Sabtu, 30 April 2011

The Adventures of Huckleberry Finn

Judul : The Adventures of Huckleberry Finn
Penulis : Mark Twain
Halaman : 391
Tahun : 2011
Penerbit : Bentang
Harga : 47.000

Huck merupakan seorang anak laki-laki yang sangat menyukai petualangan. Bersama Tom Sawyer, mereka selalu membayangkan dirinya berada dalam suatu masalah yang sangat rumit. Mereka membuat perkumpulan untuk merampok dan membunuh orang-orang kaya. Tetapi tentu saja itu cuma khayalan Tom Sawyer. Kenyataannya tidak seorangpun yang pernah mereka rampok ataupun bunuh. Lama kelamaan perkumpulan itupun dibubarkan.

Selama ini Huck seringkali dipukuli oleh Pap. Pap sangat suka berjudi dan mabuk-mabukkan. Suatu hari Pap menghilang tetapi ketika mendengar berita bahwa Huck sudah menjadi orang kaya karena mendapatkan harta karun senilai enam ribu dolar, Pap kembali lagi. Huck mendapat firasat Pap akan kembali dan merebut hartanya, maka ia memberikan semua uangnya kepada Hakim Tatcher.

Huck tidak ingin hidupnya terkekang. Ia pun melarikan diri dan berpura-pura mati agar tidak seorangpun yang dapat menemukannya. Orang-orang terus berusaha menemukan mayatnya. Tetapi Huck berhasil meloloskan diri. Ia berpetualang menggunakan sampan yang ia temukan. Suatu hari ia bertemu dengan Jim, seorang budak milik nyonya Watson yang juga seperti dirinya. Huck melalukan petualangannya bersama Jim yang ingin mencari kebebasan dan bertemu anak serta istrinya.

The Adventures of Huckleberry Finn mengisahkan tentang perbudakan di Amerika Serikat. Pada waktu itu orang-orang kulit hitam dianggap mempunyai derajat yang lebih rendah dibanding orang kulit putih. Novel karya Mark Twain ini pernah menjadi novel kontroversial dan dilarang disekolah-sekolah karena dianggap rasis. Twain menggunakan kata 'negro' yang dianggap mempunyai konotasi negatif. 

Akhirnya selesai juga membaca novel ini. Pada awalnya novel ini terasa membosankan dan terlalu bertele-tele. Mata juga cukup lelah karena hurufnya kecil-kecil. Tetapi sekitar halaman 200an cerita dinovel ini semakin menarik untuk diikuti.

Kamis, 28 April 2011

Pride and Prejudice

Judul : Pride and Prejudice
Penulis : Jane Austen
Penerbit : Qanita
Halaman : 585
Tahun : 2011


Bagi penggemar novel-novel klasik, tentu novel Pride and Prejudice akan menjadi novel wajib baca. Novel karya Jane Austen ini telah bertahan selama 150 tahun dihati para pembacanya.  Austen mengambil latar kerajaan Inggris pada abad ke-19 dimana status sosial seseorang masih sangat menentukan kedudukannya dimata masyarakat.

Keluarga Bennet merupakan keluarga dikalangan menengah Inggris yang tinggal di Loungborn. Mr dan Mrs. Bennet mempunyai 5 orang putri yaitu Jane sebagai anak sulung, Lizzy, Lidya, Marry, dan Kitty. Karena tidak mempunyai satu orang putra pun, jika Mr. Bennet meninggal, warisannya akan jatuh kepada Mr. Collin, keponakannya. Tentu saja Mrs. Bennet tidak ingin hal ini terjadi. Maka ia mengupayakan bagaimana cara agar putri-putrinya secepat mungkin menikah dengan pria kaya.

Ketika Mr. Bingley datang ke Netherfield, Mrs. Bennet sangat bersemangat untuk memperkenalkan putri-putrinya kepada Mr. Bingley dengan harapan Mr. Bingley akan jatuh cinta dengan salah satu putrinya. Pilihan Mr. Bingley jatuh kepada Jane yang merupakan putri tercantik keluarga Bennet. Tetapi hubungan keduanya tidak disukai oleh kedua adik Mr. Bingley dikarenakan perbedaan status sosial yang mereka miliki.

Putri kedua keluarga Bennet adalah Elizabeth. Ia sangat dekat dengan ayahnya dan kurang menyukai tingkah laku ibunya yang ia rasa cenderung berlebihan dan mata duitan. Lizzy juga sangat dekat dengan kakaknya, Jane.

Elizabeth Bennet merupakan tokoh utama dinovel ini sekaligus merupakan tokoh kesayangan Jane Austen. Lizzy merupakan gadis sederhana yang ceria dan sangat bersemangat. Dalam sebuah pesta dansa, ia bertemu dengan Mr. Darcy yang angkuh. Disinilah terjadi prejudice (prasangka) terhadap Mr. Darcy yang sebenarnya adalah orang yang baik.

Di novel ini kita diajarkan untuk tidak menjudge seseorang dari tampilan luarnya atau dari perkataan orang lain. Tetapi kita diajak untuk mengenal dulu secara dekat baru kita bisa memutuskan seperti apakah orang itu sebenarnya. Karena seseorang yang kita anggap jahat, belum tentu watak aslinya seperti itu.


Selasa, 19 April 2011

Siap-siap nikah

Judul : Siap-Siap Nikah
Penulis : Syamsa Hawa
Halaman : 186
Penerbit : PT. Lingkar Pena Kreativa
Tahun : Cetakan kedua, 2008



Apakah kamu sudah ngebet pengen nikah? Atau orangtuamu sudah mendorongmu agar sesegera mungkin mendapat pendamping hidup?Sudah siapkah kamu untuk menikah? Atau justru belum siap sama sekali? Jika kamu sedang mendapat kendala saat harus memutuskan untuk menikah atau nanti dulu, ada baiknya kamu membaca buku ini. Gaya bahasanya ringan dan gaul. Kamu tidak akan merasa digurui. Tapi diajak untuk membuka pikiran kamu tentang pernikahan.

Paradigma-paradigma yang selama ini kamu simpan dipikiranmu tentang pernikahan, persiapan yang harus kamu lakukan, sampai bagaimana cara menghadapi jika jodohmu tak kunjung datang. Semuanya akan dikupas tuntas dan disertakan dengan contoh kasus yang sering kita temukan dikehidupan sehari-hari.

Kita tidak hanya diajak atau dimotivasi untuk menikah, kesenangan-kesenangan yang akan kita dapat jika kita sudah menikah, tetapi juga dipaparkan kesulitan yang akan kita hadapi saat menikah nanti. Bukan untuk menakut-nakuti, tetapi agar mental kita lebih siap.

Setelah membaca buku ini kamu yang awalnya takut dengan pernikahan pasti akan mulai merubah pandangan kamu dan semakin mantap untuk menikah. Dan bagi yang sudah sangat ngebet untuk menikah, sudahkah kamu siapkan semua hal yang kamu butuhkan untuk menghadapi kehidupan pacsa menikah?

Jumat, 15 April 2011

Karmila

Judul : Karmila
Penulis : Marga T.
Tahun : Cetakan kesembilan belas: Maret 2003
Penerbit : Gramedia
Halaman : 432

 Karmila merupakan seorang mahasiswi kedokteran tingkat tiga. Suatu malam ketika dipaksa temannya untuk datang kesebuah pesta ulangtahun, Karmila direnggut keperawanannya oleh seorang laki-laki yang tidak dikenalnya. Laki-laki itu merupakan anak seorang pengusaha sukses. Rumah tangga orangtuanya yang broken home membuatnya mencari kesenangan di luar rumah dengan menjual obat perangsang.

Karmila mengandung anak Feisal. Padahal ia sudah bertunangan dengan Edo yang sedang menempuh studi di Australia. Feisal bersikeras ingin menikahi Karmila karena ia ternyata telah jatuh cinta pada Karmila. Karmila sangat dendam kepada Feisal. Tapi ia tak sampai hati untuk menggugurkan kandungannya. Ia membuat perjanjian bahwa akan menikahi Feisal namun hanya sampai anaknya lahir.

