Senin, 23 Mei 2011

The Street Lawyer

Judul : The Street Lawyer - Pengacara Jalanan
Penulis : John Grisham
Halaman : 477
Tahun : 2010
Penerbit : Gramedia


Perjalanan karier Michael lancar. Kedudukannya terus meningkat di Drake & Sweeney, biro hukum raksasa di Washington, D.C, yang mempunyai delapan ratus pengacara. Gajinya tinggi dan semakin bagus; tiga tahun lagi ia akan menjadi partner. Ia bintang yang sedang menanjak, tak pernah menyia-nyiakan waktu, tak pernah beramal pada pengemis. Tak ada waktu untuk hati nurani. Namun, seorang gelandangan tiba-tiba menyerangnya, mengejutkannya. Michael selamat; si penyerang tewas. Siapakah orang itu?
Michael menyelidiki, ternyata gelandangan itu veteran yang sakit jiwa dan bertahun-tahun keluar-masuk penjara. Michael menyelidiki lebih jauh, dan menemukan rahasia kotor yang melibatkan biro itu. Kariernya melenceng, ia terampas dari kedudukannya. Michael mengundurkan diri dari biro itu dengan berkas yang amat sangat rahasia di tangannya. Ia turun ke jalanan, dan menjadi pengacara para gelandangan, pengacara jalanan. Dan pencuri. 
Dinovel ini, John Grisham mengajak para pembacanya untuk lebih peka terhadap kehidupan yang dialami oleh  para tunawisma. Michael Brock menyadari hal ini ketika ia dan beberapa associate disandera oleh seorang gelandangan yang disebut Mister. Mister menginterogasi para pengacara tersebut sehingga Michael sadar berapa uang yang sudah ia habiskan dan betapa sedikitnya ia membantu para tunawisma.

Dalam penyanderaan tersebut, Mister tewas. Namun Michael menemukan kenyataan dari tewasnya Mister. Drake&Sweeney ternyata terlibat dalam penggusuran secara tidak sah kepada para tunawisma. Michael mencuri berkas yang berhubungan dengan kasus itu. Ia mengundurkan diri dari Drake&Sweeney, merelakan uang ratusan ribu dolar, dan menghancurkan kariernya. Istrinya menuntut cerai, dan ia kini tinggal di apartemen bobrok sebagai pengacara jalanan.

Michael terus membiasakan dirinya dengan uang yang sedikit. Sambil mengumpulkan bukti dan saksi tentang keterlibatan Drake&Sweeney, ia memperjuangkan hak-hak kaum tunawisma. Ia menuntut sepuluh juta dolar. Disisi lain, karirnya terancam karena tuduhan pencurian berkas.

4 komentar:

  1. loh..knp kok pake test2....test...gtu non???hihihihi
    lam kenal.... ^_~

    BalasHapus
  2. salam kenal balik :)
    lagi gangguan kemaren.. jadi di test dulu. hoho

    BalasHapus
  3. Must be an enjoyable read The Street Lawyer by John Grisham. loved the way you wrote it. I find your review very genuine and orignal, this book is going in by "to read" list.

    BalasHapus