Senin, 09 Mei 2011

Sherlock Holmes

Judul : Sherlock Holmes- Si Penyewa Kamar Misterius
Penulis : Sir Artur Conan Doyle
Halaman : 112
Penerbit : Narasi
Tahun : 2010



Seorang perempuan pemilik sebuah kamar penyewaan bernama Nyonya Merrilow mendatangi Sherlock Holmes untuk membantunya mencari tahu siapa sebenarnya perempuan misterius yang menyewa kamarnya selama tujuh tahun ini. Nyonya Merrilow hanya pernah bertemu satu kali dengan Nyonya Ronders, si penyewa kamar. Wajah Nyonya Ronders yang mengerikan membuat Nyonya Merrilow takut. Maka Holmes berusaha untuk mecari tahu siapa sebenarnya Nyonya Ronders dan ia menemukan suatu kenyataan yang mengejutkan.

Novel mini ini terdiri atas 3 kasus yaitu Si Penyewa Kamar Misterius, Vampire dari Sussex, dan Misteri Patung Napoleon. Kasus-kasus tersebut merupakan kasus singkat. Satu kasus hanya berkisar antara 30-50 halaman saja. Diceritakan dari sudut pandang dr. Watson, kawan akrab Sherlock Holmes. dr. Watson seringkali diajak Holmes untuk menemaninya memecahkan suatu misteri.

FYI, ini pertama kalinya saya membaca Sherlock Holmes karena Conan Doyle merupakan penulis favorit Shinichi Kudo (-_-), Shinichi seringkali mendapatkan petunjuk kasusnya berdasarkan kasus yang dipecahkan oleh Holmes. Tetapi, cara Holmes memecahkan kasusnya terntu saja berbeda dengan Shinichi Kudo.

Sangat disayangkan, penerbit Narasi tidak memerhatikan halaman-halaman yang belum terpotong secara sempurna, sehingga saya harus berulang kali menggunting halaman yang berdempetan. Hal ini tentunya sangat mengganggu ketika membaca dan membuat buku tersebut menjadi rusak.

2 komentar:

  1. wihh baru baca sherlock holmes ya!! welcome! :)
    aku salah satu big fans nya dia, dan kasus yang paling aku inget adalah kasus rambut merah dan boneka menari. coba deh baca buku2 S.H yang lain. btw, kesimpulannya, suka ngga nih sama sherlock dan metode investigasinya?

    BalasHapus
  2. sukaaa... hehehe, harus berterimakasih sama Conan nih, hohoho
    tapi sayang, penerbitnya kurang ngasih perhatiannya sama halaman yang belum kepotong :(

    BalasHapus