Rabu, 16 Mei 2012

Travellous

Judul : Travellous
Penulis : Andrei Budiman
Tahun : 2012
Penerbit : B First
Halaman : viii + 240



Satu lagi buku tentang backpacker yang bikin aku kepincut! Apalagi penulisnya adalah orang Banjarmasin, berasa ada ikatan batin gitu deh :p

Sejak kecil, Andrei sudah bercita-cita untuk mengunjungi Eropa. Cita-cita yang tentu saja mendapat cibiran dari mana-mana. Bahkan sampai ia benar-benar ke luar negeri masih banyak orang yang tidak percaya, tak terkecuali ibunya sendiri. Suatu hari, iseng-iseng Anderi mencari cara agar ia bisa pergi ke Eropa. Andrei yang waktu itu masih kuliah ternyata mendapat tawaran untuk mengikuti workshop mengenai perfilman di Perancis. Tapi jalan menuju Perancis tidak selalu mulus. Andrei harus lewat batam, Singapura, Malaysia, Jerman dengan pengalaman yang aneh-aneh disetiap negara yang ia singgahi.

Di Perancis, Andrei berkenalan dengan seorang mahasiswi unik asal China bernama Ling. Ling ini nantinya menjadi teman sebangku sekaligus sahabat Andrei. Ling juga yang mencomblangkan Andrei dengn Jules, gadis Inggris keturunan Hongkong. Setelah hubungan Andrei dengan Jules semakin dekat, Andrei malah ragu-ragu apakah harus berpacaran dengan Jules atau tetap setia dengan gadis dari kota hujan. Hubungan Andrei dengan Jules juga diwarnai oleh Ling yang diam-diam cemburu dengan kedekatan itu.

Buku ini bukan sekadar buku mengenai perjalanan ke negeri orang untuk menuntut ilmu. Tapi juga tentang impian yang bisa benar-benar terwujud asalkan kita mau berusaha. Ditambah lagi dengan bumbu cinta serta persahabatan, membuat buku ini sangat menarik untuk dibaca. Sifat Andrei yang tidak mudah 'larut' dalam gaya hidup ala barat juga patut diacungi jempol. Dengan banyaknya tantangan untuk mengikuti gaya hidup bebas ala barat, Andrei tetap bisa mempertahankan identitasnya sebagai orang Indonesia.

Cerita yang kocak serta menghibur banyak disuguhkan disini. Bagaimana cara Andrei bertahan hidup di negeri orang, gaji pertamanya yang dibayar dengan euro cukup mengharukan untuk disimak. Selain Travellous, Andrei juga menulis buku travelling lainnya bersama penulis lain. Kapan nih menulis tentang Banjarmasin? :)

3 komentar:

  1. gw sebagai orang Banjar juga bangga :) , siapa yang gak mau trip ke Eropa, nice review, setidaknya saya baca sedikit ulasannya...
    belum baca bukunya sih.

    BalasHapus
  2. hai! asyiknya ketemu sesama orang banjar di dunia maya ^^

    BalasHapus
  3. Terima kasih reviewnya Ding, salam bedingsanakan :D

    BalasHapus