Minggu, 19 Februari 2012

dan hujan pun berhenti...

Judul : dan hujan pun berhenti...
Penulis : Farida Susanty
Tahun : 2011
Penerbit : Grasindo
Halaman : 320



Dari sampulnya yang berwarna hitam bisa ditebak bahwa isinya pun akan 'kelam'. Sebenarnya aku ingin sekali menyukai buku ini. Tetapi ceritanya entah kenapa kurang cocok dihati :p. Bermula ketika seorang cowok bernama Leo yang hidupnya lumayan tragis. Leo ini bisa dibilang anak yang terbuang dari keluarganya. Ayahnya merupakan pengusaha sukses yang suka main perempuan. Ibunya sering melampiaskan perasaan kesepiannya pada laki-laki lain. Tidak jarang Leo dipukuli dan dimaki-maki oleh ayahnya.

Perlakuan semena-mena dari orangtuanya membuat Leo pindah dari rumah. Ia tinggal disebuah apartemen sederhana dengan biaya dari kakaknya. Hidup Leo sangat pas-pasan, untungnya ia masih mempunyai sebuah mobil yang kadang bensinnya pun habis. Seperti anak SMA pada umumnya, Leo mempunyai 'teman'  yang sebenarnya tidak pernah dianggap Leo sebagai temannya. Kebandelan khas SMA sering ia lakukan dengan keempat temannya yang selalu membelanya itu.

Luka yang disimpan Leo tidak hanya mengenai keluarganya yang berantakan. Kematian Iris, orang yang disayanginya membuat Leo sangat kehilangan. Bagaimana tidak, Irislah astu-satunya orang yang mau menerima Leo.

Kehadiran Spiza dalam hidup Leo memberikan semangat baru bagi Leo. Rasa penasaran Leo terhadap Spiza yang mirip dengan Iris tidak mampu ia kendalikan. Leo menganggap Spiza merupakan reinkarnasi Iris setelah ia meninggal.

Aku cuma ngasih 2 bintang buat buku ini. Kurang suka sama tokohnya yang kayaknya gelaaap banget. Memang sih, jalan ceritanya sengaja dibuat seperti itu karena yang diangkat memang kenakalan remaja karena kurangnya kasih sayang orangtua. Banyaknya kata-kata yang dicapslock membuat emosi kadang ikut turun naik, namun lumayan mengganggu juga karena bikin mata jadi capek.

Novel ini lumayan banyak yang suka dan melejitkan nama Farida Susanty sebagai penulis. Pesan yang ingin disampaikan Farida dibuku ini juga lumayan mengena. Apalagi novel ini ia tulis sewaktu masih SMA. Salut deh :)

1 komentar:

  1. Klo ga salah ini buku udah terbit sekitar 5 atau 7 tahun lalu (kayanya) soalnya pas gw masih SMA...gaya penulisannya juga lumayan " berat " bagi anak SMA...

    BalasHapus