Kamis, 13 September 2012

Thalita

Judul : Thalita
Penulis : Stephanie Zen
Penerbit : Gramedia
Tahun : 2009
Halaman : 272



Thalita baru saja lulus SMP dan ingin meneruskan sekolah di SMA yang sama dengan Andra, pacarnya. Sayangnya keinginan Thalita harus diurungkan gara-gara ayahnya tidak setuju Thalita satu SMA dengan Andra. Ayah Thalita tahu kalau Andra adalah junkies alias pemakai narkoba. Thalita juga diminta untuk segera putus Beliau tidak ingin putrinya ikut terjerumus menggunakan obat-obatan terlarang. Thalita berkali-kali meyakinkan ayahnya bahwa ia  berpacaran dengan Andra untuk menyadarkan Andra. Tetapi ayahnya tetap pada keputusannya.

Di sekolahnya yang baru, Thalita berkenalan dengan Tatyana dan Darren. Dua kakak beradik dari keluarga broken home. Tatyana dan Darren sama-sama satu angkatan walaupun umur mereka berbeda satu tahun. Tatyana berusaha menjodohkan Darren dengan Thalita. Darren tidak pernah lagi dekat dengan cewek sejak pacarnya, Cheryl terjerumus narkoba. Nasib Darren mirip dengan Thalita ya.

Saat Thalita down karena Andra OD, Darren terus ada disamping Thalita untuk menguatkannya. Thalita yang awalnya tidak punya perasaan apa-apa terhadap Darren lama kelamaan jatuh cinta. Mereka berpacaran, sampai Cheryl datang dan mengatakan ia sudah bersih...

Tema yang diambil Stephanie Zen untuk novel ini sangat bagus. Mengingatkan remaja akan bahaya narkoba. Narkoba menghancurkan masa depan, membuat kita kehilangan orang yang kita cintai. Semua itu disampaikan Stephanie dengan gamblang. Kekurangannya sih menurutku tokohnya cenderung protagonis semua, alias 'baik' semua. Kayaknya lebih seru kalau ada yang jahat ya.. hehe. Andra sama Cheryl pun nggak jahat-jahat amat, soalnya mereka kan 'korban'. Tapi pesan yang ingin disampaikan dinovel ini 'kena' banget, salut buat Stephanie Zen :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar