Sabtu, 02 Juli 2011

Anak Kos Dodol Tamat

Judul : Anak Kos Dodol Tamat
Penulis : Dewi ‘dedew’ Rieka
Tahun : 2011
Halaman : 302
Harga : 55.500



Salah satu buku ‘dodol’ yang menarik perhatian dari remaja sampai orang kantoran adalah Anak Kos Dodol (AKD). Ditengah maraknya buku bergenre serupa, AKD tetap mempunyai tempat tersendiri dihati pembacanya. Buktinya sekarang AKD sudah memasuki seri terakhir. Beberapa tahun lalu ada AKD, AKD lagi, AKD kumat lagi, dan AKD bareng konco. Disamping itu AKD juga dibuat komik, yaitu ‘AKD dikomikkin 1 dan 2’.

Sama seperti AKD-AKD sebelumnya, mbak Dedew masih menggunakan gaya penceritaan yang khas. Tidak baku, tetapi santai khas anak muda. Ia menuturkan kisah yang dialaminya sewaktu masih kuliah di Yogya. Di Yogya, ia ngekos bareng anak-anak dodol lainnya macam Sofia, Ine, Tere, Sarah, Julia, dan lain-lain di Puri Cantika 2. Di Puri Cantika 2 inilah Mbak Dedew menemukan ‘jati dirinya’ yang awalnya kurang pede menjadi narsis.

Berbeda dari seri sebelumnya, di seri terakhir ini ada bonus ’53 trik irit binti pelit anak kos’ , ‘tip pulang malam anak kos’, ‘suka duka ngekos’, ’41 kegiatan seru bareng anak kos’, ‘tip cantik sehat ala anak kos’, dan ‘trik sukses belajar pas ujia di kosan’. Pas baca trik dan tips di buku ini saya jadi ingat novel Lupus. Soalnya di Lupus juga suka ada tips dan trik dodol macam itu. J

Kalau kita perhatikan benar-benar, setiap cerita yang ditulis Mbak Dedew di buku ini mengandung pesan-pesan moral. Tapi disampaikan dengan gaya yang konyol sehingga orang tidak merasa digurui. Nasehatnya juga ‘ngena’ banget. Misalnya jangan suka ngegosipin orang, harus rajin belajar, makai pakaian yang sopan, dll. Ceritanya sederhana, tapi ada pesan yang bisa kita tangkap. Maka buku ini cocok untuk dibaca saat santai dan liburan seperti sekarang. Recommended deh pokoknya!

1 komentar:

  1. huwah.. udah ada lagi ya.. wak aku belum sempet baca yang ini.. aku juga ngikutin novel ama komiknya lho.. seru abis.. haha

    BalasHapus