Senin, 23 Juli 2012

Hetty Feather

Judul : Hetty Feather
Penulis : Jacqueline Wilson
Tahun : 2012
Penerbit : Gramedia
Halaman : 463



Perjalanan Hetty Feather dalam mencari ibu kandungnya sungguh berliku. Sejak ia dibuang ketika masih bayi, Hetty sudah mengkhayalkan bahwa ibunya adalah perempuan begini-begitu. Ketika ia di asuh oleh mama, Hetty sangat senang. Ia bisa memiliki keluarga yang utuh dengan banyak saudara. Hetty tidak tahu bahwa ia hanya sementara berada di keluarga itu. Kira-kira sampai usianya enam tahun ia akan dikembalikan lagi ke Foundling hospital, tempat ia dibuang oleh ibunya.

Masa depan Hetty sepertinya sudah ditakdirkan. Ia akan diajari berbagai hal sampai berusia empat belas tahun. Setelah itu ia akan bekerja sebagai pelayan di rumah keluarga kaya. Hetty sama sekali tidak menginginkan ini! Menurutnya ia tidak pantas bekerja sebagai pelayan.

Khayalan Hetty tentang ibu kandungnya semakin menjadi ketika ia bertemu dengan madame Adelaine. Perempuan yang bekerja di sirkus itu dikhayalkan Hetty sebagai ibu kandungnya. Hetty sangat berambisi untuk bertemu kembali dengan madame Adelaine karena menurutnya, madame Adelaine sangat mirip dengan  dirinya-terutama rambutnya yang merah-. 

Perayaan 50 tahun Ratu Victoria (jadi ingat diamond jubilee Ratu Elizabeth) yang juga diikuti oleh anak-anak foundling hospital membuat Hetty berhasil kabur! Ia melarikan diri dari rombongan untuk menemukan madame Adelaine. Tapi ketika bertemu madame Adelaine, Hetty malah merasa sangat kecewa...Karena apa? baca saja bukunya :p

Kalau dari sampulnya, aku bakal kasih 5 bintang buat buku ini! soalnya sampulnya sangat meriah, sangat khas sirkus. Selain itu aku sangat suka sesuatu yang berwarna-warni, terkesan lebih 'hidup' heheh. Penilaian ku dari segi ceritanya sih cuma sampai 3 bintang. Karena menurutku buku ini terlalu tebal untuk jalan cerita yang sebenarnya cukup sederhana. Ilustrasi yang ada juga sedikit sekali. Padahal dibuku-buku yang terdahulu ilustrasinya banyak (Lottie Project, Worry Website, Lola Rose). Nampaknya sekarang gaya ilustrasinya berubah, cuma muncul di awal setiap bab.

Pada salah satu halaman dibuku ini, aku menemukan ada halaman yang berlubang (kecil sih) tapi sebagai orang yang lumayan perfeksionis sama 'fisik' buku aku lumayan terganggu heheh. Padahal waktu beli masih bersegel. Mau dikembalikan ke toko bukunya kayaknya terlalu kecil buat dibilang buku cacat :p oke, itu cuma komentar selingan :D Buat penggemar Jacqueline Wilson atau penggemar novel bersetting klasik, segera baca buku ini! ;)

pss.. kabarnya buku ini adalah trilogi, semoga Gramedia menerbitkan dua seri lainnya :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar