Selasa, 12 April 2011

Water For Elephants

Judul : Water for Elephants
Penulis : Sara Gruen
Penerbit : Gramedia
Halaman : 512
Tahun : September 2010
Harga : Rp. 76.000,00




Kematian kedua orangtuanya membuat Jacob Jankowski harus keluar dari sekolah kedokteran hewan. Ayahnya tidak meninggalkan warisan yang cukup untuknya sehingga dia melarikan diri dan masuk kedalam sebuah kereta api. Rupanya kereta api tersebut membawa rombongan sirkus Benzini bersaudara. Jacob yang awalnya akan dibuang karena dianggap penyusup diterima dengan hangat ketika diketahui bahwa ia merupakan seorang dokter hewan.

Sosok Marlena yang anggun dan cantik membuat Jacob jatuh cinta. Diam-diam Marlena juga mencintai Jacob. Padahal Marlena sudah mempunyai suami. Cinta terlarang ini terus berlanjut walaupun mereka berusaha menyembunyikannya dari August. August yang mengidap paranoid shcizoprenic membuat Marlena ketakutan. Suaminya tersebut seperti mengidap kepribadian ganda. Terkadang sangat lembut, namun tak jarang menjadi pemarah dan bisa membunuh orang.

Kehadiran Rosie, si gajah kedalam Benzini bersaudara dianggap sebagai kesalahan fatal. Rosie merupakan gajah bodoh yang bisanya hanya makan dan mencuri limun. Tetapi, sebenarnya Rosie adalah gajah yang sangat cerdas dan menggemaskan.

Alur yang digunakan dalam novel ini maju-mundur. Kisah sirkus Benzini bersaudara digambarkan sebagai ingatan dari Jacob yang sudah berusia sembilan puluh tahunan. Ia dirawat di panti jompo. Dan menghabiskan masa tuanya dengan bersungut-sungut, sampai ia diberitahu bahwa akan ada rombongan sirkus yang akan datang. Ia kembali mempunyai semangat hidup karena ingin menonton pertunjukkan itu.

Water for elephants sudah difilmkan. Robert Pattinson akan memerankan sebagai Jacob Jankowski. Semoga film ini akan ditayangkan di Indonesia, mengingat film dari Hollywood dilarang masuk kenegara kita :'(

PS : Novel ini menarik namun terkesan agak vulgar. Mungkin hanya cocok dibaca oleh 17 tahun keatas.

2 komentar:

  1. beuh, pasti keren! apalagi mengambil kehidupan orang2 sirkus...

    kalau soal film, saya ga terlalu kuatir. hehehe, bisanya ntar ada hasil downlodan... hampir bisa dipastikan, hehehe

    BalasHapus
  2. Sbnrnya udah lama pengen baca WFE karena temanya yg menarik. Mudah2an bisa baca dlm wktu dekat.

    BalasHapus