Senin, 21 November 2011

Little Prince-Pangeran Kecil

Judul : Little Prince-Pangeran Kecil
Penulis : Antoine de Saint-Exupery
Penerbit : Gramedia
Halaman : 112
Tahun : 2009



Alasan saya membeli novel ini adalah begitu banyak rekomendasi yang mengatakan bahwa novel ini bagus untuk dibaca segala usia. Maka dengan sikap saya yang suka ikut-ikutan, akhirnya saya membelinya :). Disamping itu, saya sendiri lumayan suka dengan buku cerita anak. Karena biasanya didalamya terdapat imajinasi tinggi yang jarang ditemukan dalam novel remaja ataupun dewasa. 

Setelah saya membaca pangeran kecil, saya berkesimpulan bahwa novel ini ternyata lebih cocok dibaca oleh orang dewasa. Karena novel ini berisi kritikan terhadap sikap orang dewasa yang begitu aneh. Ketika kita dewasa cara pikir kita menjadi sempit. Tidak sama seperti saat kita masih anak-anak : begitu bebas dan menyenangkan. Dunia orang dewasa yang monoton digambarkan dalam bentuk planet-planet kecil yang dikunjungi si pangeran kecil. Ceritanya sangat sederhana, namun begitu banyak pelajaran yang bisa kita ambil.

Saat pangeran kecil mengunjungi Bumi, ia bertemu dengan seorang pedagang di gurun pasir. Pedagang yang merupakan si 'aku' adalah sosok orang dewasa yang sering berbagi cerita dan filosofi hidup dengan pangeran kecil.

Pangeran kecil sendiri sebenarnya merupakan wujud seorang anak yang ingin menyampaikan cara pandangnya terhadap orang dewasa yang kerapkali tidak menghargai kreativitas seorang anak dan menghindari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan anak. Seperti saat si 'aku' menggambar seekor ular Boa yang memakan gajah, semua orang dewasa mengatakan bahwa itu adalah gambar topi. Akhirnya si 'aku' tidak mau lagi meminta pendapat orang dewasa dan lebih memilih untuk membicarakan politik, golf, dan hal lain yang disenangi orang dewasa.

Aggelos

Judul : Aggelos
Penulis : Harry K. Peterson
Penerbit : Mizan Fantasy
Halaman : 514
Tahun : 2011



Kisah cinta yang terlarang sebenarnya bukanlah tema baru. Seperti kali ini, kisah cinta terlarang antara manusia dengan aggelos atau malaikat. Sebuah kisah yang berakhir klise? mungkin. Viola Mondru, seorang balerina yang sangat berharap bisa mengikuti pertandingan balet di Caleste Pons. Sudah sejak lama Viola menginginkan menjadi pemenang pertandingan balet paling bergengsi ini. Tahun lalu ia gagal, maka tahun ini ia bertekad untuk menjadi pemenang. Syarat yang harus dipenuhinya adalah memiliki seorang pengiring yang akan memainkan musik untuknya saat menari balet. 

Pertemuan Viola dengan Slaven, seorang laki-laki aneh yang tinggal diseberang rumahnya membuat Viola lebih bersemangat mengikuti kontes balet tersebut. Pasalnya, Slaven memiliki kemampuan bermain biola yang sangat sempurna. Sama seperti permainan yang ada didalam kotak musik yang tak sengaja ditemukan Viola dikamarnya. Sebuah kotak musik misterius yang mampu menyedot kesadaran siapapun yang mendengarnya.

Sayangnya, balet yang saya harapkan menjadi inti dari cerita ini malah menjadi bumbu pelengkap saja. Sementara perasaan Viola kepada Slaven yang menjadi pengiringnya untuk kontes tersebut begitu ditonjolkan. Pokoknya si Viola ini terlalu menye-menye, padahal dia sendiri sudah punya pacar!

Nggak nyangka ini novel asli Indonesia. Penulisnya bernama (atau nama samaran?) Harry K. Peterson, setting novelnya di Selandia Baru, covernya pun begitu asing. Tahunya ini novel Indonesia pas saya lihat nggak ada nama penerjemahnya :) Sebenarnya novelnya bagus, tapi kenapa harus dibuat menyerupai novel terjemahan? Apakah ini strategi baru agar pembaca mau membeli buku ini? Saya kira tidak perlu membuat sebuah novel menjadi kebarat-baratan, yang penting adalah orisinalitas ide si penulis itu sendiri. 

novel ini available for swap yaa :)

Rabu, 16 November 2011

Negeri Van Oranje

Judul : Negeri Van Oranje
Penulis : Wahyuningrat, Adept Widiarsa, Nisa Riyadi, Rizky Pandu Permana
Penerbit : Bentang Pustaka
Tahun : 2009
Halaman : 478




Beginilah jadinya kalau novel ditulis secara keroyokan. Cerita yang ada dinovel ini pun berasa keroyokan juga. Sebenarnya ceritanya standar, namun setting yang berada di Belanda mampu menambah poin plus. Jadi, 5 tokoh yang sedang belajar di Belanda untuk meraih S2 ini ceritanya berasal dari Indonesia, namun dari daerah dan latar belakang yang berbeda. Karena diantara mereka berlima hanya ada satu orang cewek yaitu Lintang, alhasil Lintang diperebutkan. Lintang sendiri sebenarnya lebih menyukai Geri, walaupun Lintang sudah memiliki pacar.


Perjuangan mendapatkan cinta Lintang sepertinya menjadi pondasi dinovel ini. Disamping itu, acara jalan-jalan yang sering dilakukan oleh Aagaban (geng Lintang cs) juga mendominasi, ditambah banyaknya tips-tips yang diberikan untuk bisa survive di Belanda.


 Ada satu hal yang membuat saya lumayan terganggu saat membaca novel ini sejak awal. Yaitu banyaknya catatan kaki dan penjelasan yang saya rasa tidak begitu penting. Apalagi catatan kaki yang menurut saya sangat jayus.

Lalu, kenapa diberi judul Van Oranje? Teryata karena Van Oranje adalah orang yang dianggap sebagai pendiri negeri Belanda atau 'Bapak Bangsa'. Yah, awalnya aku pikir karena di negeri Belanda banyak bangunan-bangunan berwarna oranye, hahaha.

[Here]

Jumat, 11 November 2011

Gadis Jeruk

Judul : Gadis Jeruk
Penulis : Jostein Gaarder
Halaman : 252
Tahun : 2011
Penerbit : Mizan



Georg yang sekarang berumur lima belas tahun tiba-tiba mendapat surat dari ayahnya yang sudah meninggal sebelas tahun yang lalu. Surat itu ditemukan berada dikereta merah milik Georg sewaktu ia masih bayi. Tak seorangpun pernah menemukan surat itu sebelumnya. Ketika surat itu ditemukan, hanya Georg yang berhak untuk membacanya, karena surat itu khusus untuknya.

Surat yang penuh misteri itu dituliskan oleh Jan Olav sebelum ia meninggal. Hampir seluruh isi surat itu menceritakan tentang seorang gadis yang diberi nama gadis jeruk. Jan Olav tampaknya mencintai si gadis jeruk. Namun ia tidak pernah tahu siapa gadis itu, mengapa ia selalu membawa berkilo-kilo jeruk dipangkuannya dan mukanya mirip seekor tupai.

Disamping itu, Jan Olav juga menanyakan perihal teleskop Hubble kepada Georg. Bagaimana ayahnya bisa tahu bahwa Georg sedang memiliki proyek ilmiah di sekolah mengenai teleskop itu? Apa hubungan antara gadis jeruk dengan teleskop ruang angkasa?

Novel filsafat yang sangat romantis! lagi-lagi Jostein Gaarder memadukan antara dongeng dengan surat. Sesuatu yang biasa ia lakukan semenjak menulis Dunia Sophie. 5 bintang buat si gadis jeruk.

Rabu, 09 November 2011

Letters To Sam

Judul : Letters To Sam
Penulis : Daniel Gotlieb
Tahun : 2011
Halaman :
Penerbit : Gagas Media



Bagi kebanyakan orang, memiliki keluarga yang menyandang autisme seringkali dianggap sebagai sesuatu yang memalukan. Tetapi, dimata seorang kakek yang sudah duduk dikursi roda selama puluhan tahun, Sam dianggap mewakili keajaiban pertumbuhan seorang anak.

Bekerja sebagai psikolog membuat Daniel bisa memahami perkembangan cucunya. Sejak Sam bayi, anak itu sudah menunjukkan gejala-gejala autisme. Beruntungnya Sam dikelilingi oleh orangtua dan kakek yang tetap mencintainya.

Sam kecil yang baru berumur empat tahun mendorong kakeknya untuk menuliskan surat cinta, yang bisa jadi tidak akan pernah bisa untuk dibaca oleh Sam. Dalam kumpulan surat ini kita akan menemukan banyak pelajaran hidup. 

Surat yang dituliskan Daniel sama sekali tidak menggurui, karena ia sendiri lebih mengajak kita untuk belajar dari pengalaman yang ia bagikan kepada pembacanya. 4 bintang untuk surat cinta kakek kepada cucunya!

Psst.. karena surat-surat ini dituliskan oleh psikolog, jadinya aku berasa sambil baca buku kuliah tapi versi yang lebih menyenangkan. Hahaha

Kamis, 03 November 2011

Little Giveaway : My 1st Giveaway :)

Setelah lama nggak ngeblog dikarenakan kesibukan UTS  :p akhirnya saya kembali bisa berkutat didepan laptop (baca : internetan) dan berhubung lemari buku saya sudah penuh lagi dan ada setumpuk buku yang belum tahu kapan bisa selesai dibaca :O akhirnya saya memutuskan untuk membuat giveway ini. Cuma giveaway kecil-kecilan sih, bukan buku baru, tapi baru satu kali saya baca dan kondisinya masih bagus pastinya :))

Ini dia buku yang akan jadi hadiah di giveway ini :




SATU orang pemenang akan mendapatkan DUA buku, pemenang akan diumumkan pada tanggal 1 Desember 2011.

Caranya mudah :
1. Follow blog ini
2. Tinggalkan komen
3. Rekomendasikan buku baru yang menurut kamu wajib buat dibaca!

Nah, syaratnya mudah kan? Ayo ikut, siapa tahu kamu beruntung :))
Good Luck