Kamis, 17 Februari 2011

Book vs Ebook

Jika disuruh memilih antara membaca buku dari sebuah buku, atau dari laptop, komputer, ebook reader, kamu pilih mana? Kalau saya, pastinya akan lebih memilih membaca dari sebuah buku! Saya mempunyai beberapa alasan kenapa tidak terlalu menyukai membaca lewat ebook : (1) Karena saya biasanya membaca ebook lewat laptop, otomatis hal inimemerlukan energi listrik yang banyak, apalagi jika buku yang kita baca beratus-ratus halaman, (2) Mata cepat lelah. Saya cepat mengantuk jika membaca lewat laptop, (3) Sakit pinggang, karena kan membacanya harus duduk, kalau membaca buku bisa sambil leyeh-leyeh di ranjang, (4) Tidak leluasa. Saya mempunyai kebiasaan membaca sambil makan. Hal ini tentu saja menyulitkan jika saya membaca lewat laptop.

Tetapi membaca buku juga memiliki kekurangan. Yaitu biaya yang harus dikeluarkan. Harga buku sekarang mencapai harga gila-gilaan menurut saya. Sangat sulit memperoleh buku dengan harga dibawah lima puluh ribu. Alternatif untuk menghemat pengeluaran buku ini, ya paling saya pinjam punya teman. Soalnya saya males pinjam dirental buku. Hehe...

Pilihan orang memang berbeda-beda. Mereka yang lebih memilih membaca lewat ebook pastinya mempunyai alasan mereka tersendiri. Tinggal mana yang bikin kita nyaman aja saat melakukannya.Yang penting hobi membaca bisa tersalurkan :)

12 komentar:

  1. kalau disuruh milih, aku ya pilih bukunya langsung...baca ebook pasti banyak kelemahannya, jarak pandang mata kan juga mesti diperhatikan ketika kita membaca.


    tapi sejauh ini kok belom nyoba ya baca ebook, caranya gimana sih?! katro neh aku :D

    BalasHapus
  2. sebenernya sekarang daha da e book reader juga tow? tapi ga tahu harganya berapa. kayanya itu lebih hemat dan ramah lingkungan--tapi mungkin ga bersahabat ma kantong juga ding. hehehe..

    untuk saat ini aku memang masih milih baca buku. masih lebih enjoy. dan tentu saja,nebeng is the best, skalian silaturahmi. hehehe

    lagain kan ada perpus juga to May, bisa nebeng buku2 di perpus...

    BalasHapus
  3. kalo saya memilih tidak membaca kedua-duanya
    cz saya orang tipikal malas membaca :D

    BalasHapus
  4. buku is the best pastinya!
    bisa diajak free style, tahan banting, selain itu bau dan suara lembarannya itu lo ngangenin..hahaha :D

    buku emang mahal2 sekarang tapi yah ada niat ada jalan kan..?hoho

    BalasHapus
  5. wah opini yang mantabz untuk dibahas ,kalo saya lebi suka membaca lewat buku nya langsung, saya sepaham karena selain menghabiskan energi listrik dan juga cepat lelahnay mata.. versi digital juga kurang natural dan gak bisa dibaca sambil nungging nungging ...

    relatif juga ,tergantung isi ebooknya apa,kalo berisi lalu lintas data dari email ,mau gak mau harus kita baca via ebook tersebut ..

    nice post

    BalasHapus
  6. saya pernah donlod E-book Harry Potter .. tapi sayang dia berbahasa inggris dan saya harus membacanya ber minggu² demi menyelesaikan novel itu .. pilihan saya menabung buat beli novel incaran di Gramedia .

    Buku fisik emang lebih keren .. portable . bisa di buat apa aja .. nimpuk anjing juga bisa .. hehehe

    Mbak .. gak berniat beli E-Book Reader .. ?

    BalasHapus
  7. @ajenng: mmm... kalau mau donlot ebook bisa di pustaka78.com disana banyak ebook2 novel :)

    @huda : kalo ke perpus kota, jauhh.. lagian perpus kampus nggak nyediain novel ;(

    @John : :P

    @Yen : setuju sekali! ;D

    @brigadir : iya, thanks :))

    @Hoedz : nggak, buku lebih mantap. Lagian ebook reader mahall ;(

    BalasHapus
  8. klo saya sich lebih memilih bukunya langsung,soalnya saya kurang konsentrasi jika membaca novel di ebook....gangguanya banyak,,,,,!!

    salam kenal dari RIZAL (kunjungan perdana)

    http://mu-ri.blogspot.com/

    BalasHapus
  9. Kalo saya lebih suka e-book.. Soalnya gratis.
    Untungnya ada e-book reader sekarang jadi baca juga nyaman. Tulisan bisa di atur, kontras layar juga.. ^^
    Yang penting rajin baca mau e-book apa buku juga ya.. hehe. Biar banyak tau..

    BalasHapus
  10. wah kalo aku sih tergantung moodku
    kalo mau nyantai ya baca buku
    tapi kalo udah bener² penasaran ya ebook
    ah aku juga gak suka beli buku
    sukanya baca buku
    :D

    salam kenal
    aku link ya blognya
    :D

    BalasHapus
  11. milih bukunya langsung, lama-lama di depan kompi mataku cepet berair... :'(

    my first visiting here, salam kenal.. :)

    BalasHapus