Minggu, 23 Januari 2011

Dunia Sophie


Judul : Dunia Sophie
Penulis : Jostein Gaarder
Halaman : 785
Penerbit : Mizan
Tahun : 2010


Sophie Amundsend, 14 tahun menemukan sebuah surat di kotak surat miliknya. Surat itu ditujukan kepadanya. Pada amplop tertulis "Sophie Amundsend, 3 Clover Close." Di amplop itu tidak disebutkan siapa pengirimnya. Dan tanpa perangko.

Sophie membuka amplop itu dan didalamnya ada secarik kertas bertuliskan : Siapakah kamu?

Kemudian Sophie menemukan lagi sepucuk surat Darimanakah datangnya dunia?

Surat-surat misterius itu membuat Sophie pusing. Pertanyaan-pertanyaan itu sungguh menjengkelkannya! Untuk yang ketiga kalinya Sophie memeriksa kotak surat. Disitu ada kartu pos yang tertempel sebuah perangko Norwegia dan diberi cap pos "Batalion PBB".

Sophie merasakan detak jantungnya bertambah cepat ketika dia melihat kepada siapa kartu pos itu dialamatkan : "Hilde Moller Knag, d/a Sophie Amundsend, 3 Clover Close..." Kartu itu berbunyi :

Hilde sayang, selamat ulang tahun ke-15! Karena aku yakin kamu akan mengerti, aku ingin memberimu sebuah hadiah yang dapat membantumu berkembang. Maafkan aku telah mengirimkan kartu ini ke alamat Sophie. Itu adalah cara yang paling mudah. Salam sayang dari ayah.
Mengapa seorang ayah mengirimkan sebuah kartu ulang tahun ke alamat Sophie, sedangkan jelas sekali bahwa kartu tersebut ditujukan ke tempat lain? Ayah macam apa yang memperdaya putrinya sendiri lewat sebuah kartu ulang tahun yang sengaja dikirimkan ke sembarang alamat? Bagaimana mungkin itu merupakan jalan termudah? Dan selain itu, bagaimana dia dapat melacak si Hilde ini?


Sophie menyembunyikan surat-surat yang didapatnya pada sebuah kaleng biskuit. Ia diam-diam membaca surat-surat itu di sarang tempat persembunyiannya. Suatu hari ia bertemu dengan laki-laki pengirim surat itu yang juga kemudian menjadi guru filsafatnya yaitu Alberto Knox.

Siapakah sebenarnya Hilde? Mengapa ayahnya mengirimkan surat-surat kepada Sophie? Sungguh saya samasekali tidak menyangka akhir dari cerita ini. Semuanya diluar dari yang saya pikirkan.

Dunia Sophie merupakan sebuah novel filsafat yang dikemas dalam bentuk kisah detektif. Setiap bab selalu menyelipkan tentang sejarah filsafat beserta tokoh-tokohnya sejak zaman Yunani kuno hingga sekarang. Novel ini begitu pintarnya mampu menyajikan pelajaran filsafat yang dianggap sebagian orang membosankan menjadi sesuatu yang menarik dan membuat penasaran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar