Minggu, 29 Januari 2012

Scones and Sensibility

Judul : Scones and Sensibility
Penulis : Lindsay Eland
Halaman : 298
Penerbit : Atria
Tahun : 2011


Dibawah sana, kakakku mengaduk adonan kata-kata umpatan yang membuatku merona. Itu jelas bukan perilaku perempuan baik-baik, tapi kakakku adalah gadis enam belas tahun yang modern, sementara aku, seperti yang sering dinyatakan orangtuaku, telah menjadi 'gadis abad sembilan belas berusia dua belas tahun yang terperangkap diabad dua puluh'. - hal 3

Polly bukanlah tokoh dari sebuah buku klasik. Ia adalah gadis cilik yang hidup di abad dua puluh. Namun ia suka memakai kata-kata yang berbunga-bunga (baca : lebay). 'Kamu adalah buku yang kamu baca' menurutku kata-kata ini sangat tepat ditujukkan untuk Polly. Polly yang begitu memuja Elizabeth Bennet di Pride and Prejudice serta Anne di Anne of Green Gables rupanya sangat terpengaruh dengan tokoh dibuku tersebut.

Bagi Polly, orang-orang disekitarnya harus jatuh cinta dengan orang yang Polly inginkan. Karena ia bermimpi untuk dapat membantu orang-orang menemukan cinta sejatinya dengan jalan dijodohkan. Selama musim panas, Polly mendapat tugas untuk mengantarkan roti-roti dari toko milik orangtuanya kepada pelanggan. Sambil memakai sepeda dan topi berpitanya, Polly mencari siapa yang membutuhkan pertolongannya.

Untungnya aku nggak punya adik, teman, atau tetangga seperti Polly. Polly menganggap dirinya paling mengerti tentang cinta hanya karena ia membaca buku-buku romantis dan menginginkan kehidupan dibuku sama persis dengan kehidupannya. Mungkin maksudnya memang baik, tetapi cara Polly malah mengacaukan semuanya!

"Yah Polly mungil. Aku tidak ragu kau menginginkan yang terbaik untuk kami semua. Tapi cinta bukan buku, iya kan?"- hal 275

Mengingat ending dari buku ini yang cukup manis, aku kasih 2,5 bintang deh!

2 komentar:

  1. Tipe2 Marry Sue, the Drama Queen bgt ini si Polly :))

    BalasHapus
  2. Udah lama aku pengen baca buku ini, soalnya berkali-kali baca ripiu, digambaran kepalaku Polly tuh lucu tapi sotoy

    BalasHapus