Jumat, 11 November 2011

Gadis Jeruk

Judul : Gadis Jeruk
Penulis : Jostein Gaarder
Halaman : 252
Tahun : 2011
Penerbit : Mizan



Georg yang sekarang berumur lima belas tahun tiba-tiba mendapat surat dari ayahnya yang sudah meninggal sebelas tahun yang lalu. Surat itu ditemukan berada dikereta merah milik Georg sewaktu ia masih bayi. Tak seorangpun pernah menemukan surat itu sebelumnya. Ketika surat itu ditemukan, hanya Georg yang berhak untuk membacanya, karena surat itu khusus untuknya.

Surat yang penuh misteri itu dituliskan oleh Jan Olav sebelum ia meninggal. Hampir seluruh isi surat itu menceritakan tentang seorang gadis yang diberi nama gadis jeruk. Jan Olav tampaknya mencintai si gadis jeruk. Namun ia tidak pernah tahu siapa gadis itu, mengapa ia selalu membawa berkilo-kilo jeruk dipangkuannya dan mukanya mirip seekor tupai.

Disamping itu, Jan Olav juga menanyakan perihal teleskop Hubble kepada Georg. Bagaimana ayahnya bisa tahu bahwa Georg sedang memiliki proyek ilmiah di sekolah mengenai teleskop itu? Apa hubungan antara gadis jeruk dengan teleskop ruang angkasa?

Novel filsafat yang sangat romantis! lagi-lagi Jostein Gaarder memadukan antara dongeng dengan surat. Sesuatu yang biasa ia lakukan semenjak menulis Dunia Sophie. 5 bintang buat si gadis jeruk.

5 komentar:

  1. awalnya tadi tak kirain gadisnya bakal berubah jadi jeruk :D

    lagi2 cerita misterius ya, menarik kayaknya

    BalasHapus
  2. aku juga suka cerita gadis jeruk. buku ini yang mengantarkan aku untuk berburu buku2 JG yang lain ^^

    BalasHapus
  3. hahaha iya bener kata Sadako, kirain ntar jadi jeruk purut. XD
    bikin penasaran mau baca. judulnya unik...

    BalasHapus
  4. udah lama banget baca buku ini, agak lupa ceritanya gimana =) jadi pengen baca ulang buku2nya gaarder deh!

    BalasHapus