Minggu, 29 Januari 2012

Saga no Gabai Bachan

Judul : Saga no Gabai Bachan (Nenek hebat dari Saga)
Penulis : Yoshichi Shimada
Halaman : 245
Penerbit : Mahda Books
Tahun : 2011


Setelah beberapa lama buku ini berada diwishlistku, akhirnya ketemu juga pas ngubek-ngubek toko buku. Novel yang berasal dari Jepang ini menceritakan tentang Akihiro, seorang anak yang tinggal di Hiroshima pada masa perang dunia II. Karena ayahnya meninggal akibat radiasi nuklir, maka Akihiro dititipkan secara 'paksa' kepada nenek Osano yang tinggal di Saga.


Tujuan Akihiro dititipkan kepada nenek Osano adalah agar ia bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik di Saga. Namun yang dilihat Akihiro kecil adalah sebaliknya, kehidupannya yang miskin menjadi semakin miskin saat bersama nenek Osano. Namun nenek itu tidak pernah mengeluh dan mengajarkan Akihiro untuk bersyukkur atas kemiskinannya.

Hiduplah miskin mulai dari sekarang! Bila sudah kaya, kita jadi berpelesir, jadi makan sushi, jadi menjahit kimono. Hidup jadi kelewat sibuk.
Untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, nenek Osano bekerja sebagai petugas kebersihan di Universitas Saga. Sesekali ia pergi ke 'supermarket' untuk mengambil bahan-bahan yang ia perlukan. Supermarket itu sebenarnya adalah sungai yang dipasangi penjerat oleh nenek Osano.

Di cover buku ini, kita bisa melihat nenek osano yang memasang magnet di belakang badannya. Ini juga salah satu trik jitu nenek Osano untuk memperoleh uang. Saat ia berjalan, maka paku-paku ataupun logam, besi akan menempel di magnet itu. Kemudian nenek Osano akan menjualnya di pasar.

Nenek Osano merupakan sosok perempuan Jepang dimasa lalu yang luar biasa. Cara ia memandang kehidupan terkadang membuat kita tidak habis pikir. Ia selalu punya ide cemerlang untuk menghadapi kemiskinan. Nenek Osano memang miskin harta, tetapi ia kaya akal dan hati!


Membaca buku ini, mengingatkanku sedikit pada Totto-Chan, gadis cilik di jendela karena sama-sama bersetting di Jepang dan waktunya pasca perang dunia II. Saga no gabai bachan juga dibuat manga, dan juga film, lho!

versi manga
Versi Film

6 komentar:

  1. aaa, pengen beli ini >.<

    Btw May, aku dah dapet the hunger gamesnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari di gramed veteran, kemarin sisa 3 buku. nyelip di bagian teenlit :/

      yay! met baca hunger games :)

      Hapus
  2. pasti langka ya bukunya, coba cari versi manga atau donload filmnya dulu aah..

    masukin di list bulan depan aah..

    BalasHapus
  3. kalo dapat link manga sama filmnya, bagi2 yaaa ;)

    BalasHapus
  4. hoh! ada filmnya to, cari ah! biar bisa buat nemenin baca bukunya

    BalasHapus
  5. Wah,ini buku yang aku liat waktu di toko buku ama adekku nieh..... Wah,,,,,may beli ah kalo gitu. Kayake beneran baguz deh... :D

    BalasHapus