Rabu, 16 November 2011

Negeri Van Oranje

Judul : Negeri Van Oranje
Penulis : Wahyuningrat, Adept Widiarsa, Nisa Riyadi, Rizky Pandu Permana
Penerbit : Bentang Pustaka
Tahun : 2009
Halaman : 478




Beginilah jadinya kalau novel ditulis secara keroyokan. Cerita yang ada dinovel ini pun berasa keroyokan juga. Sebenarnya ceritanya standar, namun setting yang berada di Belanda mampu menambah poin plus. Jadi, 5 tokoh yang sedang belajar di Belanda untuk meraih S2 ini ceritanya berasal dari Indonesia, namun dari daerah dan latar belakang yang berbeda. Karena diantara mereka berlima hanya ada satu orang cewek yaitu Lintang, alhasil Lintang diperebutkan. Lintang sendiri sebenarnya lebih menyukai Geri, walaupun Lintang sudah memiliki pacar.


Perjuangan mendapatkan cinta Lintang sepertinya menjadi pondasi dinovel ini. Disamping itu, acara jalan-jalan yang sering dilakukan oleh Aagaban (geng Lintang cs) juga mendominasi, ditambah banyaknya tips-tips yang diberikan untuk bisa survive di Belanda.


 Ada satu hal yang membuat saya lumayan terganggu saat membaca novel ini sejak awal. Yaitu banyaknya catatan kaki dan penjelasan yang saya rasa tidak begitu penting. Apalagi catatan kaki yang menurut saya sangat jayus.

Lalu, kenapa diberi judul Van Oranje? Teryata karena Van Oranje adalah orang yang dianggap sebagai pendiri negeri Belanda atau 'Bapak Bangsa'. Yah, awalnya aku pikir karena di negeri Belanda banyak bangunan-bangunan berwarna oranye, hahaha.

[Here]

4 komentar:

  1. hihihi, walaupun lucunya dipaksain tapi ada cerita yang bener2 lcu menurutku, pas kudu nganterin orng dari indonesia yang songong, sukses ketawa aku

    BalasHapus
  2. Aku nyoba baca buku ini dan ga selesai karena ga bisa nemu titik fokusnya. :P

    BalasHapus
  3. kemarin saya sempat baca buku ini beberapa halaman.. tapi kok saya kurang tertarik yah.. jadinya saya balikin lagi deh bukunya...

    BalasHapus