Minggu, 30 Januari 2011

Detektif Conan vol. 59

Judul : Detektif Conan vol. 59
Penulis : Aoyama Gosho
Penerbit : Elexmedia Komputindo
Tahun : 2011

Kasus 1
Kasus ini merupakan lanjutan dari volume 58 dimana Kier yang merupakan anggota CIA yang menyusup kedalam organisasi berjubah hitam disuruh Gin untuk menembak Suichi Akai, seorang anggota FBI yang mengejar kawanan itu.

Kier dikenal sebagai Rena Mizunashi, seorang reporter televisi. Untuk meyakinkan Gin, ia terpaksa menembak Akai dan meledakkan mobil yang dipakai Akai.

Kasus 2 :
Minayo Hasaka (29) , seorang penata rias membunuh mantan kekasihnya Shiro Nagasaku (28) pegulat. Dengan memanfaatkan alibi Eri Kisaki, pengacara yang juga istri dari detektif Kogoro Mouri yang sedang berada di salon Minayo, Minayo menggunakan trik untuk menjatuhkan mayat Shiro ke jalanan dua tingkat dibawah salonnya.

Kasus 3 :
Kasus ini sangat panjang, sebanyak 6 file. Terjadi pembunuhan berantai dari anak keluarga Torada dan musuh bebuyutannya, keluarga Tatsuo. Pembunuhan ini mempunyai ciri khas, yaitu ditemukannya lipan disamping mayat yang dibunuh.
Pola pembunuhan ini mengikuti strategi perang yang diuraikan Sun Tzu. Cepat seperti angin, tenang seperti hujan, dahsyat seperti api, diam seperti gunung. Namun, pembunuhan ini belum berakhir karena masih ada satu halilintar!
Apakah pembunuhan ini mempunyai hubungan dengan pembunuhan polisi Kai dimasa lalu? Conan dan Heiji bekerja sama menyelidiki kasus ini dan membuat pelaku mengakui semua kejahatannya.

Kasus 4 :
Ketika sedang berada di tempat karaoke bersama Ran, Sonoko, dan Eisuke Hondo, Conan menemukan seorang laki-laki yang diduga merupakan agen FBI yang mengikuti Eisuke terbunuh. -Bersambung-

Sabtu, 29 Januari 2011

Bocah Muslim di Negeri James Bond

Judul : Bocah Muslim di Negeri James Bond
Penulis : Imran Ahmad
Penerbit : Mizan
Halaman : 466
Tahun : 2009

Entah kenapa dalam edisi bahasa Indonesianya buku ini diterjemahkan sebagai 'Bocah Muslim di Negeri James Bond' padahal judul aslinya adalah 'Unimagined'.

Daripada sebuah novel, menurut saya buku ini lebih sebagai otobiografi penulisnya. Di sudut kanan atas setiap halaman akan dituliskan usia dan tahun kejadian pada setiap bab.

Sebagai bocah muslim keturunan Pakistan yang tinggal di negaranya James Bond yaitu Inggris (Saya kira negeri James Bond itu Amerika Serikat -__-) Imran harus menerima kenyataan bahwa ia 'berbeda' dengan teman-temannya. Tak hanya perbedaan warna kulit karena ia adalah bangsa Asia, tapi juga perbedaan keyakinan yang bisa ditebak dari nama belakangnya yaitu Ahmad.

Menginjak remaja, Imran menjadi sosok remaja yang labil dalam hal agama. Ia memiliki keraguan manakah agama yang benar. Antara Islam dan Kristen. Apakah Islam adalah agama yang dibawa oleh Setan seperti kata temannya yang beragama Kristen Evangelis? Imran terus dihantui apakah ia akan masuk neraka karena ia tidak percaya pada pengorbanan darah Yesus. Tapi diakhir buku ini Imran menemukan kepercayaan penuhnya terhadap Islam.

Hidup di Inggris yang notabene adalah negara yang bebas juga memengaruhi Imran. Ia jatuh cinta terhadap seorang gadis bernama Janice yang diyakininya akan menjadi jodohnya. Imran sangat ingin menjadi pacar Janice yang cantik dan membayangkan akan bercinta dengannya. Imran kerapkali mengunjungi Janice di kamar asramanya dan pernah berciuman dengan Janice.Tetapi pertanyaan 'Apakah Tuhan akan marah kepadaku dan memasukkanku ke dalam neraka' menjadikan Imran untuk menjauhi perbuatan yang tercela dimata Tuhan tersebut.

