Selasa, 17 Januari 2012

JUMP

Judul : JUMP
Penulis : Moemoe Rizal
Halaman : vi + 374
Tahun : 2011
Penerbit : Gagas Media



Cheerleader adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan Kiera. Apapun akan ia lakukan asalkan ekstrakurikuler kesayangannya itu bisa ikut ICC, sebuah lomba bergengsi antar cheerleader di Indonesia. Sebagai anak kelas 3 SMA, ia sebenarnya sudah tidak diperbolehkan lagi mengikuti ekstrakurikuler apapun maka jabatan cheerleader diserahkan kepada Hers. Saat penyerahan jabatan, Kiera bersin. Disitulah kesialan demi kesialan dimulai. 'Kutukan' bersin saat penyerahan jabatan ketua cheers ternyata benar-benar terjadi.

Kiera digambarkan sebagai cewek ambisius yang sangat sombong. Pokoknya dari halaman awal sampai akhir, aku masih sebel sama dia. Semua yang ada dipikiran Kiera hanyalah cheerleader. Gaya ngomongnya juga sok inggris -___-. Mengejutkan memang sewaktu tahu yang nulis novel ini cowok. Soalnya agak kaget aja waktu tahu ada cowok yang tertarik untuk menulis tentang cheerleader :)

Konflik-konflik yang ditampilkan lumayan banyak. Tapi mudah ditebak akhirannya bagaimana. Jadi unsur kejutannya agak kurang mengena. Dua bintang aku kasih buat buku ini. Soalnya penggambaran tokohnya agak lebay dan sinetron banget!

2 komentar:

  1. Menurutku, teenlit ini yg bagus, tapi nggak sebagus beberapa teenlit di Gagas Media. Aku malah suka cara si penulis membangun karakternya. Meskipun lebay, tapi beda. Nggak seperti kebanyakan novel yang tokoh utamanya selalu cengeng.

    Aku malah kalau nulis novel nanti lebih suka membangung karakter yang tipe2 begitu. Dan tokoh2 tipe begini tu lebih nyata ketimbang yang 'mellow'. ;p

    Overall, nice review. Udah pernah review Refrain belum? Review dong. :)

    BalasHapus
  2. iya sih, tapi aku gak suka sama sifat tokoh-tokohnya. Terlalu agresif >.<

    Belum mbak, buku-bukunya winna effendi masih jadi wishlist aku nih :)

    BalasHapus