Kamis, 20 Desember 2012

99 Cahaya di Langit Eropa


Judul : 99 Cahaya di Langit Eropa
Penulis : Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra
Penerbit : Gramedia
Tahun : 2011
Halaman : 424



Buku ini merupakan rekam jejak perjalanan Islam yang pernah membawa Eropa dari masa kegelapan menuju kemajuan dibawah kepemimpinan Islam hingga Islam diusir dari Eropa. Sebuah sejarah yang mustahil kita pungkiri bahwa Islam memang pernah bersinar terang di Eropa. Situs-situs peninggalan Islam inilah yang dinapak tilasi oleh Hanum Rais bersama suaminya Rangga ketika mereka harus bekerja di Austria.

Perkenalan Hanum dengan seorang muslimah asal Turki bernama Fatma Pasha disebuah kursus bahasa Jerman menjadikan Hanum lebih mencintai Islam. ‘Menjadi agen muslim yang baik’ merupakan slogan yang terus didengungkan Fatma agar Islam tidak dicap salah oleh orang-orang Eropa yang mayoritas non-muslim. Sebagai contoh, ketika Turki dan Islam dicemooh oleh seorang non-muslim yang sedang makan croissant, bukannya memarahi mereka Fatma malah mentraktir mereka makan.

Banyak sekali kenyataan sejarah yang baru saya ketahui dari buku ini. Seperti asal bunga tulip yang ternyata bukan dari Belanda, sampai hiasan kerudung Bunda Maria yang bersulamkan kalimat tauhid.

Selain mengajak kita untuk membuka mata terhadap pengaruh Islam pada segala aspek kemajuan di Eropa, buku ini juga bisa dijadikan buku panduan travelling. Karena banyak sekali tempat-tempat bersejarah yang dikunjungi Hanum. Tidak hanya Austria, Hanum juga mengunjungi istana dan masjid-masjid di Perancis, Spanyol, dan Turki.

Rasanya tidak berlebihan jika saya memberi rating 5 untuk buku ini. Soalnya saya suka dengan gaya penceritaan Hanum. Apalagi novel ini dikemas dalam bentuk novel sehingga tidak ada kesan menggurui atau melebih-lebihkan.

Berikut merupakan foto tempat-tempat yang dikunjungi Hanum dibuku ini (sumber : Google)

Gereja Notredame

museum Louvre

Hagia Sophia

Mezquita

6 komentar:

  1. masuk list buku yg mesti dbc neh keknya... thanks reviewnya. slm kenal ya,masuk list buku yg mesti dbc neh keknya... thanks reviewnya. slm kenal ya,

    BalasHapus
  2. Ini ceritanya fiksi berlatar belakang sejarah atau memang kisah nyata?

    BalasHapus
  3. @zasachi : salam kenal juga :)

    @monic : ini nonfiksi yang dikemas dalam bentuk novel. Jadi semua yang ada disini merupakan kisah nyata yang dialami langsung oleh penulisnya.

    BalasHapus
  4. lompat dari blog lemari bukunya ferina, mampir ke mari, salam kenal, saya baru selesai baca buku ini, very inspiring, nice review:)

    BalasHapus
  5. saya lom dapet nih buku...kemaren dah nyari tapi kelihatannya di kotaku lelet.....

    BalasHapus
  6. buku yang masuk dalam referensi list perburuan :) …selama ini sedikit informasi mengenai peradaban islam di eropa semoga buku ini bisa menjawabnya..

    Belajar Photoshop

    BalasHapus