Senin, 12 September 2011

Lola Rose

Judul : Lola Rose
Penulis : Jacqueline Wilson
Tahun : 2007
Penerbit : Gramedia
Halaman : 304



Mempunyai istri yang cantik tidak membuat ayah Jayni mencintai istrinya. Malah sebaliknya, ia selalu memukuli Mum terutama jika ia sedang bad mood. Tidak tahan diperlakukan terus seperti itu, Mum mengajak Jayni dan Kenny untuk kabur. Mereka kabur ke London dengan membawa uang sepuluhribu poundsterling hadiah lotre yang dimenangkan Mum.

Agar tidak ditemukan Dad, mereka bertiga mengubah namanya. Mum menjadi Victoria Luck, Kenny menjadi Kendall, dan Jayni menjadi Lola Rose. Jayni cukup menyukai namanya yang baru. Itu membuatnya seperti sosok yang lebih kuat.

Kelakuan Mum yang kekanak-kanakan kadang membuat Lola Rose lah yang berperan menjadi ibu. Terlebih saat Mum berada dirumah sakit. Lola Rose harus mengurus Kendall  dan dirinya sendiri. Untunglah ada Bibi Barbara yang mau membantu mereka. Sayangnya, kemudian Dad datang dan menemukan tempat persembunyian mereka.

Dari dulu aku suka karyanya Jacqueline Wilson. Tapi Lola Rose sepertinya 'barat' banget. Mungkin disana ini termasuk kategori novel anak-anak, tapi jelas bukan contoh yang baik buat anak-anak di Indonesia. Soalnya banyak kata-kata kasar dan umpatan yang diucapkan Mum kepada anak-anaknya maupun sebaliknya. Begitupun kehidupan Mum dengan pacar barunya.

3 komentar:

  1. Belum pernah baca karyanya Jacqueline Wilson nih...iya, kadang buku anak terbitan luar "level" nya terlalu dewasa untuk ukuran kita ya...buku YA juga begitu =)

    BalasHapus
  2. iya, kalo di Indonesia, kayaknya kurang ajar banget kalo ada anak umur 12 tahun yang ngomong kasar sama orangtuanya :o nggak cocok lah buat bacaan anak2 yg masih menganut budaya timur :))

    BalasHapus
  3. wah jadi penasaran!

    anyway, i have an opi giveaway on my blog, would you like to join it? ^^
    http://www.stellalee.net/2011/09/01/opi-giveaway-sponsored-by-duniakutek/#
    thanks!

    BalasHapus