Minggu, 23 September 2012

My Favorite Authors (So Far)

Penulis favoritku ada yang berasal dari Indonesia maupun dari luar. Beberapa penulis ini berasal dari genre yang berbeda. Siapa saja penulis favoritku? Apa yang aku suka dari penulis tersebut? Taraaa.....

1. Jostein Gaarder
Pertama kali berkenalan dengan Jostein Gaarder adalah melalui Dunia Sophie yang diterbitkan oleh Mizan. Waktu itu aku semester 2, pas ada mata kuliah filsafat. Aku lihat di sinopsisnya, Dunia Sophie adalah novel mengenai filsafat. Maka aku membeli novel itu sekalian buat belajar. Aku pun langsung suka sama Dunia Sophie! Cara Gaarder menyampaikan filsafat sangat menarik, jauh dari kata membosankan! Sejak itu aku mulai membaca buku-buku Gaarder yang lain. Semuanya berbicara mengenai filsafat, diantaranya Gadis Jeruk, Maya, Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken, dan yang terakhir aku baca adalah Misteri Soliter (belum ada reviewnya)

2. Tere Liye
Tere Liye adalah penulis Indonesia yang produktif. Buku-bukunya banyak kita jumpai di toko-toko buku. Menurutku, judul buku yang ditulis Tere Liye unik-unik, susah ditebak bagaimana isi buku tersebut kalau hanya dilihat dari judulnya. Aku pernah membaca Kau, Aku, dan Sepucuk Angpao Merah, Ayahku Bukan Pembohong, Moga Bunda di Sayang Allah, dan sekarang aku sedang membaca Negeri Para Bedebah. 

3. Lauren Oliver
Before I Fall dan Delirium adalah dua tulisan Lauren Oliver yang pernah aku baca. Terlepas dari genre bukunya yang memang aku sukai, aku suka gaya penulisannya. Aku belum pernah membaca bukunya versi Indonesia, mungkin nanti setelah Pandemonium selesai diterjemahkan.

4. Stephanie Zen
Penulis teenlit-metropop ini merupakan salah satu favoritku. Stephanie Zen yang sekarang tinggal di Singapura ini sering mengangkat masalah sehari-hari yang dialami oleh anak muda dalam tulisannya. Bukunya yang pernah aku baca adalah Perhaps You, One last Chance, dan Thalita.

5. John Green
Satu-satunya buku John Green yang pernah aku baca adalah The Fault In Our Stars. Aku sangat suka buku tersebut. Setelah membacanya, aku mulai memasukkan buku-buku John Green ke dalam wishlist Goodreads ku. Semoga penerbit Indonesia ada yang mau menerjemahkan bukunya. Soalnya harga bukunya mahal, diatas 100K semua.

Itu dia 5 penulis favoritku sejauh ini, siapakah penulis favorit kamu?

3 komentar:

  1. Dua penulis teratas juga termasuk penulis favoritku.. suka JG gara-gara baca Gadis Jeruk, kalau Tere Liye gara2 baca Eliana

    BalasHapus
  2. Jostein Gaarder, aku udah baca dunia Sophie sama perpustakaan ajaib, emang unik, filsafatnya kuat.

    BalasHapus