Selasa, 14 Februari 2012

Mockingjay

Judul : Mockingjay
Penulis : Suzanne Collins
Penerbit : Gramedia
Tahun : 2012
Halaman : 423



*Warning Spoiler buat yang belum baca Hunger Games dan Catching Fire*

Distrik 13 ternyata benar-benar masih ada. Disanalah muncul gerakan pemberontakan yang berusaha melawan Capitol. Distrik 13 memang sudah lenyap dipermukaan, namun mereka diam-diam membangun kota bawah tanah. Setelah Quarter Quell selesai, Katniss dibawa ke distrik 13 untuk dijadikan Mockingjay simbol pemberontakan.

Ketidakhadiran Peeta didistrik 13 membuat Katniss merasakan kehilangan. Peeta ditahan di Capitol dan tidak diketahui bagaimana nasibnya. Ketika Peeta tampil didalam sebuah wawancara yang disiarkan televisi, Peeta memperingatkan Katniss bahwa besok pagi, Katniss akan tewas.

Ketika Peeta berhasil diselamatkan dan dibawa ke distrik 13, otaknya sudah dicuci oleh Capitol. Ia tidak lagi mengingat Katniss, pertemuan pertama mereka didistrik 13 hampir membuat Katniss tewas. Kita tidak akan menemukan kisah cinta yang indah antara Katniss dan Peeta disini. Katniss dan Peeta hampir seperti orang yang saling membenci satu sama lain.

Mockingjay tetap menegangkan seperti dua buku sebelumnya. Buku terakhir ini menurutku menyajikan lebih banyak ketegangan dan korban pemberontakan juga semakin banyak. Ada orang-orang terdekat Katniss yang mati (sempat nggak rela waktu 'cowok itu' ikutan mati pas diserang oleh mutt-mutt Capitol). Sebenarnya pengen ngasih 5 bintang, tapi typo dibuku ini lumayan banyak dan agak mengganggu. Jadi, aku turunkan 1 bintang :)

2 komentar:

  1. Mockingjay cuman aku kasih 3. Bukan karena typonya. Tapi lebih karena Suzanne Collins "ngebunuh" karakter Gadis Yang Terbakar. Katniss jadi nggak keren lagi. hiks

    BalasHapus
  2. Ending yang menurutku tidak bagus, nyesek dan dipaksakan.
    Tidak bagus dan nyeseknya adalah kenapa si adik Katniss mati, padahal awalmula adanya Hunger Games dalam hidupnya adalah ketika dia menggantikan Prim untuk Hunger Games 74. dan ketika Prim mati, semua itu sia2, tidak sesuai dengan tujuannya.

    Dipaksakan - ketika roman menye2....Akhir yang sengaja tidak menjelaskan menye-menyenya dia dalam memilih dua lelaki itu. Tapi dari awal sampai akhir dipenuhi rasa galaunya Katniss dan menye2nya dia, eh justru di akhir malah ga dijelasin perasaannya. Disini terlihat dipaksakan utk tidak menye2 dan tidak konsisten.

    BalasHapus