Setelah Fani, anaknya lahir, Karmila mengajukan surat cerai kepada Feisal karena ia ingin segera menyusul Edo ke Australia dan menikah dengannya. Namun, Fani tiba-tiba sakit parah. Karmila terpaksa mengunjungi rumah Feisal untuk menjenguk anaknya. Ketika melihat Fani, hatinya berkata bahwa ia harus belajar mencintai anak itu dan juga Feisal. 

Tahun demi tahun berlalu, Karmila melahirkan lagi anak keduanya. Seorang anak perempuan yang manis bernama Tasia. Kebahagiaan terasa begitu lengkap menyelimuti perasaan Karmila dan Feisal. Sesekali mereka sering bertengkar dan mengolok-olok satu sama lain. Tak jarang Karmila dibuat jengkel oleh tingkah laku Feisal.

Karmila telah berhasil meneruskan kuliah kedokterannya dan praktik disebuah rumah sakit. Ketika rumahtangganya sedang berada dalam situasi yang sangat bahagia, Edo muncul tanpa undangan dan bertekad untuk merebut kembali Karmila! Maka timbullah kesalahpahaman diantara Feisal dan Karmila. Bahkan Feisal ingin sesegera mungkin menceraikan Karmila.

Melihat reaksi suaminya dan akibat pengaruh Edo, Karmila mulai meragukan cinta suaminya. Benarkah selama ini Feisal mencintainya? dan bagaimana dengan Karmila sendiri? apakah ia masih mencintai Edo?   

Sosok Karmila mungkin bisa kita jadikan teladan. Karena walaupun dia mengandung anak diluar nikah, dan anak tersebut pada mulanya sangat ia benci, ia tidak mau menggugurkan kandungannya. Bahkan ia belajar untuk mencintai anak itu. Masa lalunya yang kelam juga tak lantas menjadikan ia patah semangat, justru Karmila lebih terpacu untuk meneruskan kuliahnya sampai akhirnya ia menjadi seorang dokter yang sukses.

Selasa, 12 April 2011

Water For Elephants

Judul : Water for Elephants
Penulis : Sara Gruen
Penerbit : Gramedia
Halaman : 512
Tahun : September 2010
Harga : Rp. 76.000,00




Kematian kedua orangtuanya membuat Jacob Jankowski harus keluar dari sekolah kedokteran hewan. Ayahnya tidak meninggalkan warisan yang cukup untuknya sehingga dia melarikan diri dan masuk kedalam sebuah kereta api. Rupanya kereta api tersebut membawa rombongan sirkus Benzini bersaudara. Jacob yang awalnya akan dibuang karena dianggap penyusup diterima dengan hangat ketika diketahui bahwa ia merupakan seorang dokter hewan.

Sosok Marlena yang anggun dan cantik membuat Jacob jatuh cinta. Diam-diam Marlena juga mencintai Jacob. Padahal Marlena sudah mempunyai suami. Cinta terlarang ini terus berlanjut walaupun mereka berusaha menyembunyikannya dari August. August yang mengidap paranoid shcizoprenic membuat Marlena ketakutan. Suaminya tersebut seperti mengidap kepribadian ganda. Terkadang sangat lembut, namun tak jarang menjadi pemarah dan bisa membunuh orang.

Kehadiran Rosie, si gajah kedalam Benzini bersaudara dianggap sebagai kesalahan fatal. Rosie merupakan gajah bodoh yang bisanya hanya makan dan mencuri limun. Tetapi, sebenarnya Rosie adalah gajah yang sangat cerdas dan menggemaskan.

Alur yang digunakan dalam novel ini maju-mundur. Kisah sirkus Benzini bersaudara digambarkan sebagai ingatan dari Jacob yang sudah berusia sembilan puluh tahunan. Ia dirawat di panti jompo. Dan menghabiskan masa tuanya dengan bersungut-sungut, sampai ia diberitahu bahwa akan ada rombongan sirkus yang akan datang. Ia kembali mempunyai semangat hidup karena ingin menonton pertunjukkan itu.

Water for elephants sudah difilmkan. Robert Pattinson akan memerankan sebagai Jacob Jankowski. Semoga film ini akan ditayangkan di Indonesia, mengingat film dari Hollywood dilarang masuk kenegara kita :'(

PS : Novel ini menarik namun terkesan agak vulgar. Mungkin hanya cocok dibaca oleh 17 tahun keatas.

Sabtu, 09 April 2011

Kitchen

Judul Asli : Kitchin
Penulis : Banana Yoshimoto
Cetakan : Pertama, April 2009
Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia (KPG)
Halaman : vi + 204 hal
Harga : Rp. 15.000,00

Kitchen merupakan karya debut dari Banana Yoshimoto yang langsung meraih penghargaan Sastra Izumi Kyoka 1988 di Jepang. Novel ini sangat sederhana menurut saya. Penulis menggunakan sudut pandang Aku. Dimana Aku disini adalah Mikage Sakurai yang merasa kesepian setelah ditinggalkan oleh ayah, ibu, dan neneknya. Ia menjadi sebatang kara dan uang peninggalan neneknya pun tidak banyak. Hanya dapur yang bisa memberikan Mikage kehangatan. Ia sangat suka tidur di dapur. Baginya, dapur adalah tempat terbaik di dunia.

Tidak berapa lama setelah neneknya meninggal, ada seorang pemuda bernama Yuichi Tanabe yang mengajaknya tinggal di apartemennya. Yuichi merupakan pemuda yang disayangi oleh neneknya Mikage. Ia berpesan kepada Yuichi untuk menjaga Mikage. Mikage pun tinggal di apartemen Yuichi bersama ibu Yuichi, Eriko.

Eriko sebenarnya adalah ayah kandung Yuichi. Tetapi, setelah istrinya meninggal, ia memutuskan untuk berubah menjadi perempuan dengan cara mengoperasi seluruh bagian tubuhnya. Kemudian ia menjelma menjadi seorang perempuan cantik yang bekerja di klab malam miliknya.

Mikage, Yuichi, dan Eriko menjadi sangat akrab. Tetapi, suatu malam Eriko dibunuh oleh seorang penguntit. Yuichi dan Mikage merasakan kehilangan yang sangat dalam. Satu lagi orang yang dicintai Mikage berpulang. Ia merasa hidupnya terus ditimpa kemalangan.

Dibagian kedua, terdapat novellet Moonlight Shadow. Menceritakan Satsuki yang mengalami kesedihan akibat pacarnya, Hitoshi meninggal karena kecelakaan. Ia bernasib sama dengan adik Hitoshi yaitu Shu yang pacarnya juga meninggal. Mereka berdua saling berbagi perasaan duka. Dan berusaha tabah ditinggalkan orang yang mereka cintai.

Kedua bagian dari novel ini tampaknya menceritakan kematian. Kita dibuat terhanyut oleh perasaan si tokoh dalam novel ini dan turut merasakan bagaimana rasanya berjuang mengatasi perasaan duka yang mendalam.

Sabtu, 02 April 2011

Detektif Conan vol. 60

Judul : Detektif Conan 60
Komikus : Aoyama Gosho
Alih bahasa : Nunik Sulistyowati
Penerbit : Elexmedia Komputindo
Tahun : 2011


Ok, setelah tidak membaca novel atapun komik selama seminggu karena konsentrasi pada UTS cieleh.. akhirnya hari ini ada juga yang selesai aku baca. Dan komik pertama yang aku baca bulan ini adalaaahhh Detektif Conan volume 60! huhuy...

Detektif Conan Vol. 60 terdiri dari 4 kasus pembunuhan. Kasus pertama adalah sambungan dari volume 59. Terjadi pembunuhan ditempat karaoke. Kasus kedua melibatkan grup deketktif cilik. Tentang pembakaran apartemen. Didalam kasus ini, dicurigai ada seorang anggota dari organisasi berjubah hitam yang dikeluarkan. Kasus ketiga adalah laki-laki berpalu yang meresahkan masyarakat kota Beika. Dan kasus terakhir adalah pembunuhan diruang tertutup.

Sebagai penggemar detektif Conan sejak kelas 4 SD, saya sempat takut penulis komik ini yaitu Aoyama Gosho terkena dampak tsunami yang menyerang Jepang. Tapi syukurlah dia selamat :)) Entah benar atau tidak gosip bahwa Conan hanya sampai volume 65, tapi aku berharap Conan cepat jadi Shinichi lagi :O