Jumat, 01 Juli 2011

To Kill A Mockingbird

Judul : To Kill A Mockingbird
Penulis : Harper Lee
Tahun : 2010
Halaman : 533
Penerbit : Qanita


"Mockingbird menyanyikan musik untuk kita nikmati, hanya itulah yang mereka lakukan. Mereka tidak memakan tanaman di kebun orang, tidak bersarang di gudang jagung, mereka tidak melakukan apa pun, kecuali menyanyi dengan tulus untuk kita. Karena itulah, membunuh mockingbird itu dosa."

Kehidupan Scout dan Jem Finch berubah total saat ayah mereka menjadi pembela seorang kulit hitam. Ketika Atticus membela seorang yang dianggap sampah masyarakat, kecaman pun datang dari seluruh penjuru kota. Ditengah terpaan masalah yang menimpa keluarganya, si kecil Scout belajar bahwa kehidupan tidak melulu hitam dan putih.
Buku ini lumayan tebal, yaitu 533 halaman. Tetapi cerita yang disajikan begitu mengalir sehingga tidak membosankan. Yang dititikberatkan disini adalah masalah cara pandang orang kulit putih terhadap orang kulit hitam pada tahun 1930-an. Dimana masalah warna kulit menjadi sesuatu yang sangat penting. Karena buku ini  menarik dan menonjolkan nilai-nilai kemanusiaan, maka aku ngasih bintang 4 :) (nggak bintang 5 karena nggak ada yang sempurna, hehe)

Oh iya, ini adalah buku pertama dan terakhir yang ditulis oleh Harper Lee, padahal berkat buku yang ia tulis ini memenangi penghargaan di USA dan dinobatkan menjadi novel terbaik abad ke-20 oleh para pustakawan di seluruh Amerika.

"Kau tidak akan pernah bisa memahami seseorag hingga kau melihat segala sesuatu dari sudut pandangnya... hingga kau menyusup kebalik kulitnya dan menjalani hidup dengan caranya."

2 komentar: