Rabu, 11 Mei 2011

Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken

Judul : Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken
Penulis : Jostein Gaarder & Klaus Hagerup
Halaman : 282
Penerbit : Mizan
Tahun : 2011


Pembaca yang baik,
Buku di tangan Anda ini benar-benar unik. Susah menggambarkan isinya. Tapi, kira-kira seperti ini :
Dua saudara sepupu, Berit dan Nils, tinggal di kota yang berbeda. Untuk berhubungan, kedua remaja ini membuat sebuah buku-surat yang mereka tulisi dan saling kirimkan di antara mereka. Anehnya, ada seorang wanita misterius, Bibbi Bokken, yang mengincar buku-surat itu. Bersama komplotanya, tampaknya Bibbi menjalankan sebuah rencana rahasia atas diri Berit dan Nils. Rencana itu berhubungan dengan sebuah perpustakaan ajaib dan konspirasi dalam dunia perbukuan. Berit dan Nils tidak gentar, bahkan bertekad mengungkap misteri ini dan menemukan Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken.
Tetapi, buku ini tidak sesederhana itu, buku ini juga berisi cerita detektif, cerita misteri, perburuan harta karun, petualangan ala Lima Sekawan, Astrrid Lindgren, Ibsen, Klasifikasi Desimal Dewey, Winnie The Pooh, Anne Frank, kisah cinta, korespondensi, teori sastra, teori fiksi, teori menulis, puisi, sejarah buku, drama, film perpustakaan, penerbitan humor, konspirasi ...

Begitulah kira-kira resensi yang tertulis dibelakang cover novel ini. Berbeda dari novel lain, ini adalah buku mengenai buku. Didalamnya kita disuguhkan dengan buku-surat yang ditulis oleh Berit dan Nils. Ide untuk menulis buku-surat disampaikan oleh Nils. Dibuku-surat tersebut mereka membicarakan tentang pertemuan mereka dengan wanita misterius bernama Bibbi Bokken.

Siapakah Bibbi Bokken sebenarnya? Dan siapakah Smiley yang selalu ada dimanapun Nils berada? Apakah ada konspirasi untuk mempermainkan Berit dan Nils?

Jostein Gaarder lagi-lagi berhasil menuliskan novel yang alur ceritanya sama sekali tidak bisa ditebak. Ketika membaca novel ini, saya menyangka akhirnya akan seperti Dunia Sophie. Tetapi tidak, diakhir cerita kita akan dikejutkan oleh kenyataan tentang siapakah itu Bibbi Bokken dan apakah perpustakaan ajaib benar-benar ada (?)

Perpustakaan Bibbi Bokken termasuk salah satu buku favorit saya karena kita akan lebih tahu lagi tentang buku, karena Jostein Gaarder menjelaskannya dengan mengasyikkan sama seperti ketika ia mengajarkan filsafat di Dunia Sophie. Ia menggabungkan pengetahuan dengan imajinasi dan dongeng yang membuat novel ini sangat menarik untuk dibaca. Dijamin tidak membosankan!

3 komentar:

  1. baca jostein gaerder lagi ya? hehehe si gaerder emang pinter bercerita, meski kontennya berat. Saya baru cuman baca dua bukunya si, yang dunia Sophie, sama Maya:ilusi Dunia.

    yups, buku yang penulisnya si Jostein gaarder emang patut dilirik.

    BalasHapus
  2. btw, saya baru perhatikan; blog ini ganti nama ya? hehehe..

    templatenya juga tambah keren!

    BalasHapus
  3. iya, jostein gaarder ide cerita untuk novelnya nggak biasa :D selalu bikin penasaran.

    thx yaa :D

    BalasHapus