Selasa, 25 Oktober 2011

Smile

Judul : Smile
Penulis : Raina Telgemeier
Tahun : 2011
Penerbit : Gramedia


Bagi seorang gadis, apalagi yang sedang memasuki masa pubertas penampilan adalah hal yang paling utama. Tidak ada satu orang gadis pun yang ingin terlihat jelek, terutama dihadapan lawan jenis. Namun, Raina harus menghadapi kenyataan bahwa ia kehilangan dua gigi depannya.

Tentu saja kehilangan gigi depan adalah hal yang sangat memalukan. Raina dibuat kesakitan dan tidak percaya diri. Untungnya orangtua Raina termasuk orangtua yang cepat tanggap terhadap anaknya. Raina dibawa ke orthodentis untuk memeriksakan giginya.

Raina pun disarankan untuk memakai kawat gigi dan gigi palsu. Disinilah penderitaan Raina muncul. Ia merasa sangat tersiksa dengan kawat gigi itu. Makan jadi tidak enak, penampilannya pun sering diejek teman-temannya.

Perpaduan antara cerita cinta Raina yang bertepuk sebelah tangan dan kelucuan-kelucuan akibat melihat nasib Raina kadang membuat saya tidak bisa menahan tawa. Membaca novel ini juga sangat menyenangkan, selesainya pun cepat. Mungkin memang disinilah kelebihan novel grafis. Kita bisa ikut melihat langsung bagaimana muka Raina saat ia memakai kawat, dan juga complicated nya kehidupan anak ABG serta kelucuan mimik muka Raina yang tentu saja hanya bisa kita bayangkan jika membaca novel biasa.

Karena saya tidak pernah memakai kawat gigi, Smile membuat saya memahami bagaimana perasaan orang yang memakai kawat gigi. Disini saya melihat bahwa kita seharusnya memang memakai kawat gigi jika gigi kita benar-benar bermasalah, bukan hanya untuk gaya-gayaan semata atau hanya untuk mengikuti tren.

Selain itu, juga saya mendapat pelajaran bahwa orangtua di Amerika sangat care terhadap pertumbuhan gigi anak-anaknya. Tidak seperti di Indonesia, ke dokter gigi saja kita jarang :p. Jadi, saya memberikan 4 bintang untuk novel grafis satu ini yang gambarnya benar-benar terlihat hidup.

2 komentar:

  1. beli dimana ? kalo di gramedia online www.gramediapustakautama.com gimana cara belinya?

    BalasHapus