Selasa, 26 Juni 2012

Delirium

Judul : Delirium
Penulis : Lauren Oliver
Penerbit : Hodder
Tahun : 2011
Halaman : 406



Dimasa depan, tepatnya di Amerika Serikat ditetapkan bahwa cinta adalah penyakit yang paling mematikan atau disebut sebagai delirium. Setiap remaja yang sudah berumur 18 tahun akan diberikan sebuah prosedur yang akan membuat mereka tidak bisa merasakan cinta. Semua hal yang berhubungan dengan kesenangan dilarang, persahabatan, musik, puisi, pokoknya kegiatan yang berbau cinta diawasi oleh pemerintah. Jika sampai ketahuan melanggar, akan dianggap seperti teroris.

Untuk melanjutkan keturunan, maka laki-laki dan perempuan dipasangkan berdasarkan kemiripan hasil tes mereka. Tidak boleh ada rasa cinta dalam hubungan itu. Hal inilah yang membuat ibu dari Lena Halloway meninggal. Semenjak suaminya pergi, ibu Lena merasa kehilangan yang sangat besar, rasa cinta kepada suaminya membuatnya bunuh diri. Kejadian yang menimpa ibunya adalah aib bagi Lena. ia tidak akan melakukan kesalahan yang sama.

Semua pandangan Lena tentang cinta berubah ketika ia mengenal Alex, ehm. Bersama Hana, sahabatnya  yang agak bandel Lena melakukan berbagai macam hal yang sangat dilarang di negara itu. Saat tiba ulangtahunnya yang ke 18, Lena ketakutan karena itu artinya ia harus berpisah dengan Alex dan mendapakan 'pasangan hidup' yang akan dipilih untuknya.

Hidup tanpa cinta? Kayaknya bakal membosankan kalau itu sampai terjadi. Kita nggak punya sahabat, tidak bisa menyayangi orang-orang yang 'seharusnya' kita sayang. Apalagi kalau harus menikah dengan orang yang  tidak kita cintai.. ewwww. Tapi dampak positif dari prosedur itu kita jadi tidak bisa lagi merasakan patah hati. Hahaha, jadi bingung harus ikut prosedur atau nggak :p

3 komentar:

  1. tapi kenapa cinta dilarang :?

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya cinta itu dianggap 'penyakit' yang paling mematikan :S

      Hapus
  2. Sangat aneh....ya, tapi lucu juga idenya

    BalasHapus