Sabtu, 09 April 2011

Kitchen

Judul Asli : Kitchin
Penulis : Banana Yoshimoto
Cetakan : Pertama, April 2009
Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia (KPG)
Halaman : vi + 204 hal
Harga : Rp. 15.000,00

Kitchen merupakan karya debut dari Banana Yoshimoto yang langsung meraih penghargaan Sastra Izumi Kyoka 1988 di Jepang. Novel ini sangat sederhana menurut saya. Penulis menggunakan sudut pandang Aku. Dimana Aku disini adalah Mikage Sakurai yang merasa kesepian setelah ditinggalkan oleh ayah, ibu, dan neneknya. Ia menjadi sebatang kara dan uang peninggalan neneknya pun tidak banyak. Hanya dapur yang bisa memberikan Mikage kehangatan. Ia sangat suka tidur di dapur. Baginya, dapur adalah tempat terbaik di dunia.

Tidak berapa lama setelah neneknya meninggal, ada seorang pemuda bernama Yuichi Tanabe yang mengajaknya tinggal di apartemennya. Yuichi merupakan pemuda yang disayangi oleh neneknya Mikage. Ia berpesan kepada Yuichi untuk menjaga Mikage. Mikage pun tinggal di apartemen Yuichi bersama ibu Yuichi, Eriko.

Eriko sebenarnya adalah ayah kandung Yuichi. Tetapi, setelah istrinya meninggal, ia memutuskan untuk berubah menjadi perempuan dengan cara mengoperasi seluruh bagian tubuhnya. Kemudian ia menjelma menjadi seorang perempuan cantik yang bekerja di klab malam miliknya.

Mikage, Yuichi, dan Eriko menjadi sangat akrab. Tetapi, suatu malam Eriko dibunuh oleh seorang penguntit. Yuichi dan Mikage merasakan kehilangan yang sangat dalam. Satu lagi orang yang dicintai Mikage berpulang. Ia merasa hidupnya terus ditimpa kemalangan.

Dibagian kedua, terdapat novellet Moonlight Shadow. Menceritakan Satsuki yang mengalami kesedihan akibat pacarnya, Hitoshi meninggal karena kecelakaan. Ia bernasib sama dengan adik Hitoshi yaitu Shu yang pacarnya juga meninggal. Mereka berdua saling berbagi perasaan duka. Dan berusaha tabah ditinggalkan orang yang mereka cintai.

Kedua bagian dari novel ini tampaknya menceritakan kematian. Kita dibuat terhanyut oleh perasaan si tokoh dalam novel ini dan turut merasakan bagaimana rasanya berjuang mengatasi perasaan duka yang mendalam.

3 komentar:

  1. humm.. jadi penasaran..

    harganya cuma 15.000?
    beliiiiii....

    BalasHapus
  2. iyyaaa.. itu pas diskon di gramedia.. ehehehe

    BalasHapus
  3. wah...kayaknya bukunya menarik juga nih...meski suram-suram gitu latarnya...

    BalasHapus