Di cover buku ini saya membaca komentar dari The Guardian dan The Sydney Morning Herald yang mengatakan bahwa buku ini sangat kocak dan penuh rasa humor. Tapi saya sendiri tidak merasakan bahwa buku ini lucu. Apa mungkin karena terjemahan bahasa Indonesia yang menjadikan buku ini tidak lucu? atau rasa humor orang barat dan Indonesia berbeda?

Ada satu bagian yang menurut saya merupakan sudut pandang yang salah dari seorang Imran. Ia menganggap bahwa menutup aurat dari ujung kepala sampai ujung kaki itu tidak ada dalam Islam melainkan hanya ajaran dari aliran wahabisme. Padahal alquran sudah menerangkan bahwa seluruh tubuh perempuan wajib ditutup kecuali muka dan telapak tangan.

Sebenarnya saya sudah satu tahun membeli buku ini tapi mandeg ditengah jalan hehehe.

Buku ini membuat saya mengambil kesimpulan : 
Jangan menilai Islam dari perilaku para penganutnya, tetapi lihatlah dari keindahan ajaranya.

Rabu, 26 Januari 2011

Tanah Tabu


Judul : Tanah Tabu
Penulis : Anindita S. Thayf
Penerbit : Gramedia
Halaman : 240
Tahun : 2009

Entah kenapa saya baru bisa menyelesaikan membaca buku ini tadi pagi. Padahal saya telah membelinya pada bulan agustus tahun 2009. Mungkin karena saya tidak mengerti jalan ceritanya pada awalnya atau karena memang saya yang sedang malas membaca pada saat itu.

Ketika kemarin saya coba untuk membaca lagi lanjutan buku ini, saya menemukan sesuatu yang berbeda ketika saya dulu membacanya. Saya bisa merasakan keindahan tanah papua yang eksotik. Novel ini sendiri merupakan pemenang I sayembara novel DKI 2008. Saya rasa penghargaan tersebut memang layak diberikan mengingat isi novel ini yang berbeda dari novel kebanyakan.

Secara garis besar, tanah tabu merupakan kisan tentang Mabel. Seorang perempuan yang sudah berumur tetapi sangat berani menyuarakan pendapatnya walau harus mengorbankan nyawanya sendiri. Ia mempunyai cucu bernama Leksi yang mempunyai rasa ingin tahu yang teramat tinggi.

Leksi sejak kecil tidak pernah bertemu dengan ayahnya yang meninggalkan dia dan Mace sejak Leksi dalam kandungan. Ayahnya tidak pernah mengakui Leksi sebagai anaknya karena Mace pernah diperkosa oleh kawanan laki-laki bersenjata yang membuatnya trauma.

Sudut pandang dinovel ini bergantian dituturkan oleh Leksi (aku), Pum, dan Kwee. Pum sudah dianggap lebih dari sahabat atau bahkan saudara oleh Mabel sehingga Mabel bisa menceritakan segala rahasianya pada Pum. Sedangkan Kwee juga sudah dianggap saudara sendiri dan Kwee seringkali menjaga Leksi. Mereka berlima tinggal dalam satu atap.

Pergantian sudut pandang dalam penceritaan itulah yang terkadang membuat saya bingung sehingga harus kembali lagi ke halaman sebelumnya untuk melihat judul siapa yang bercerita.

Perlawanan terhadap perusahaan emas di Papua yang mengeruk tanah tabu demi kepentingan pendatang tersebut, penindasan terhadap wanita yang dilakukan kaum pria, dan pemilihan bupati yang terus ditentang oleh Mabel adalah isi dari novel ini. Anindita begitu apik dalam menyampaikan setiap gagasannya.

Kata-kata favoritku dalam novel ini adalah :
Ya, Tuhan. Waktu itu aku berharap lebih baik mati saja, dan kalaupun rohku masuk neraka, setidaknya siksaan di sana pastilah dijatuhkan-Nya dengan adil; sesuai kesalahan yang kulakukan. (Hal 158)

The Hardy Boys : Rahasia Gua Honeycomb

Judul : The Hardy Boys - The Secret of the Caves
Penulis : Franklin W. Dixon
Penerbit : Elexmedia Komputindo
Halaman : 168

Chet Morton mengajak Hardy bersaudara untuk mencari harta karun dengan alat pendeteksi logam miliknya di gua-gua Honeycomb. Bertepatan dengan itu muncul Mary Todd yang mengaku kehilangan kakak laki-lakinya, Morgan Thomas Todd dosen hubungan internasional di Kenworthy College.

Mary ingin Pak Hardy menemukan kakaknya. Detektif itu menawarkan anak-anaknya, Frank dan Joe untuk membantunya. Tentu saja Frank dan Joe menyetujui hal ini.

Frank dan Joe mencari informasi di Kenworthy College dan bertemu dengan Cadmus Quill, asisten dosen Morgan Todd yang mencurigakan. Hardy bersaudara menemukan petunjuk dimana Morgan Todd berada dari pesan yang dituliskan di soal ujian yang dibuat profesor tersebut.

Kemudian, sahabat mereka Chet Morton yang mempunyai alat pendeteksi logam terbaru dan Biff Hooper menyadari bahwa alat pendeteksi logam milik Chet yang mereka remehkan ternyata malah mengantarkan mereka ke pencarian di gua-gua Honeycomb.

Di gua-gua honeycomb, keempat serangkai tersebut ada seorang pertapa bernama Wilson yang bertingkah laku seakan-akan dia sedang sakit jiwa. Ia mengaku telah terdampar di gua tersebut dan hidup seorang diri.

Hardy bersaudara beserta Chet dan Biff terus menyelidiki kasus ini dan hubungannya dengan hilangnya Morgan Todd serta kasus yang sedang ditangani ayahnya.

Setelah banyak pendekatan berbahaya, Frank dan Joe menemukan lampu sorot bertenaga di salah satu gua berbatu di sepanjang pesisir pantai. Dalam cahaya putih lampu sorot, rahasia mengejutkan di balik gua-gua itu

Dari dulu aku memang menyukai cerita-cerita detektif semacam ini karena seru. Buku ini kutemukan secara tak sengaja di kamar kakakku ketika aku ngubek-ngubek kamarnya sewaktu mencari buku untuk dibaca. Ternyata serial ini sudah sangat lama. Cetakan pertama pada tahun 1927. Wow, itu hampir satu abad ya, kok aku baru tahu sama buku ini? --"

Minggu, 23 Januari 2011

Dunia Sophie


Judul : Dunia Sophie
Penulis : Jostein Gaarder
Halaman : 785
Penerbit : Mizan
Tahun : 2010


Sophie Amundsend, 14 tahun menemukan sebuah surat di kotak surat miliknya. Surat itu ditujukan kepadanya. Pada amplop tertulis "Sophie Amundsend, 3 Clover Close." Di amplop itu tidak disebutkan siapa pengirimnya. Dan tanpa perangko.

Sophie membuka amplop itu dan didalamnya ada secarik kertas bertuliskan : Siapakah kamu?

Kemudian Sophie menemukan lagi sepucuk surat Darimanakah datangnya dunia?

Surat-surat misterius itu membuat Sophie pusing. Pertanyaan-pertanyaan itu sungguh menjengkelkannya! Untuk yang ketiga kalinya Sophie memeriksa kotak surat. Disitu ada kartu pos yang tertempel sebuah perangko Norwegia dan diberi cap pos "Batalion PBB".

Sophie merasakan detak jantungnya bertambah cepat ketika dia melihat kepada siapa kartu pos itu dialamatkan : "Hilde Moller Knag, d/a Sophie Amundsend, 3 Clover Close..." Kartu itu berbunyi :

Hilde sayang, selamat ulang tahun ke-15! Karena aku yakin kamu akan mengerti, aku ingin memberimu sebuah hadiah yang dapat membantumu berkembang. Maafkan aku telah mengirimkan kartu ini ke alamat Sophie. Itu adalah cara yang paling mudah. Salam sayang dari ayah.
Mengapa seorang ayah mengirimkan sebuah kartu ulang tahun ke alamat Sophie, sedangkan jelas sekali bahwa kartu tersebut ditujukan ke tempat lain? Ayah macam apa yang memperdaya putrinya sendiri lewat sebuah kartu ulang tahun yang sengaja dikirimkan ke sembarang alamat? Bagaimana mungkin itu merupakan jalan termudah? Dan selain itu, bagaimana dia dapat melacak si Hilde ini?


Sophie menyembunyikan surat-surat yang didapatnya pada sebuah kaleng biskuit. Ia diam-diam membaca surat-surat itu di sarang tempat persembunyiannya. Suatu hari ia bertemu dengan laki-laki pengirim surat itu yang juga kemudian menjadi guru filsafatnya yaitu Alberto Knox.

Siapakah sebenarnya Hilde? Mengapa ayahnya mengirimkan surat-surat kepada Sophie? Sungguh saya samasekali tidak menyangka akhir dari cerita ini. Semuanya diluar dari yang saya pikirkan.

Dunia Sophie merupakan sebuah novel filsafat yang dikemas dalam bentuk kisah detektif. Setiap bab selalu menyelipkan tentang sejarah filsafat beserta tokoh-tokohnya sejak zaman Yunani kuno hingga sekarang. Novel ini begitu pintarnya mampu menyajikan pelajaran filsafat yang dianggap sebagian orang membosankan menjadi sesuatu yang menarik dan membuat penasaran.

Sabtu, 22 Januari 2011

100+ Reading Challenge


Tahun ini saya ingin membaca buku sebanyak mungkin. Karena itu saya mengikuti tantangan ini. Entah apakah saya bisa menyelesaikan membaca 100 buku atau hanya bisa setengah atau bahkan seperempatnya saja -_- .
Beberapa buku sudah saya tulis reviewnya.

Januari :
1. The Kite Runner
2. The Strange Girls
3. Panjul's Diary
4. The Golden road
5. The Ninth
6. Warrior - Sepatu Untuk Sahabat
7. Dunia Spohie
8. The Hardy Boys - Rahasia Gua Honeycomb
9. Tanah Tabu
10. Bocah Muslim di Negeri James bond
11. Detektif Conan Vol. 59

Februari :
12. The Host
13. Writer vs Editor
14. Sang Pencerah
15. Ranah 3 Warna
16. Pak Beye dan Istananya

Maret :
17. Doctors
18. De Journal
19. Evermore
20. The Story of My Life
21. The Sands of Time
22. Bluemoon

April :
23. Detektif Conan Vol. 60
24. Kitchen
25. Water For Elephants
26. Karmila
27. Siap-siap Nikah
28. Pride and Prejudice
29. The Adventures of Huckleberry Finn

Mei
30. Enrique's Journey
31. Sherlock Holmes
32. Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken
33. The Strory Girl
34. Psychologyve
35. The Street Lawyer
36. Size 12 Is Not Fat
37. Lima Sekawan ke Bukit Billycock

Juni
38. Detektif Conan Vol. 61
39. The Journeys
40. Eight Cousins
41. To Kill A Mockingbird

Juli
42. 100 Peristiwa yang Mungkin Menimpa Anda
43. Anak Kos Dodol Tamat
44. Queen of Babble in The Big City
45. Pangeran Pencuri
46. Misi : Sukses!
47. Cinta Suci Zahrana
48. The Crying Tree
49. Nasional.is.me
50. Libri di Luca

Agustus
51. 9 Summers 10 Autumns
52. Detektif Conan Spesial 36
53. Perhaps You
54. Detektif Conan Volume 62
55. Maya
56. Suddenly Supernatural : Kat Si Medium Penakut
57. The Innocent Man
58. Filosofi Kopi
59. Kedai 1001 Mimpi
60. Namaku Miiko Volume 1

September
61. Inkheart
62. Namaku Miiko Volume 2
63. Namaku Miiko Volume 3
64. Just Patty
65. The Body Finder
66. The Candy Makers
67. Hai Miiko Vol. 23
68. Lola Rose
69. 99 Cahaya Langit di Eropa

Oktober
70. Charlie and the chocolate factory
71. The Witches
72. Kim
73. Shadowland
74. Smile

November
75. Letters to Sam
76. Gadis Jeruk
77. Negeri Van Oranje
78. Aggelos
79. The Little Prince

Desember
80. Hunger Games
81. Matilda
82. The English Roses
83. Catching Fire
84. Perfect Chemistry
85. Detektif Conan (movie) - The Time Bombed Skycrapper (first)
86. Detektif Conan (movie) - The Time Bombed Skycrapper (last)
87. Ijime : If I have enough courage
88. Ijime : The lonely war

Untuk mengikuti book challenge ini, silahkan klik disini

What's in a name 4

Ditahun 2010 kemarin aku tidak terlalu banyak membaca buku dikarenakan baru masuk kuliah, jadi sedang ribet-ribetnya hohoho. Nah, ditahun ini aku mau meningkatkan  minat membacaku. Aku kemudian menemukan book challenge diblognya mbak Fanda tantangannya menarik.


Kita harus membaca buku yang judulnya mengandung kata-kata : size, number, travelling/movement, jewelry/gem, evil dan life stage.

Dan buku yang aku pilih :

1. Life Stage

The Kite Runner-Pengejar Layang layang.




2. Jewelry/Gem

The Golden Road


3. Number

The Ninth


4. Traveling/Movement

Enrique's Journey

5. Size

Size 12 Is Not Fat


buku lainnya menyusul yaa.. hehe

Kamis, 20 Januari 2011

Warrior : Sepatu Untuk Sahabat

Judul buku : Warrior : Sepatu Untuk Sahabat
Penulis : Arie Saptaji
Jumlah halaman : 192
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2007

Novel ini berlatar belakang awal tahun 80-an di Temanggung dengan nuansa budaya Jawa yang kental. Arie Saptaji berhasil membuktikan bahwa teenlit tidak hanya bercerita tentang remaja di kota metropolitan dengan gaya hidup yang ‘wah’ tetapi ia menyajikan teenlit dengan gaya yang sederhana namun mampu memikat pembacanya.

Tokoh utama di novel ini adalah Sri. Seorang anak SMP yang sederhana. Ia tinggal di bilik beralas tanah dengan simbok semenjak ayahnya meninggal. Di bilik itulah ia sering di dongengkan oleh simbok. Cerita yang paling di sukainya adalah Timus mas.

Walaupun sering diolok-olok teman-temannya sebagai anak penjual lopis, Sri tidak pernah merasa rendah diri. Ia terus membuktikan bahwa ia mampu berprestasi.

Sri merupakan salah satu siswi yang jago olahraga di sekolahnya sehingga ia dan sahabatnya Lisa yang juga merupakan ketua OSIS di ikutkan dalam lomba gerak jalan mewakili sekolahnya.

Tapi ada satu hal yang mengganjal pikiran Sri. Sepatu yang di milikinya sudah tidak layak. Sri tidak mempunyai uang dan ia tidak ingin merepotkan simbok untuk membelikannya sepatu baru.

Beruntung Sri mempunyai sahabat yang baik seperti Lisa. Ibunya Lisa mengajak Sri untuk membantu bisnis kuenya. Sri mendapatkan uang dari pekerjaannya tersebut. Ketika uang sudah terkumpul Sri malah menyumbangkannya untuk Joni.

Lalu bagaimana cara Sri untuk membeli sepatu warrior tersebut ?

Di sini kita akan menemukan ketabahan hati seorang remaja yang tidak pantang menyerah dan suka bekerja keras di tengah keterbatasan ekonomi.

The Ninth - Anak Kesembilan

Judul : The Ninth-Anak Kesembilan
Pengarang : Ferenc Barnas
Tahun : 2010
Jumlah Halaman : 296
Penerbit : Gramedia


Pilihan saya jatuh pada buku ini karena saya ingin memenuhi 'book chalenge' yang mengharuskan untuk membaca buku dengan judulnya yang mengandung unsur 'angka'.


Buku ini ditulis seperti buku harian. Dengan alur cerita yang datar. Dari bab satu sampai tujuh. saya tak menemukan konflik disini. Semuanya hanya berupa cerita yang tidak ada riaknya. Hanya berupa pandangan anak kecil tentang dunia di sekitarnya.

Novel ini berkisah tentang anak kecil yang merupakan anak kesembilan dari sebelas bersaudara di Hongaria pada tahun 60an. Pada saat itu sedang berkembang rezim komunis.

Di bab pertama saya dikejutkan oleh si anak kecil yang membunuh teman-temannya. Namun rupanya itu hanyalah mimpinya dan tidak ada korelasi apa-apa dengan bab selanjutnya padahal saya sangat ingin mengetahui apa maksud mimpi tersebut.

Di novel ini dipaparkan pandangan-pandangan anak itu terhadap saudara-saudaranya. Betapa ia berbeda dengan saudaranya yang lain. Juga tentang ibunya yang merupakan penganut katolik yang taat dan sangat suka memainkan organ serta dekat dengan pendeta.

Ia menggambarkan kehidupannya yang miskin dimana ia harus berbagi ranjang dengan saudara-saudaranya. Ia sangat takut dengan ayahnya yang pemarah dan ibunya yang tak bisa berbuat apa-apa untuk melawan suaminya.

Sebagai keluarga yang religius mereka menjual rosario untuk menopang ekonomi keluarga. Ia juga menjadi putra altar bersama beberapa saudaranya.

Tentang sekolahya, ia menceritakan tentang teman-temannya yang suka membully-nya. Ia mempunyai guru favorit di sekolah ini yaitu Bu Vera. Konflik cuma sedikit muncul di beberapa bab terakhir ketika ia mencuri uang guru yang di sukainya.

Akhir yang menggantung menjadikan saya kecewa dengan buku ini.

Minggu, 16 Januari 2011

The Golden Road


Judul : The Golden Road
Penulis : LM. Montgomery
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Halaman : 350
Tahun : 2010

Bersetting di sebuah desa Carlisle di Pulau Prince Edward. Di sanalah Sara Stanley- si gadis pendongeng- menghabiskan masa kecilnya bersama anak-anak keluarga King. Di Carlisle mereka menemukan petualangan-petualangan indah dan mendengarkan si gadis pendongeng menceritakan kisah-kisah yang menarik.

Pada suatu siang di bulan November, mereka semua berencana untuk membuat majalah yang di beri nama Majalah Kita. Ide untuk membuat majalah ini di miliki oleh Si Gadis Pendongeng namun di sampaikan oleh Beverley.

Masing-masing anak bertanggung jawab terhadapa kolom-kolom di majalah itu. Beverley sebagai editor, kemudian Felicity King, Cecily King, Felix, Peter Craig, Dan King, Sara Ray, dan Si gadis pendongeng. Setiap bulan mereka menerbitkan majalah tersebut.

Ketika mereka semua telah melewati masa-masa yang menakjubkan bersama, ayah si gadis pendongeng muncul untuk menjemput putrinya. Si gadis pendongeng harus pindah ke Paris. Namun persahabatannya dengan anak-anak keluarga King tetap terjalin sampai puluhan tahun kemudian.

Petualangan yang di alami oleh si gadis pendongeng dan teman-temannya mengingatkan saya pada masa kecil saya. Setiap hari terlihat seperti sebuah hari menakjubkan yang penuh dengan hal-hal menyenangkan untuk di selami. Dan sama seperti yang di rasakan oleh mereka semua, masa kecil itu terasa sangat cepat berlalu :')

Selasa, 11 Januari 2011

Panjul's Diary

Pilihan saya kali ini jatuh kepada buku dengan genre humor. Panjul's Diary-catatan harian mahasiswa lebay- adalah seri kedua dari Panjul's Diary. Gaya bahasanya ringan ber-elo gue mirip-mirip sama gaya bahasa temen saya Hakiimz

Panjul's Diary terdiri dari 33 bab. Masing-masing bab berisi cerita pendek yang memang benar-benar pendek. Jayus adalah kata yang paling cocok untuk menggambarkan keseluruhan isi dari buku ini. Terkadang juga lebay (atau memang itu tujuan penulisannya ya? *hehe). 

Ada satu bab yang ketika saya melihat judulnya saja sudah merinding yaitu "Reptil bernama... cicak!". Sebagai cicak phobia saya otomatis teriak ketika menemukan ada gambar cicak dihalaman tersebut. Saya berusaha tetap membaca bab tersebut namun... saya menyerah! Perut saya serasa di aduk-aduk karena ada cicak yang masuk ke cangkir berisi susu milik Panjul. Huekkss.. alhasil saya rada parno ketika minum susu :'O

Panjul's Diary juga memberikan kita tips-tips yang menyesatkan, mmm...maksud saya bermanfaat seperti tips menghadapi patah hati dan tipsngasih hadiah ultah yang yahud. Panjul juga membeberkan pengalamannya dalam hal memasak walaupun saya agak ragu untuk mencoba resep masakan yang ia berikan.

Pengalaman yang didapat Panjul terkadang sama saja dengan pengalaman yang kita dapat sehari-hari seperti saat Panjul mengahadapi UTS, atau saat ia kesulitan menghadapai mata kuliah. Kisah yang di tuliskan dengan humor ini tidak menjadikan penghalang untuk kita mendapat hikmah yang terkandung di dalamnya *cielahh

The Strange Girls

Buku ini merupakan buku kedua yang saya baca di tahun 2011. Ketika membaca The Strange Girls kesan pertama saya adalah seperti teenlit pada umumnya yang akhir ceritanya bisa di tebak. Saya berusaha menikmati setiap halaman yang di suguhkan. Namun saya tidak menemukan konflik yang greget di novel ini.

Ya, akhir ceritanya sangat bisa di tebak. Dea sebagai tokoh utama beserta ketiga sahabatnya yaitu Liora, Ayu, dan Wetsy bertemu dengan Alfonso dan teman-temannya. Cerita klise pun muncul. Tokoh utama yang saling berantem kemudian saling jatuh cinta.

Persahabatan begitu kental di tonjolkan dan khas anak SMA di kalangan elit. Menurut saya nama tokoh-tokoh terlalu di paksakan. Nama-nama barat begitu mendominasi.

Terlepas dari semua kekurangan yang saya sebutkan di atas, novel ini cukup kocak dan adegan-adegan tentang cinta mampu membuat pembaca senyum-senyum sendiri.

:)

Minggu, 09 Januari 2011

The Kite Runner

Judul : The Kite Runner
Penulis : Khaled Hosseini
Penerbit : Qanita
Halaman : 490
Tahun : 2009
Cetakan Ke- : VIII

Saat membuka halaman pertama buku ini saya merasakan atmosfir padang pasir. Seakan-akan saya tersedot kesebuah negara Afganistan dimasa lalu.

Saya pikir ini adalah cerita anak-anak. Kisah seorang Amir dan pelayannya, Hassan yang selalu menghabiskan waktunya dengan bermain bersama.Ternyata lebih dari itu. Buku ini berisi perjalanan hidup yang sangat rumit.

Perbedaan kasta sangat kental. Hassan adalah seorang Hazzara yang di anggap mempunyai strata sosial yang rendah. Ia anak pelayan bernama Ali yang sudah lama melayani keluarga Amir. Hassan berbibir sumbing. Ibunya seorang wanita penghibur yang meninggalkan ia dan ayahnya. Sedangkan Amir adalah anak dari majikan Hassan. Ia saudara sesusu Hassan. Amir tidak pernah menganggap Hassan adalah sahabatnya. Ia hanya menganggap Hassan seperti boneka yang bebas ia permainkan.

Hassan sangat banyak berkorban demi Amir. 'Untukmu yang keseribu kalinya' selalu di katakan Hassan kepada Amir. Suatu ketika Hassan dan ayahnya, Ali pergi dari rumah keluarga Amir. Kepergian Hassan membuat Amir senantiasa selalu di hantui oleh masa lalunya. Betapa ia adalah seorang pengecut yang tidak berani berbuat apa-apa. Perasaan bersalah itu terus membayanginya sampai tua. Sampai ia bisa menebus 'dosa' masa lalu yang dilakukannya terhadap Hassan.

Ketika Rusia menyerang Afganisthan, Amir dan ayahnya terpaksa meninggalkan Afganistan yang tidak lagi aman. Mereka berdua membangun kehidupan yang sangat berbeda di Amerika. Suatu saat, Amir kembali ke Afganistan, negara kelahirannya yang sama sekali tidak dikenalinya karena telah hancur akibat perang. Amir pergi ke Afganistan karena harus menemukan seseorang.

Alur cerita yang campuran (maju-mundur-maju) membuat kita tidak bosan saat membacanya. Terdiri dari 25 bab dan 490 halaman. Khaled Hosseini sungguh berhasil membuat kita terpikat dengan ketulusan Hassan dan di buat kesal dengan ketidakberanian Amir dalam mengambil keputusan.

Jadi tidak sabar untuk menonton film The Kite Runner :D

Sabtu, 08 Januari 2011

Number 5

Mbak Daisy membuat sebuah book challenge yaitu 5 buku, 5 negara, 5 penulis (I looovveee number 5 :D ) Saya merasa tertantang juga untuk mengikutinya. Seringkali kita tidak menyadari buku yang kita baca itu berasal dari negara yang berbeda-beda. Ini buku yang saya pilih (sengaja saya pilih berbeda dengan buku pada book challenge yang lain :p biar seru )


1. Bocah muslim dinegeri James Bond
Penulis : Imran Ahmad
Inggris

2. Dunia Sophie
Penulis : Jostein Gaarder
Norwegia

3. Ranah 3 Warna
Penulis : A. Fuadi
Indonesia


4. The Adventures of Huckleberry Finn
Penulis : Mark Twain
Amerika Serikat

5. Kitchen
Penulis : Banana Yoshimoto
Jepang