Senin, 30 Mei 2011

Lima Sekawan-ke Bukit Billycock

Judul : Lima Sekawan Ke Bukit Billycock
Penulis : Enid Blyton
Tahun : 2000
Halaman : 185
Penerbit : GPU


Ketika liburan musim panas, lima sekawan yang terdiri dari Julian, Dick, Anne, George dan anjingnya, Timmy ingin berlibur di bukit Billycock. Bukit Billycock dekat dengan rumah Toby, teman mereka. Sehingga mereka bisa meminjam peralatan kemah dan membeli makanan dari sana.

Di dekat rumah pertanian Billycock terdapat peternakan kupu-kupu milik Pak Gringles. Ia adalah seorang ahli kupu-kupu yang tinggal bersama temannya, Pak Brent, beserta pembantunya yang sudah tua yaitu Bu Janes. Pak Gringles adalah laki-laki yang pemarah. Sedangkan Bu Janes terlihat seperti seorang penyihir dan kelihatan kurang waras. Ia terus menerus berkata bahwa anaknya suka memukulinya. Padahal Toby mengatakan Bahwa Will Janes adalah laki-laki yang baik.


Adik Toby yaitu Benny suka mengikuti kakaknya kemana saja. Anne sangat suka dengan Benny. Benny mempunyai binatang peliharaan berupa babi kecil yang dinamainya keriting. Toby terkadang jengkel dengan adiknya karena suka mengikutiya kemana-mana dengan alasan anak babinya minggat.

Tak jauh dari kemah, lima sekawan menemukan lapangan terbang. Disitu, ada sepupu Toby yang bernama Jeff bekerja sebagai pilot. Namun, Jeff kemudian hilang bersama partnernya. Ia dituduh sebagai pengkhianat bangsa karena menyerahkan pesawat kepada negara lawan. Dari radio, kemudian diketahui bahwa pesawat itu jatuh. Pilotnya dinyatakan tewas.

Hilangnya Jeff membuat Toby sedih. Jeff adalah sepupu kebanggaannya. Ia tak percaya Jeff melakukan hal itu. Begitu pula lima sekawan. Akhirnya mereka menyelidiki kasus ini dan menemukan kenyataan yang sebenarnya.

***
Sebagai seorang yang besar ditahun 2000an, saya tidak begitu familiar dengan novel lima sekawan. Maka ini pertama kalinya saya membaca novel ini. Saya meminjamnya di Perpustakaan kota Banjarbaru. Karena di toko buku saya lihat sudah tidak dijual.

Entah kenapa, melihat tokoh lima sekawan, saya jadi ingat dengan tokoh di film Scooby doo. Apalagi Timmy si anjing, saya benar-benar membayangkan ia adalah anjing Scooby doo. Dan lagi, ceritanya kurang seru. Endingnya gampang ditebak. Apakah karena ini adalah novel untuk anak-anak?

Waktu SMP, saya pernah membaca novel detektif ber-seri seperti ini di Perpustakaan sekolah. Tapi saya lupa judulnya. Seruuu banget. Ada anjingnya juga, kalau nggak salah, salah satu tokohnya itu gendut dan sangat suka makan coklat. Semua sampul novelnya berwarna biru. Ada yang tahu nggak, judul novelnya apa?

4 komentar:

  1. aku tahu may, judulnya : KASUS untuk STOP. hihih.. kalau untuk anak2 jaman 80-90an, novelnya enid blyton yang lima sekawan ini bener2 kenangan banget lho.. karena mungkin pada saat itu, novel2 lima sekawan cuma satu2nya novel petualangan.. hihihihi.. kalau sekarang udh banyak.

    BalasHapus
  2. oh iya... STOP.. kalo gak salah P nya itu Petra :) cewek cantik dikelompok itu... sayangnya sekarang ditoko buku gak ada lagi :(

    BalasHapus
  3. waaah.. ketemu satu lagi penyuka lima sekawan.. :) jaman sekolah dulu, aku juga suka novel2nya Enid Blyton.. yg tokohnya gendut itu yg namanya Fatty bukan, trus ada pak polisi Mr. Goon??

    BalasHapus
  4. OOo kalau gak salah, yang ada Mr. Goon itu serial "Pasukan Mau Tahu" ya?

    BalasHapus