang disebuah hutan dekat rumah untuk mencari penyihir. Dihutan itu saudari kembar Gretchen menghilang, sedangkan Gretchen dan abangnya selamat.  Selama bertahun-tahun, Gretchen diliputi rasa bersalah. Ia bertanya-tanya kenapa saudarinya yang hilang, kenapa bukan dirinya saja? Gretchen meyakini, saudari kembarnya-yang namanya tidak boleh disebut- diculik oleh penyihir.

Beberapa tahun setelah kejadian itu, Gretchen dan Ansel memutuskan untuk pergi dari kampung halamannya karena tidak ingin tinggal dengan ibu tirinya. Karena mobil mereka mogok diitengah jalan, mereka menginap di rumah seorang penduduk bernama Sophia Kelly yang juga pemilik toko cokelat.

Ansel jatuh cinta kepada Sophia. Gretchen belum pernah melihat abangnya jatuh cinta kepada perempuan, terlebih lagi Sophia memang perempuan yang menyenangkan. Maka ia mau saja ketika Sophia meminta mereka berdua tinggal lebih lama ditempat itu.

Tidak semua orang menyukai Sophia Kelly, banyak penduduk Live Oak yang membencinya. Festival cokelat yang digelarnya setiap tahun membuat perempuan-perempuan muda di kota kecil itu menghilang. Termasuk Layla, gadis yang dicintai oleh Samuel. Kepada Samuel, Gretchen belajar menembak untuk berjaga-jaga apabila penyihir benar-benar datang di festival cokelat tersebut.

Rasa penasaran akan siapa Sophia Kelly sebenarnya membuatku cepat-cepat menyelesaikan buku ini. Banyak rahasia yang tersimpan dalam Sweetly, karena memang tak semua hal semanis kelihatannya. 4 bintang buat Sweetly dan juga Melody yang berhasil menerjemahkan buku ini dengan baik!

oh ya, Secret Santa ini diadakan oleh #BBI, jadi yang ikutan bakal ngirim buku ke seseorang sesuai wishlist dia. Aku sempat kelewatan acara ini, untungnya masih ada teman-teman BBI yang mau ikutan juga, jadi aku bisa ikut :)

Minggu, 29 Januari 2012

Scones and Sensibility

Judul : Scones and Sensibility
Penulis : Lindsay Eland
Halaman : 298
Penerbit : Atria
Tahun : 2011


Dibawah sana, kakakku mengaduk adonan kata-kata umpatan yang membuatku merona. Itu jelas bukan perilaku perempuan baik-baik, tapi kakakku adalah gadis enam belas tahun yang modern, sementara aku, seperti yang sering dinyatakan orangtuaku, telah menjadi 'gadis abad sembilan belas berusia dua belas tahun yang terperangkap diabad dua puluh'. - hal 3

Polly bukanlah tokoh dari sebuah buku klasik. Ia adalah gadis cilik yang hidup di abad dua puluh. Namun ia suka memakai kata-kata yang berbunga-bunga (baca : lebay). 'Kamu adalah buku yang kamu baca' menurutku kata-kata ini sangat tepat ditujukkan untuk Polly. Polly yang begitu memuja Elizabeth Bennet di Pride and Prejudice serta Anne di Anne of Green Gables rupanya sangat terpengaruh dengan tokoh dibuku tersebut.

Bagi Polly, orang-orang disekitarnya harus jatuh cinta dengan orang yang Polly inginkan. Karena ia bermimpi untuk dapat membantu orang-orang menemukan cinta sejatinya dengan jalan dijodohkan. Selama musim panas, Polly mendapat tugas untuk mengantarkan roti-roti dari toko milik orangtuanya kepada pelanggan. Sambil memakai sepeda dan topi berpitanya, Polly mencari siapa yang membutuhkan pertolongannya.

Untungnya aku nggak punya adik, teman, atau tetangga seperti Polly. Polly menganggap dirinya paling mengerti tentang cinta hanya karena ia membaca buku-buku romantis dan menginginkan kehidupan dibuku sama persis dengan kehidupannya. Mungkin maksudnya memang baik, tetapi cara Polly malah mengacaukan semuanya!

"Yah Polly mungil. Aku tidak ragu kau menginginkan yang terbaik untuk kami semua. Tapi cinta bukan buku, iya kan?"- hal 275

Mengingat ending dari buku ini yang cukup manis, aku kasih 2,5 bintang deh!

Saga no Gabai Bachan

Judul : Saga no Gabai Bachan (Nenek hebat dari Saga)
Penulis : Yoshichi Shimada
Halaman : 245
Penerbit : Mahda Books
Tahun : 2011


Setelah beberapa lama buku ini berada diwishlistku, akhirnya ketemu juga pas ngubek-ngubek toko buku. Novel yang berasal dari Jepang ini menceritakan tentang Akihiro, seorang anak yang tinggal di Hiroshima pada masa perang dunia II. Karena ayahnya meninggal akibat radiasi nuklir, maka Akihiro dititipkan secara 'paksa' kepada nenek Osano yang tinggal di Saga.


Tujuan Akihiro dititipkan kepada nenek Osano adalah agar ia bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik di Saga. Namun yang dilihat Akihiro kecil adalah sebaliknya, kehidupannya yang miskin menjadi semakin miskin saat bersama nenek Osano. Namun nenek itu tidak pernah mengeluh dan mengajarkan Akihiro untuk bersyukkur atas kemiskinannya.

Hiduplah miskin mulai dari sekarang! Bila sudah kaya, kita jadi berpelesir, jadi makan sushi, jadi menjahit kimono. Hidup jadi kelewat sibuk.
Untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, nenek Osano bekerja sebagai petugas kebersihan di Universitas Saga. Sesekali ia pergi ke 'supermarket' untuk mengambil bahan-bahan yang ia perlukan. Supermarket itu sebenarnya adalah sungai yang dipasangi penjerat oleh nenek Osano.

Di cover buku ini, kita bisa melihat nenek osano yang memasang magnet di belakang badannya. Ini juga salah satu trik jitu nenek Osano untuk memperoleh uang. Saat ia berjalan, maka paku-paku ataupun logam, besi akan menempel di magnet itu. Kemudian nenek Osano akan menjualnya di pasar.

Nenek Osano merupakan sosok perempuan Jepang dimasa lalu yang luar biasa. Cara ia memandang kehidupan terkadang membuat kita tidak habis pikir. Ia selalu punya ide cemerlang untuk menghadapi kemiskinan. Nenek Osano memang miskin harta, tetapi ia kaya akal dan hati!


Membaca buku ini, mengingatkanku sedikit pada Totto-Chan, gadis cilik di jendela karena sama-sama bersetting di Jepang dan waktunya pasca perang dunia II. Saga no gabai bachan juga dibuat manga, dan juga film, lho!

versi manga
Versi Film

Rabu, 25 Januari 2012

Travelers' Tale (Belok Kanan : Barcelona!)

Judul : Travelers' Tale (Belok Kanan : Barcelona!)
Penulis : Adhitya Mulya; Alaya Setya; Imam Hidajat; Ninit Yunita
Halaman : x + 230
Tahun : 2008
Penerbit : Gagas Media



From Goodreads

Keempat orang bersahabat dari kecil. Di masa SMA mereka mulai saling jatuh cinta tanpa pernah tersampaikan. Retno dua kali menolak Francis padahal sebenarnya Farah memendam cinta pada pria itu. Menambah masalah jadi pelik, Jusuf juga sebenarnya menyayangi Farah. 


Mereka tumbuh besar dan bekerja di negara berbeda. Masalah dimulai ketika Francis mengirimkan undangan kepada tiga sahabatnya bahwa dia akan menikah dengan gadis Spanyol di Barcelona. Masing-masing pergi menuju Barcelona meski dengan budget terbatas dari penjuru yang berbeda dengan misi tersendiri. Mencari jawaban untuk pertanyaan masing-masing.

Dari sekian banyak buku traveling yang bermunculan, buku yang satu ini lumayan kocak untuk dibaca. Dari halaman pertama, aku sudah merasakan bahwa buku ini mampu membuat pembacanya merasa nyaman. Dengan empat orang penulis, sepertinya mereka tidak menemukan kesulitan untuk 'menyatukan' gaya penceritaan yang pastinya berbeda-beda pada setiap orang. Membaca buku ini mengingatkan aku sama buku Negeri Van Oranje, karena penulisnya sama-sama empat orang, tapi aku lebih sreg sama buku travelers' tale ini.

Keempat orang sahabat yang sudah berteman sejak SD ini, setelah dewasa masing-masing bekerja di negara yang berlainan. Jusuf bekerja di Afrika, Farah di Vietnam, Francis di Amerika Serikat, dan Retno di Denmark. Cinta segiempat yang mereka alami, menjadikan Jusuf, Farah, dan Retno pergi ke Barcelona untuk menghadiri pernikahan Francis. Farah mempunyai misi untuk menghentikan pernikahan itu, Jusuf ingin mencegah Farah menghentikan pernikahan Francis, Retno yang sebenarnya juga memendam rasa kepada Francis penasaran dengan Inez, perempuan Spanyol yang akan dinikahi Francis.

Sebuah kisah cinta yang complicated sebenarnya, namun endingnya malah nggak sesuai perkiraan aku sebelumnya. Mengenai cover, aku kurang suka. Karena terkesan 'dingin' dan tidak menarik :( 3 bintang buat buku ini.

Selasa, 24 Januari 2012

Where She Went

Judul : Where She Went
Penulis : Gayle Forman
Halaman : 240
Penerbit : Gramedia
Tahun : 2011


*warning spoiler bagi yang belum baca buku #1 If I Stay*


Jika ada yang bertanya, apakah yang mempertemukan Mia dan Adam? Maka musik adalah jawabannya. Perbedaan genre musik yang disukai keduanya tidak menghalangi berseminya cinta diantara mereka. Bagi Mia, musik klasik sudah menjadi bagian dari kehidupannya. Banyak yang tidak menyangka pasangan musisi ini akan bersama, karena sulit membayangkan bahwa musisi klasik akan berpacaran dengan musisi rock.

Dibuku pertamanya, yaitu If I Stay, Mia mengalami kecelakaan dan kehilangan tiga anggota keluarganya. Hanya Mia yang selamat dalam kecelakaan maut itu. Setelah mengalami koma yang lumayan panjang, Mia kembali tersadar. Seluruh keluarga Mia, sahabatnya Kim, dan juga Adam mengkhawatirkan kondisi Mia pasca kecelakaan. Namun, Mia kembali menemukan hidupnya dalam musik klasik yang menjadi penyembuh bagi kondisi psikologisnya.

Tidak ada yang bisa dilakukan Adam ketika Mia pergi untuk melanjutkan sekolah musiknya di Juilliard, New York. Tanpa pemutusan hubungan, Mia pergi begitu saja dari kehidupan Adam. Rupanya kepergian Mia menjadi pukulan telak bagi Adam. Patah hati yang dirasakan Adam digambarkan dengan penuh emosional oleh Gayle Forman.

Namun bukan musisi namanya jika tidak mencurahkan perasaannya kedalam lagu. Disela-sela keterpurukannya, Adam berhasil menuliskan banyak lagu untuk mengenang Mia. Lagu itu berhasil masuk dapur rekaman dan membuat Adam beserta Shooting Star melejit. Adam kini terkenal, banyak perempuan yang mendekatinya. Termasuk Bryn, bintang film cantik yang kini menjadi kekasihnya.

Satu malam sebelum keberangkatannya untuk tur selama 67 hari, Adam melihat sebuah poster konser yang menampilkan sosok Mia Hall. Dengan segenap keberaniannya, Adam membeli karcis dan menonton pertunjukkan cello yang dilakukan Mia. Seusai konser, seorang petugas memanggil Adam untuk kebelakang panggung. Disitulah ia bisa melihat kembali Mia secara dekat setelah tiga tahun berlalu.

Berbeda dengan If I Stay, kali ini Gayle Forman memberikan sudut pandang penceritaan kepada Adam. Rasa cinta Adam yang sangat besar kepada Mia tergambar jelas disini. Alur yang disajikan maju-mundur. Sesekali Adam mengingat masa lalunya saat bersama Mia dan setelah kepergian Mia. Tak heran banyak pembaca terutama perempuan yang menyukai Adam.

Tak perlu khawatir jika takut akan menemukan kisah cinta yang klise antara Mia dan Adam. Karena Where She Went dikemas dengan begitu baik sehingga pembaca akan penasaran dengan setiap rahasia-rahasia perasaan yang terjalin antara Mia dan Adam.

Where She Went  merupakan buku pemenang 'Best Young Adult Fiction' tahun 2011 pilihan pembaca Goodreads. Sekitar 4200 pembaca merekomendasikan buku ini. Buku pertamanya (If I Stay) sudah diterbitkan di 30 negara. Gayle Forman memang seorang penulis yang menyukai YA walaupun ia sendiri sudah mempunyai anak. Jadi, buku ini bisa saja dinikmati oleh mereka yang mungkin sudah tidak lagi remaja.

Tertarik untuk mengetahui perjalanan kisah cinta Mia dan Adam? Apakah takdir akan mempersatukan mereka kembali? Silahkan baca buku ini, dan siapkan tisu yang banyak ya karena kisahnya akan sangat mengharukan! :)

Benci aku. Hancurkan aku. Lenyapkan aku. Bangkitkan aku. Bangkitkan aku. Maukah kau, maukah kaubangkitkan aku. - Halaman 231.

Senin, 23 Januari 2012

3rd Giveaway : Win a Secret Book!


Halloo... Dear Readers akan bagi-bagi buku lagi nih. Tetapi, sesuai judulnya maka buku yang akan jadi hadiah di giveaway ini : Rahasia! *wink

yang ngumpulin entry, tapi tidak benar2 melakukan apa yg disuruh, dianggap gugur yaa ^^


Minggu, 22 Januari 2012

If I Stay

Judul : If I Stay
Penulis : Gayle Forman
Halaman : 199
Tahun : 2011
Penerbit : Gramedia



Sekarang ngerti deh kenapa banyak banget yang suka sama Adam. Pas pertama kali Adam muncul di If I Stay, aku sudah suka juga sama dia. Adam bukan cowok populer yang biasa jadi tokoh utama di novel-novel remaja. Ia cuma cowok biasa yang bermain band disebuah band lokal. Adam dipertemukan dengan Mia karena mereka sama-sama mencintai musik.

Kecelakaan yang dialami Mia membuat ia mengalami koma. Jiwa dan tubuh Mia tiba-tiba terpisah. Mia tidak bisa melakukan apa pun. Ia tidak punya kekuatan supernatural, ia layaknya roh yang hanya bisa memandang tubuhnya yang terbaring diatas ranjang rumah sakit. 

Sebagai roh yang kebingungan, sesekali Mia merenungkan kembali kehidupan yang sudah pernah ia alami. Percintaannya dengan Adam yang berjalan normal namun sebenarnya sempat membuat Mia kalut. Mia takut ia dan Adam akan berpisah jika Mia melanjutkan karier musiknya di New York selepas masa SMA. Hati Mia juga hancur ketika ia mengingat Teddy, adiknya yang sudah menjadi separuh anak baginya.

Cover-cover cantik lainnya >.<




    




Hiks, sediiihhhh banget ceritanya. Mia disatu sisi bikin iri karena dia punya pacar, keluarga dan teman-teman yang sangat menyayanginya. Disisi lain Mia juga kasihan, karena kecelakaan yang dialaminya itu. Sayangnya akhiran dari novel ini menggantung, maka untuk menuntaskan rasa penasaran, sekarang aku mau ngelanjutin baca Where She Went ah, lanjutan dari if i stay. Semoga hubungan Mia dan Adam masih berlanjut!

Jumat, 20 Januari 2012

Quarter Life Dilemma

Judul : Quarter LIfe Dilemma
Penulis : Primadonna Angela
Halaman : 320
Penerbit : Gramedia
Tahun : 2007



PIlihan-pilihan dalam hidup terkadang memang sangat membingungkan. Dilema inilah yang dihadapi oleh Ine Puspitasari. Sebagai perempuan yang telah berusia 26 tahun dan mempunyai pekerjaan yang mapan, Ine bisa dibilang telah mempunyai kehidupan yang sempurna. Namun wajahnya yang cantik serta karirnya yang melejit tidak membuat Ine menemukan apa itu kebahagiaan. Ia malah sering iri dengan Belinda, sahabatnya yang sekarang sedang mengandung.

Kebawelan Belinda sering membuat Ine kewalahan. Apalagi jika Belinda sudah mengeluarkan emotional blacklist, Ine pasti tidak kuasa untuk menolak permintaan sahabatnya itu. Selain Belinda, ada lagi yang membuat Ine shock. Mantan pacarnya akan menikah dengan teman sekantor Ine. Dan keduanya sama-sama cowok!

Banyak yang mengira QLD merupakan sekuel dari Quarter Life Fear. Tetapi Mbak Donna sendiri mengatakan buku ini bisa saja dibaca secara terpisah(tidak harus baca buku pertamanya dulu). Aku sendiri belum pernah membaca QLF, dan tetap bisa mengikuti jalan cerita di QLD.

Menurutku, buku yang satu ini lumayan lucu. Tetapi kadang Ine suka ngelantur kemana-mana, jadi ceritanya kadang jadi nggak fokus. Kalau lagi pengen baca buku yang kocak namun tetap berisi, quarter life dilemma bisa jadi pilihan yang tepat. Aku sendiri nggak sadar sewaktu baca buku ini, tahu-tahu sudah selesai aja :D. 3 bintang lah aku kasih buat Ine yang suka berkhayal :p

Selasa, 17 Januari 2012

JUMP

Judul : JUMP
Penulis : Moemoe Rizal
Halaman : vi + 374
Tahun : 2011
Penerbit : Gagas Media



Cheerleader adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan Kiera. Apapun akan ia lakukan asalkan ekstrakurikuler kesayangannya itu bisa ikut ICC, sebuah lomba bergengsi antar cheerleader di Indonesia. Sebagai anak kelas 3 SMA, ia sebenarnya sudah tidak diperbolehkan lagi mengikuti ekstrakurikuler apapun maka jabatan cheerleader diserahkan kepada Hers. Saat penyerahan jabatan, Kiera bersin. Disitulah kesialan demi kesialan dimulai. 'Kutukan' bersin saat penyerahan jabatan ketua cheers ternyata benar-benar terjadi.

Kiera digambarkan sebagai cewek ambisius yang sangat sombong. Pokoknya dari halaman awal sampai akhir, aku masih sebel sama dia. Semua yang ada dipikiran Kiera hanyalah cheerleader. Gaya ngomongnya juga sok inggris -___-. Mengejutkan memang sewaktu tahu yang nulis novel ini cowok. Soalnya agak kaget aja waktu tahu ada cowok yang tertarik untuk menulis tentang cheerleader :)

Konflik-konflik yang ditampilkan lumayan banyak. Tapi mudah ditebak akhirannya bagaimana. Jadi unsur kejutannya agak kurang mengena. Dua bintang aku kasih buat buku ini. Soalnya penggambaran tokohnya agak lebay dan sinetron banget!

Sabtu, 14 Januari 2012

Charlie and the great glass elevator

Judul : Charlie and the great glass elevator
Penulis : Roald Dahl
Halaman : 200
Tahun : 2010
Penerbit : Gramedia


Willy Wonka kembali lagi! Kali ini ia mengajak Charlie pergi keluar angkasa bersama elevator kacanya yang luar biasa. Tetapi, bukan Mr. Wonka namanya jika tidak berhasil membuat sesuatu yang menghebohkan. Bahkan presiden Amerika pun dibuatnya kelabakan. Selain elevator kaca, Mr. Wonka juga membuat Wonka-vite dan vita-wonk yang menjadikan grandpa Georg, grandma Josephin, grandma Georgina berubah!

Untuk yang sudah membaca charlie and chocolate factory, pasti langsung bisa mengerti kenapa Mr. Wonka mengajak Charlie pergi dengan elevator kaca. Saat diluar angkasa, Mr. Wonka bertemu dengan pesawat luar angkasa milik AS yang ingin melihat hotel mewah yang baru saja dibuat diluar angkasa. Kebetulan pesawat milik AS itu mempunyai kamera yang bisa dihubungkan dengan televisi, sehingga seluruh dunia bisa melihat elevator kaca dan menebak-nebak siapa sebenarnya 8 astronot yang ada dalam elevator itu.

Wuhuuu.. Charlie and the great glass elevator ini merupakan kelanjutan dari Charlie and the chocolate factory. Petualangannya sama serunya dan bahkan lebih gila lagi. Roald Dahl bisa membuat kita geleng-geleng kepala sama imajinasinya.

Btw, sewaktu grandma-grandpa bilang bahwa Mr. Wonka itu tua, kok aku jadi ngerasa bahwa Johnny Depp nggak cocok ya berperan sebagai Willy Wonka di film Charlie and chocolate factory? Ada yang sependapat?


Rabu, 11 Januari 2012

[CLOSED! UPDATED!] Second Giveaway : Year-end giveaway

Sebelum kita ke giveaway kedua, saya akan mengumumkan pemenang 'First giveaway : little giveaway' dan pemenangnya adalah....... *drumroll... jeng..jeng..
nango nango
selamat buat nango nango! buat yang belum menang, jangan sedih dulu ayo ikutan giveaway yang kedua. Hadiahnya :
Buku Hatiku - Carla Stevens

Most Wanted Crreative Jobs - Agung Dewantara

Jadi Penulis ngetop itu mudah - Charlie

Ok, itu dia hadiahnya. Satu orang pemenang akan mendapatkan 3 buah buku diatas. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 1 Januari 2012. Syaratnya :
1. Follow blog ini
2. Silahkan tinggalkan komentar mengenai : 'apa cita-cita kamu sewaktu kecil' ?
3. Posting/tweet/buat note di fb tentang giveaway ini dan tinggalkan linknya di kotak komentar (poin extra)

Selamat mengikuti!

.............................................................................
Pemenang dari GA ini adalah Penikmat Buku. Selamat ya mbak Sinta :) Dm kan alamat lewat twitter aja ya ^^

Selasa, 10 Januari 2012

Hairless

Judul : Hairless
Penulis : Ranti Hannah
Halaman : x + 298
Penerbit : Gagasmedia
Tahun : 2011



Hidup Ranti Hannah terasa sudah sempurna. Diusianya yang masih muda, ia sudah menjadi dokter, istri, dan calon ibu. Ketika ia dan suami menemukan sebuah benjolan di payudaranya, Ranti sempat tidak percaya bahwa itu adalah pertanda kanker. Ia berusaha untuk tetap berpikiran positif dan menganggap itu hanya lah FAM yang biasanya muncul karena pengaruh hormon estrogen.

Pemeriksaan demi pemeriksaan dilakukan Ranti, sampai ketika ia pergi ke Singapura, barulah diketahui bahwa benjolan itu positif kanker. Seketika itu pula keraguan yang selama ini ia rasakan terbukti. Setelah melahirkan anaknya, Rania, Ranti bolak-balik berobat ke Singapura. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk mengangkat sebelah payudaranya.

Sebagai perempuan, tentunya cerita yang dialami oleh Ranti Hannah sangatlah menyentuh. Membayangkan diri kita yang saat itu sedang hamil harus didiagnosa terkena kanker payudara pastilah sangat menyakitkan perempuan manapun. Ketegaran yang dirasakan oleh Ranti mau tidak mau membuat aku kagum. Apalagi ia masih bisa memberikan lelucon-lelucon ditengah-tengah pengobatannya saat di rumah sakit.

Hairless merupakan sebuah buku nonfiksi yang ditulis oleh Ranti Hannah sendiri. Bahasanya tidak kaku, namun ada beberapa istilah kedokteran yang kadang bikin mumet. Banyaknya kata-kata bahasa Inggris kadang sedikit mengganggu.

Kekuatan dari buku ini, menurutku adalah pesan yang ingin ditinggalkan oleh penulis. Bukan cerita mengharu biru yang membuat pembacanya menangis dan mengasihani Ranti, melainkan agar kita bisa melihat bahwa seorang survivor kanker mampu untuk menghadapi kehidupan ini.

Oh iya, berhubung ini postingan yang ke-100. Maka, buat followers yang meninggalkan komentar dipostingan ini, akan aku undi dan pemenangnya akan aku kirimin kartupos yaa ^^. Silahkan tinggalkan komentar.

Interview with Putu Felisia


Sudah pernah dengar nama Putu Felisia sebelumnya? Dia adalah penulis dari Shadow Light dan beberapa buku dengan genre romance-action. Kenalan lebih lanjut yuk dengan penulis yang berasal dari Pulau Dewata ini :)

M : Halo kak Putu Felisia, selamat datang diblogku... enaknya dipanggil apa nih?
P : Halo Maya, biasanya orang memanggilku Putu, atau nama gadisku Felis/Fei


M : Boleh ceritakan sedikit tentang diri kakak?
P : Singkatnya, aku hanya seseorang yang sedang jenuh dengan kehidupan. Semua terasa monoton setelah aku menikah dan memiliki anak. Sejak itu, aku membaca ratusan buku (sambil jaga anak tentunya), lalu lama-lama merasa bosan dengan cerita-cerita yang itu saja. Orang-orang suka percintaan, namun aku lebih suka membuka sisi gelap dari cinta. Dendam, kebencian, kecemburuan, dan hal-hal semacam itu.


M : Buku apa saja yang sudah kakak tulis?
P : Tahun 2011, tulisanku lumayan banyak yang terbit. Ada beberapa antologi seperti antologi dua sisi susi Susi, dimana aku menulis bersama-sama beberapa senior: Donatus A Nugroho. Erry Sofid. Lalu Dalam Kasih Ibu, aku bersama Mbak Triani Retno A. Ada beberapa lagi, bersama publisher kecil. Novel-novelku ada Shadowlight-Bayangan dan Cahaya, diterbitkan Gradien Mediatama, Dan My Lovely Gangster, diterbitkan Media Pressindo ^^


M : Apa hal yang paling menyenangkan dari menulis sebuah buku?
P : Yang menyenangkan adalah bagian menuangkan perasaan-perasaan karakterku dalam kata dan kalimat. Mungkin kalau yang sudah membaca karyaku, banyak yang bilang karakterku 'hidup'. Ini memang mengejutkan, namun aku suka menikmati saat duduk di depan komputer dan sesaat dikuasai oleh karakter-karakterku itu :)


M : Rekomendasikan buku favorit kakak dong
P : Sampai sekarang aku menikmati membaca karya penulis Asia. Aku menyenangi semua genre dan tidak membedakan darimana buku itu berasal, asal bagus :D
Namun aku selalu mengagumi Qiong Yao. Karya-karyanya variatif, sangat menggugah, dan memiliki diksi luar biasa.
Penulis Asia memiliki gaya yang berbeda dalam menuangkan sebuah romantisme.


M : Apa hobi kakak selain menulis?
P : Hobi lain: cuap-cuap di radio, menyanyi, menonton film, tapi sejak berkeluarga sudah lama tidak melakukan yang pertama dan kedua, hihihi


M : Kata-kata motivasi favorit kakak apa?
P : Kata motivasi favoritku dari Barbie:
"A miracle starts when you are dreaming"
M : Okee, terimakasih atas waktunya ya kak :)
P : Sama-sama Maya


Mau menyapa Kak Putu? Bisa langsung ke blognya Kedai Baca Putu Felisia :)

Kamis, 05 Januari 2012

Top 5 of Book Boyfirends

Pas liat teman-teman BBI yang cewek pada rame posting mengenai 'Top 5 of Book Boyfirends', jadi pengen ikut-ikutan. Setiap membaca sebuah buku, pasti aku kesengsem sama tokoh cowoknya. Entah itu cowok baik-baik, sampai yang bandel. Ugh, lumayan sulit juga memilih 5 diantara berjuta cowok keren yang sebenarnya cuma tokoh fiksi sih. Ini dia 5 cowok yang paling berkesan dan masih menempel sampai sekarang diingatanku :

1. Satoshi- dalam novel Akatsuki by Miyazaki Ichigo
Takashi Kashiwabara

Cowok Jepang yang menganut Islam dan orangnya pendiam. Satoshi sangat cool dan misterius. Sosoknya juga baik dan romantis. Kadang suka blak-blakan juga sih. Pendiamnya dia itu kadang bikin gemes *eh

2. Peeta Mellark- dalam novel Hunger Games by Suzanne Collins


Peeta nggak terlalu cakep sih kalo aku liat di filmnya. Tapi sifatnya baik banget. Masih mau berkorban buat Katniss padahal dia sendiri bisa mati dalam Hunger Games -_- Selain itu, saya kasihan sama Peeta yang suka sama Katniss tapi Katnissnya malah terkesan mempermainkan.

3. Jan Olav-dalam novel Gadis Jeruk by Jostein Gaarder
Sumpah pengen nangis waktu baca surat-suratnya Jan Olav dan membayangkan betapa romantisnya dia. Ah, nggak bisa ngasih petunjuk lebih jauh lagi, ntar jadi spoiler =P Nggak tahu muka siapa yang pas jadi Jan Olav, makanya foto Gaarder yang aku pasang =))

4. Shinichi Kudo - dalam Detektif Conan by Aoyama Gosho
Shun Oguri yang berperan sebagai Shinichi


Tokoh komik boleh masuk kan, dalam kategori ini? Sejak kelas 4 SD aku rajin baca Conan dan tergila-gila sama Shinichi. Malah sering membayangkan diri jadi pacarnya Shinichi. Hahaha

5. Alex- dalam Perfect Chemistry by Simone Elkeles


Alex nggak baik-baik amat sih orangnya. Tapi dia menjaga banget sama adik-adik dan mamanya. Kalo versi aku, Alex itu mukanya kayak Fernando Jose yang main di Rosalinda itu. Hahaha.

Dari kelima cowok diatas mungkin bisa ditebak yah bagaimana kira-kira tipe cowok yang aku suka? :3
Btw, pengumuman giveaway ditunda sampai tanggal 13 ya. Soalnya aku masih ujian =)