Senin, 21 November 2011

Little Prince-Pangeran Kecil

Judul : Little Prince-Pangeran Kecil
Penulis : Antoine de Saint-Exupery
Penerbit : Gramedia
Halaman : 112
Tahun : 2009



Alasan saya membeli novel ini adalah begitu banyak rekomendasi yang mengatakan bahwa novel ini bagus untuk dibaca segala usia. Maka dengan sikap saya yang suka ikut-ikutan, akhirnya saya membelinya :). Disamping itu, saya sendiri lumayan suka dengan buku cerita anak. Karena biasanya didalamya terdapat imajinasi tinggi yang jarang ditemukan dalam novel remaja ataupun dewasa. 

Setelah saya membaca pangeran kecil, saya berkesimpulan bahwa novel ini ternyata lebih cocok dibaca oleh orang dewasa. Karena novel ini berisi kritikan terhadap sikap orang dewasa yang begitu aneh. Ketika kita dewasa cara pikir kita menjadi sempit. Tidak sama seperti saat kita masih anak-anak : begitu bebas dan menyenangkan. Dunia orang dewasa yang monoton digambarkan dalam bentuk planet-planet kecil yang dikunjungi si pangeran kecil. Ceritanya sangat sederhana, namun begitu banyak pelajaran yang bisa kita ambil.

Saat pangeran kecil mengunjungi Bumi, ia bertemu dengan seorang pedagang di gurun pasir. Pedagang yang merupakan si 'aku' adalah sosok orang dewasa yang sering berbagi cerita dan filosofi hidup dengan pangeran kecil.

Pangeran kecil sendiri sebenarnya merupakan wujud seorang anak yang ingin menyampaikan cara pandangnya terhadap orang dewasa yang kerapkali tidak menghargai kreativitas seorang anak dan menghindari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan anak. Seperti saat si 'aku' menggambar seekor ular Boa yang memakan gajah, semua orang dewasa mengatakan bahwa itu adalah gambar topi. Akhirnya si 'aku' tidak mau lagi meminta pendapat orang dewasa dan lebih memilih untuk membicarakan politik, golf, dan hal lain yang disenangi orang dewasa.

10 komentar:

  1. hmmm, tapi nggak sesempit itu sih cara pikir orang dewasa. Anak2 memang bebas dan apa adanya karena mereka belum bisa ngebedain mana yang baik dan mana yang jelek.

    coba aja buku2 kayak gini gratis, jadi saya ndak usah beli ...hahaha peace :D

    BalasHapus
  2. iya, tapi begitulah kira-kira cara pandang pangeran kecil terhadap orang dewasa :)

    BalasHapus
  3. wah ada juga sih orang dewasa yg kayak anak2 hehee

    BalasHapus
  4. buku ini emang cocok buat orang dewasa, supaya bisa paham cara berpikir anak-anak, minimal supaya gak menghambat imajinasi anak :D

    BalasHapus
  5. Wah, kayaknya bukunya keren deehh.....
    Covernya juga bagus.

    Tapi, aku sedikit banyak juga setuju dengan cara pandang Si Pangeran Kecil. Karena kenyataannya memang banyak orang dewasa yang seperti itu, meskipun tidak semuanya. Karena itu, rasanya buatku, g rela cepet2 jadi dewasa, wkwkwk..... ;D

    BalasHapus
  6. aku udah baca buku ini walaupun dapet dari pinjeman :). isinya bagus. kritikan nih buat orang2 dewasa. kebanyakan kan orang dewasa masih kekanak-kanankan.

    BalasHapus
  7. yak, betul, buku ini banyak sekali direkomendasikan. saya sering baca tentang buku ini, tapi sampai sekarang belum juga baca. :))

    BalasHapus
  8. kalo mau baca online silakan mampir kesini: http://home.pacific.net.hk/~rebylee/text/prince/

    pada dasarnya orang dewasa itu tepat seperti yg dikatakan si pangeran kecil, kalo ada yg engga kayak gitu berarti ada beberapa kemungkinan:
    - dia belum dewasa
    - dia menolak dewasa
    - kita gagal melihat dari perspektif pangeran kecil
    - kita gagal menilai diri sendiri

    terimakasih

    BalasHapus
  9. untuk membaca buku ini saat sd ,
    saya mencurinya dari perpus , hanya gara gara perpus sekolahan ditutup karena alasan yang tidak saya mengerti hingga sekarang,

    dan seperti pangeran , tidak semua orang dewasa melakukan hal yang lebih benar daripada anak kecil,
    seperti para guru2ku waktu aku kecil

    BalasHapus
  10. gan kalo ada yg punya bukunya tolong email ane tegar.h@gmail.com
    udah nyari kemana-mana tapi ga ada yg jual..

    BalasHapus