Minggu, 10 Juli 2011

Pangeran Pencuri

Judul : Herr Der Diebe - Pangeran Pencuri
Penulis : Cornelia Funke
Tahun : 2011
Penerbit : Gramedia
Halaman : 420


Venezia merupakan tempat yang dipilih oleh Prosper dan Bo untuk melarikan diri dari paman dan bibinya. Kota itu memang sering diceritakan oleh mendiang ibunya sebagai kota yang penuh dengan keajaiban. Venezia memang kota yang sangat indah, dengan gondola dan kanal-kanalnya serta singa bersayap. Bo paling suka dengan singa bersayap. Ia selalu membayangkan singa itu hidup dan melindungi siapapun yang berada di Venezia. Prosper dan Bo bahagia berada di Venezia. Mereka bertemu dengan seorang perempuan bernama Tawon yang mengajak mereka tinggal di Istana Bintang.

Istana Bintang merupakan bekas bioskop STELLA yang telah lama ditutup. Tirai di bioskop itu bersulamkan bintang-bintang, sehingga disebut Istana Bintang. Tidak hanya Tawon, Prosper dan Bo, di Istana Bintang juga tinggal Riccio si rambut landak, dan Mosca. Untuk hidup sehari-hari anak-anak itu menjual barang curian yang diberikan oleh Scipio yang menjuluki dirinya pangeran pencuri.

Dilain pihak, paman dan bibi Prop dan Bo mencari kedua anak itu. Paman dan bibi mereka ingin merawat Bo dan memasukkan Prosper ke sekolah asrama. Mereka pergi ke Venezia dan menyewa seorang detektif penyayang kura-kura bernama Victor. Victor yang ditugaskan mencari Bo, tetapi ia malah ditawan oleh anak-anak tersebut.

Pangeran pencuri ditantang oleh Sang Conte (bangsawan) untuk mencuri sebuah sayap yang terbuyat dari kayu dirumah Ida Spavento. Mampukah Scipio menjawab tantangan itu? Untuk apa sebenarnya sayap itu? Dan siapakah Scipio sebenarnya?

Membaca novel ini benar-benar membuat kita berada di Venezia. Kita diajak untuk bertualang ke gang-gang yang asing, ke Isola Segreta yang dikenal sebagai pulau yang angker, dan merasakan petualangan anak-anak tersebut. Tempat-tempat yang disebutkan dinovel ini memang tempat yang benar-benar ada. Misalnya Singa bersayap, dan patung cagalibri si gila buku. 



Over all, 4 bintang deh buat buku ini :)

2 komentar:

  1. saya baru review buku ini tapi masih terjadwal postingannya. hehee

    BalasHapus