Sabtu, 30 April 2011

The Adventures of Huckleberry Finn

Judul : The Adventures of Huckleberry Finn
Penulis : Mark Twain
Halaman : 391
Tahun : 2011
Penerbit : Bentang
Harga : 47.000

Huck merupakan seorang anak laki-laki yang sangat menyukai petualangan. Bersama Tom Sawyer, mereka selalu membayangkan dirinya berada dalam suatu masalah yang sangat rumit. Mereka membuat perkumpulan untuk merampok dan membunuh orang-orang kaya. Tetapi tentu saja itu cuma khayalan Tom Sawyer. Kenyataannya tidak seorangpun yang pernah mereka rampok ataupun bunuh. Lama kelamaan perkumpulan itupun dibubarkan.

Selama ini Huck seringkali dipukuli oleh Pap. Pap sangat suka berjudi dan mabuk-mabukkan. Suatu hari Pap menghilang tetapi ketika mendengar berita bahwa Huck sudah menjadi orang kaya karena mendapatkan harta karun senilai enam ribu dolar, Pap kembali lagi. Huck mendapat firasat Pap akan kembali dan merebut hartanya, maka ia memberikan semua uangnya kepada Hakim Tatcher.

Huck tidak ingin hidupnya terkekang. Ia pun melarikan diri dan berpura-pura mati agar tidak seorangpun yang dapat menemukannya. Orang-orang terus berusaha menemukan mayatnya. Tetapi Huck berhasil meloloskan diri. Ia berpetualang menggunakan sampan yang ia temukan. Suatu hari ia bertemu dengan Jim, seorang budak milik nyonya Watson yang juga seperti dirinya. Huck melalukan petualangannya bersama Jim yang ingin mencari kebebasan dan bertemu anak serta istrinya.

The Adventures of Huckleberry Finn mengisahkan tentang perbudakan di Amerika Serikat. Pada waktu itu orang-orang kulit hitam dianggap mempunyai derajat yang lebih rendah dibanding orang kulit putih. Novel karya Mark Twain ini pernah menjadi novel kontroversial dan dilarang disekolah-sekolah karena dianggap rasis. Twain menggunakan kata 'negro' yang dianggap mempunyai konotasi negatif. 

Akhirnya selesai juga membaca novel ini. Pada awalnya novel ini terasa membosankan dan terlalu bertele-tele. Mata juga cukup lelah karena hurufnya kecil-kecil. Tetapi sekitar halaman 200an cerita dinovel ini semakin menarik untuk diikuti.

1 komentar: