Jumat, 14 Desember 2012

When God Was a Rabbit


Judul : When God Was a Rabbit
Penulis : Sarah Winman
Tahun : 2011
Penerbit : Bentang Pustaka
Halaman : vi + 398

When God was A Rabbit

Si kelinci dalam buku ini bukanlah Tuhan, ia juga tidak mengaku-ngaku atau menjelma menjadi Tuhan. God hanyalah nama pemberian Elly kepada kelinci tersebut. Sebenarnya buku ini tidak bercerita tentang kelinci. God muncul sebentar saja, kemudian mati karena tertabrak oleh tamu di penginapan milik keluarga Elly. Aku tidak mendapat kesan mendalam mengenai kehadiran God.

Jadi yang lebih banyak diceritakan adalah Elly atau Eleanor Maud, seorang anak dari keluarga bahagia yang lumayan aneh. Elly sangat dekat dengan keluarganya, terutama Joe. Joe adalah kakak laki-laki Elly, seorang homoseksual. Elly juga memiliki seorang bibi (adik ayahnya) yaitu Nancy, artis cantik yang seorang biseksual. Nancy diam-diam saling mencintai dengan ibunya Elly (HAAAH???)

Keluarga Elly bukanlah keluarga yang religius. Ayahnya seorang atheis, entahlah dengan Elly sendiri. Novel ini bersetting dari tahun 1968-tahun kelahiran Elly- sampai 2000an, tepatnya saat menara WTC meledak. Aku cuma bisa geleng-geleng kepala dengan gaya hidup dan cara berpikir orang barat yang dituangkan dalam buku ini (sampai kakek-kakek dan nenek-nenek pun gaya hidupnya sebebas itu).  Homoseksual dan lesbian juga dianggap hal yang biasa, sudah lazim. Nggak ada protes dari keluarga ketika tahu Joe dan Nancy memiliki penyimpangan itu, padahal kan mereka hidup di tahun 70an. Aduh, naudzubillah kalo di Indonesia juga nantinya dianggap kayak gitu.

Lumayan lama baru aku bisa selesai membaca novel ini. Bahasanya rada susah dipahami. Intinya sih ini buku mengenai perjalanan hidup Elly, aku nggak terlalu nangkap makna yang ingin disampaikan penulis. Mungkin karena sudah ilfeel duluan sama ceritanya. Aku putuskan buat ngasih 1 bintang aja.

1 komentar:

  1. Gaya hidup yg lumayan radikal..

    Makasih uda ikutan 2012 End of Year Book Contest ya Maya. Jangan lupa dalam review ini harus di pasang banner dan link back ke post aku. Juga pasang banner di templatnya..

    Ditunggu review lainnya lho :D

    BalasHapus